Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Cara Menambang Bitcoin dengan Laptop Lengkap

Kian Populer, Ini Cara Menambang Bitcoin Dengan Laptop
Di era digital seperti sekarang ini, banyak orang mulai tertarik dengan bitcoin. Bahkan, saat ini bitcoin menjadi mata uang kripto yang paling populer. Harga bitcoin dengan sangat ini terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Terhitung pada hari Minggu (27/6/2021) harga BTC to USD sekitar 33.123 dollar AS atau sebesar Rp 478.819 juta. 

Investasi bitcoin juga cukup menggiurkan karena memberikan keuntungan bahkan sampai dengan ratusan kali lipat. Selain dengan cara berinvestasi, bitcoin juga bisa didapatkan dengan cara mining atau menambang. Menambang bitcoin memerlukan perangkat yang memadai, misalnya dengan laptop atau perangkat komputer berspesifikasi tinggi. 

Bagi Anda pemula yang tertarik dengan bitcoin, Anda perlu memahami terlebih dahulu pengertian mining bitcoin dan cara menambangnya. Maka dari itu, simak pembahasan mengenai cara menambang bitcoin dengan laptop atau perangkat komputer berikut ini. 

Apa Itu Menambang Bitcoin? 

Salah satu cara untuk mendapatkan bitcoin adalah dengan cara mining bitcoin atau menambang bitcoin. Sedangkan, untuk pihak yang melakukan aktivitas mining disebut miner alias penambang. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa menambang bitcoin adalah sebuah aktivitas di mana seorang penambang mencari dan mengumpulkan mata uang kripto. 

Dalam aktivitasnya, penambang menggunakan seperangkat komputer untuk memecahkan masalah matematika kompleks. Hal ini serentak dilakukan di dunia, sehingga seolah-seolah semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkan bitcoin. 

Cara Menambang Bitcoin dengan Laptop 

Untuk menambang bitcoin dengan laptop, Anda memerlukan laptop atau perangkat komputer dengan spesifikasi yang canggih karena prosesnya yang rumit dan membutuhkan kecepatan komputer tingkat tinggi. Idealnya perangkat yang digunakan adalah sebagai berikut: 

  • Komputer dengan daya dan spesifikasi tinggi 
  • Koneksi internet stabil dan cepat 
  • Daya listrik yang besar 

Sebenarnya, Anda juga bisa menggunakan komputer rumahan atau laptop biasa, namun peluang keuntungannya menjadi semakin kecil. Hal ini karena proses menambang bitcoin dilakukan serentak di seluruh dunia sepanjang waktu dan saling adu cepat dan adu canggih. 

Saat ini banyak penambang bitcoin yang memakai hardware ASIC yaitu Application Specific Integrated Circuit. Hardware ini diyakini cukup canggih untuk membantu seorang miner menyelesaikan perhitungan matematika kompleks dalam verifikasi transaksi bitcoin. 

Untuk menyelesaikan proses yang rumit ini diperlukan software yang menghubungkan miner dengan blockchain bitcoin. Bagi Anda pemula yang tertarik untuk menambang bitcoin, berikut ini 4 cara menambang bitcoin: 

1. Pool Mining 

Menambang di pool mining dilakukan dengan cara bergabung dengan miners lain dalam satu kolam (pool). Selanjutnya, setiap miner akan mendapatkan imbalan atau keuntungan yang diperoleh dari mining bitcoin yang dibagi rata sesuai dengan jumlah miner dalam kolam. 

2. Cloud Mining 

Cara ini dilakukan dengan cara membeli CPU power yang berasal dari data center. Dengan kata lain, Anda bisa menyerahkan semua proses penambangan kepada provider cloud mining. Namun, karena Anda menggunakan pihak ketiga maka keuntungan yang didapatkan akan dikurangi. Ada banyak layanan penyedia cloud mining, misalnya genesis mining, hashflare, hashing24, dan masih banyak lagi. 

3. Solo Mining 

Bagi Anda yang tidak ingin berbagi imbalan atau keuntungan, maka solo mining adalah cara menimbang yang cocok untuk Anda. Namun sebagai gantinya, Anda memerlukan peralatan yang canggih seperti perangkat komputer, motherboard, kartu grafis, hard drive, RAM, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga harus menyediakan daya listrik yang besar untuk menyelesaikan algoritma matematika yang rumit. 

4. Platform Mining 

Cara ini dilakukan melalui aplikasi di smartphone. Beberapa aplikasi bisa yang digunakan seperti MinerGate, Eobot, Crypto Miner, Crypttab, Bitzfree, AA Miner, Neon Neon Miner, Droid Miner, dan lain sebagainya. 

Demikianlah pembahasan mengenai cara menambang bitcoin dengan laptop atau perangkat komputer. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan transaksi dengan mata uang digital, Anda bisa melakukannya di Tokocrypto. Tokocrypto adalah platform exchange dan tempat trading, jual beli mata uang digital yang sudah berdiri sejak tahun 2017. Di Tokocrypto, Anda bisa melakukan transaksi dengan mudah, simpel, instan, dan aman!

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

Posting Komentar untuk "Panduan Cara Menambang Bitcoin dengan Laptop Lengkap"