Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Personal 1 Business Process Fundamental

Jawaban Tugas Personal 1 Business Process Fundamental
Lakukan pencarian di google scholar terkait 10 (sepuluh) paper yang memiliki topik tentang penerapan ERP di perusahaan dalam rentang waktu 5 tahun terakhir
No Judul Paper Sumber Paper Metode yang digunakan Pembahasan Hasil
1 Enterprise Resource Planning (ERP) and Implementation Suggestion to the Defense Industry: A Literature Review https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/278 Literature review Tujuan artikel ini adalah mengeksplorasi manfaat penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) pada berbagai industri dan memberikan usulan untuk diterapkan pada industri pertahanan. Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) dapat memiliki manfaat bagi perusahaan yaitu untuk mengintegrasikan informasi keuangan, mengelola pesanan dan persediaan, mengelola dan menganalisis pelanggan, menstandardisasi dan mempercepat produksi, mengelola HR, menangani pengadaan, membuat berbagai laporan keuangan, pajak, penjualan, dan lain-lain, menghasilkan laporan lengkap yang akurat yang dapat membantu pemangku kepentingan membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Berdasarkan hasil literature review maka Enterprise Resource Planning (ERP) direkomendasikan untuk diterapkan di industri pertahanan
2 Analisis Faktor-Faktor Kesuksesan Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) Pada Perusahaan Pengguna Erp Wilayah Bali http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/645 Penelitian populasi atau sensus, menggunakan kuesioner dengan pernyataan tertutup dan jawaban dengan pilihan modifikasi skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda yang dioperasikan melalui program SPSS versi 20.0. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kesuksesan penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) dengan menggunakan variabel dependen yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kepuasan pengguna dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) terhadap variabel independen yaitu penggunaan sistem ERP 1. Kualitas informasi tidak berpengaruh terhadap kesuksesan penggunaan sistem ERP. 2. Kualitas sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesuksesan penggunaan sistem ERP. 3. Kepuasan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesuksesan penggunaan sistem ERP. 4. Kompetensi SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesuksesan penggunaan sistem ERP.
3 Literatur Review: Critical Success Factor Penerapan Sistem ERP pada Perusahaan Manufaktur di Negara Berkembang dan Maju https://teknosi.fti.unand.ac.id/index.php/teknosi/article/view/681 literatur review dengan menggunakan teori Kitchenham Penelitian ini berfokus pada CSF sistem ERP pada perusahaan manufaktur di negara berkembang dan negara maju dengan mengkaji 20 studi yang telah ditemukan Ditemukan beberapa CSF yang berpengaruh besar terhadap kesuksesan penerapan ERP pada perusahaan manufaktur di 2 jenis negara tersebut. CSF yang berpengaruh besar di negara berkembang, yaitu dukungan top management dan manajemen proyek, sedangkan untuk negara maju, antara lain: dukungan top management, pelatihan dan edukasi, dan komunikasi efektif. Penelitian ini mengkategorisasikan CSF berdasarkan tingkatannya (strategik dan taktik). CSF yang bersifat strategik, antara lain: dukungan top management, visi dan tujuan yang jelas, business process re-engineering (BPR), keterlibatan pengguna, dan lain lain. CSF yang bersifat taktik meliputi manajemen proyek, berbagi pengetahuan, pelatihan dan edukasi, komunikasi efektif, dll.
4 Pembentukan dan Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) pada UMKM (Usaha Kecil Menengah) Toko Budi dan M-Bisy Mart https://journal.its.ac.id/index.php/sewagati/article/view/326/237 Metode pengembangan aplikasi Agile software development Penelitian ini memaparkan pembangunan Enterprise Resource Planning (ERP) yang berfokus kepada UMKM Toko Budi Mulya dan M-Bisy Mart untuk membantu pengelolaan kegiatan bisnis penjualan barang sehingga Toko Budi dapat memantau kegiatan bisnisnya secara real-time Pembangunan aplikasi ERP Retail yang berbasis web dengan fitur berdasarkan kebutuhan dari UMKM, yaitu kegiatan penjualan barang, kegiatan pembelian barang, laporan penjualan, laporan keuangan, rangking penjualan produk, dan pencatatan stok barang. Aplikasi ini telah diterapkan pada Toko Budi dan M-Bisy Mart dan mendapat respon positif dari toko tersebut. Dari implementasi aplikasi ERP Retail, toko Budi Mulya dan M-Bisy Mart telah memberikan respon positif pada fitur akuntansi dan product list yang mengefisienkan waktu mereka dalam membuat laporan keuangan serta mencatat stok barang toko. Implementasi ERP mengubah pencatatan UMKM yang awalnya manual menjadi berbasis teknologi sehingga memerlukan peningkatan kapasitas bagi karyawan.
5 Penerapan Database pada Perusahaan (Studi Penerapan ERP pada PT. Sinar Sosro) https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1404 metode kualitatif Penelitian ini bertujuan agar dapat mendiskripsikan dengan jelas tentang ”Penerapan ERP pada PT.Sinar Sosro”. PT. Sinar Sosro merupakan salah satu perusahaan agribisnis di Indonesia yang menggunakan ERP dalam menanajemen perusahaannya. Sistem ERP yang dibangun manajemen Sosro ini memungkinkan akses data dari kantor cabang Sosro di luar negeri. Fungsional area pada PT. Sinar Sosro meliputi: penjualan dan pemasaran, manufaktur, keuangan, akutansi, logistik, distribisi, persediaan (inventory), invoice. ERP yang digunakan PT. Sinar Sosro adalah Oracle ERP. PT. Sinar Sosro menggunakan ERP bertujuan untuk mengantisipasi pertumbuhan perusahaan yang terus berkembang, menyajikan data yang konsisten dan akurat sehingga meningkatkan visibilitas bisnis, kemudahan dalam pengambilan keputusan, mengintegrasikan informasi di antara kantor dalam jaringan PT. Sinar Sosro, mempermudah dalam fungsi akuntansi perusahaan, serta memperkecil human error dalam proses konsilidasi. Manfaat yang diperoleh dalam penggunaan ERP pada PT. Sinar Sosro, yaitu meningkatkan efisiensi dalam proses bisnis misalnya dalam fungsi akuntansi yaitu mempermudah dalam tutup buku, mempermudah pengambilan keputusan bisnis, dikarenakan data yang selalu terupdate, akurat dan konsisten, efisiensi penggunaan jumlah pegawai, mempermudah kontrol perusahaan, dan penyeragaman kebijakan diantara semua unit bisnis perusahaan. ERP ini adalah salah satu database yang dipercayakan PT. Sinar Sosro untuk melakukan pengoperasian agar produk teh yang dihasilkan baik untuk dikonsumsi dan dapat memberikan rasa yang disukai.
6 Pengaruh Stakeholder Perspective dalam Penerapan ERP: A Systematic Literature Review https://pdfs.semanticscholar.org/c40d/f8563281d873cb52c4ed0bc01154712fa917.pdf literatur review Penerapan ERP dapat mengalami kesuksesan atau mengalami kegagalan. Oleh karena itu, perlu mempertimbangkan critical succes factor yang berpengaruh terhadap penerapan ERP, salah satunya critical success factor pada penerapan ERP adalah stakeholder perspective. Untuk mengetahui pengaruh stakeholder, maka dilakukan kajian ulang beberapa paper dengan jumlah 24 paper yang ditemukan Peninjauan pengaruh stakeholder perspective pada penerapan ERP dapat dilihat dari tiga sudut pandang, yaitu studi kasus mengenai pengaruh stakeholder perspective dalam penerapan ERP, faktor-faktor dari stakeholder perspective yang berpengaruh pada proses penerapan ERP meliputi komunikasi, dukungan stakeholder (meliputi dukungan top management dan tim proyek), kesiapan sumber daya manusia, dan beberapa cara atau solusi yang dapat digunakan dalam mencegah atau menangani masalah yang muncul berdasarkan faktor-faktor dari stakeholder perspective yang berpengaruh pada proses penerapan ERP.
7 Dampak Dan Faktor Kesuksesan Penerapan Enterprise Resource Planning Terhadap Kinerja Organisasi: Sistematic Literature Review https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Alvianto/publication/357995253_Dampak_Dan_Faktor_Kesuksesan_Penerapan_Enterprise_Resource_Planning_Terhadap_Kinerja_Organisasi_Sistematic_Literature_Review/links/61eaacf65779d35951c41173/Dampak-Dan-Faktor-Kesuksesan-Penerapan-Enterprise-Resource-Planning-Terhadap-Kinerja-Organisasi-Sistematic-Literature-Review.pdf penelitian tinjauan pustaka sistematis atau systematic literature review (SLR) Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor – faktor yang menentukan kesuksesan atau kegagalan dalam menerapkan ERP pada organisasi atau perusahaan. Selain itu, pada penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui dampak yang terjadi dari kegagalan atau keberhasilan dalam menerapkan ERP pada organisasi atau perusahaan Faktor-faktor yang banyak diperhatikan oleh peneliti sebelumnya dalam menerapkan ERP yaitu user training, top management support dan vendor support yang akan mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan dalam menerapkan ERP. Keberhasilan dan kegagalan pada penerapan ERP juga berdampak pada kinerja organisasi. Keberhasilan penerapan ERP berdampak pada kinerja organisasi yang meningkat dari sebelum adanya penerapan ERP. Peningkatan kinerja tidak hanya pada organisasi, melainkan berdampak juga pada kinerja karyawan yang bekerja. Selain dampak dari keberhasilan penerapan ERP, Penerapan ERP juga dapat mengalami kegagalan. Kegagalan pada penerapan ERP yaitu organisasi atau perusahaan dapat mengalami kerugian pada investasi di bidang teknologi informasi.
8 Analisis Penerapan ERP Dan SCM pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1571 Pengumpulan data deskriptif dengan metode analisis kualitatif Penelitian ini merupakan hasil penelitian dari penerapan Enterprise Resources Planning dan Supply Chain Management dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk Rantai pasok dari PT Indofood antara lain; Supplier tepung dan bumbu sebagai bahan utama pembuatan mie instan, Warehouse sebagai gudang penyimpanan stok atau persediaan, pabrik pembuatan mie instan yaitu mengolah bahan mentah menjadi produk setengah jadi, lab uji coba untuk mengecek kualitas dari mie instan apakah layak untuk diedarkan, pengemasan mie instan setelah lulus dari uji coba kualitas, distributor mie instan merupakan proses pendistribusian dari pabrik ke agen distributor, mengecer mie instan ke toko-toko kecil, konsumen dapat membeli indomie dari pengecer. Dengan adanya penerapan ERP, PT Indofood juga mampu menyesuaikan minat konsumen untuk mendapatkan tingkat yang lebih efisiensi dalam memaksimalkan hasil pendapatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT Indofood telah menjalankan SCM dan ERP dengan baik, sehingga hal ini dapat meningkatkan keuntungan dan meningkatkan produktivitas perusahaan
9 Analisis Penerapan Modul ERP Pada Perusahaan Sektor UB (Studi Literature: PT. Domusindo Perdana Dan PT. Jepe Press Media Utama Surabaya) https://proceeding.unived.ac.id/index.php/snasikom/article/view/57 Studi Literature, Deskriptif, dan Library Research Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkaya literatur mengenai implementasi sistem ERP pada perusahaan UB dengan mengevaluasi sistem ERP yang telah diimplementasikan pada Perusahaan PT. Domusindo Perdana dan PT. Jepe Press Media Utama Surabaya Berdasarkan penelitian yang dilakukan (Utami, Susilo, & Riyadi, 2016) pada studi analisis penerapan ERP pada PT. Domusindo Perdana, memiliki kelebihan dan kekurangan dalam pemanfaatan sistem ERP yang dilakukan berupa SAP R/3. Hasil yang diperoleh banyak sekali pemanfaatan dari ERP berdasarkan modul-modul yang diterapkan seperti: modul financel dan modul accounting. Keterbatasan dana menjadikan perusahaan tersebut tidak dapat melakukan pembelian secara menyeluruh terhadap modul-modul yang ada pada ERP berupa SAP R/3. Sedangkan pada penelitian yang dilakukan (Amri, Astuti, & Riyadi, 2013) mengenai analisis implementasi sistem ERP pada PT. Jepe Press Media Utama Surabaya. Terdapat kelemahan dan kelebihan ketika menggunakan sistem ERP berupa SAP R/3, yaitu dapat mengintegrasikan dan memudahkan proses bisnis yang berjalan, dan terdapat kelemahan berupa pinginputan data yang sering kali overload. Dari hasil analisis perusahaan yang menggunakan sistem ERP menyatakan dengan memanfaatkan ERP secara otomatis akan mempermudah kegiatan bisnis perusahaan.
10 Enterprise Resource Planning (ERP) Sebagai Keunggulan Bersaing Perusahaan Pada PT. Borneo Prima Coal Limited https://jurnal.unsia.ac.id/index.php/jis/article/view/244 metode deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi literatur Penelitian ini membahas mengenai bagaimana implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) pada PT. Borneo Prima Coal Limited di Kalimantan Tengah sebagai sebuah strategi keunggulan bersaing perusahaan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ERP sangat membantu dan memperjelas proses permintaan dan pengeluaran barang dengan sistem informasi yang terintegrasi antar departement. Hasil lainnya menunjukkan bahwa dengan implementasi ERP di perusahaan berguna untuk produktifitas pengelolaan data yang memudahkan dalam pengontrolan barang di warehouse. Hal ini menunjukan tepatnya penerapan ERP pada PT. Borneo Prima Coal Limited di Kalimantan Tengah untuk keunggulan bersaing perusahaan.
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

Posting Komentar untuk "Tugas Personal 1 Business Process Fundamental"