Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Forklift Toyota untuk Gudang Berdaya

Traknus sebagai distributor Forklift Toyota terbaik
Perusahaan yang memiliki gudang dalam skala besar pasti tidak asing lagi dengan alat bantu forklift. Forklift digunakan untuk memindahkan benda-benda berat atau berukuran besar dari satu lokasi ke lokasi lain. Kendaraan ini sudah umum digunakan di gudang dan perusahaan yang berkutat dengan pemindahan barang-barang berukuran besar atau berat. 

Forklift Ramah Lingkungan 

Forklift memiliki berbagai jenis tergantung dari bahan bakar yang digunakan, diantaranya forklift diesel, lpg/gasoline, dan elektrik. Perusahaan yang mendukung terciptanya ekosistem ramah lingkungan berkelanjutan pasti memiliki forklift dengan teknologi tenaga listrik alias forklift elektrik. 

Salah satu yang menyediakan forklift elektrik adalah Toyota. Toyota melihat pergeseran penggunaan bahan bakar yang digunakan perusahaan terhadap mesin-mesin mereka, salah satunya forklift. Hasil kerjasama PT Traktor Nusantara (Traknus) dan principal Toyota Material Handling (TMHD) menghadirkan forklift elektrik untuk sebagai bentuk dukungan terhadap keberlanjutan lingkungan sekaligus efisiensi.

Alasan Memilih Forklift Elektrik 

Memilih Forklift Toyota ramah lingkungan bersama Traknus
Kehadiran forklift elektrik turut membantu mengurangi jejak karbon karena menghasilkan zero emission. Forklift elektrik menggunakan baterai yang terdiri dari timbal sehingga dapat didaur ulang dan baterai Li-ion ini 30% lebih hemat energi dengan masa pakai yang lebih lama. 

Lalu terkait efisiensi didapatkan dari penurunan biaya pemanasan karena forklift elektrik tidak mengeluarkan asap atau gas beracun lainnya sehingga tidak perlu ada ventilasi. Biaya perawatan, operasi, dan servis forklift elektrik juga berkurang karena punya lebih sedikit suku cadang (tanpa pendingin dan oli mesin). Ruangan juga bisa lebih dimaksimalkan karena penyimpanan baterai li-ion tidak perlu ruang terpisah dengan ventilasi. 

Evaluasi teknologi membuat penggunaan forklift elektrik berada pada berbagai kemajuan fitur seperti sistem pengereman yang lebih aman. Ini dibuat dengan memastikan forklift berhenti saat operator melepas pedal gas. Bagi yang pernah naik kendaraan listrik pasti menyadari kalau suara yang dihasilkan sangat tenang, ini juga berlaku bagi forklift. Kelebihan forklift elektrik adalah ketenangan sehingga gudang tidak bising, nyaman bagi karyawan karena dapat bekerja lebih tenang dan komunikasi akan semakin lancar. 

Kekuatan forklift elektrik juga tidak kalah dengan forklift tipe lain. Alat ini cocok digunakan di dalam ruangan dan luar ruangan. Kemajuan teknologi juga memecahkan masalah karena forklift elektrik sudah mampu menangani berat yang sama dengan tipe lain dan berbagai jenis material. 

Lalu, kenapa harus memilih forklift Toyota? 

Forklift Toyota dari Traknus
Divisi forklift Toyota berdiri tahun 1956 di Jepang, perkembangan yang panjang menciptakan Toyota sebagai market leader forklift dunia. Salah satu keunggulannya adalah System of Active Stability (SAS) yang pertama dan satu-satunya di dunia. Sistem keamanan ini memantau pengoperasian forklift untuk mengurangi terjadinya tip-over lateral dan longitudinal. 

Toyota juga melakukan terobosan yang menawarkan teknologi AC bebas perawatan agar menciptakan kinerja dan efisiensi tinggi pada tahun 2000. Penelitian Peerless Research Group menempatkan forklift Toyota pada peringkat pertama terkait kualitas, daya tahan, keandalan, nilai tambahan, dan biaya ownership yang rendah. Salah satu forklift Toyota yang bisa dipilih adalah forklift multifungsi Totoya Elektric Powered Forklift 8FBE Series yang memiliki kapasitas muatan 1-2 ton. 

Forklift 8FBE Series 

Alasan Traknus bekerjasama dengan Forklift Toyota
Forklift Toyota ini berbentuk compact dengan 3 roda ini memiliki lebar intersecting 1,680 mm dan lebar basic right angle stacking 1,865 mm. Forklift 8FBE Series dilengkapi SAS sehingga manuver dan stabilitas penanganan beban dapat diandalkan layaknya forklift 4 roda. 

Penggunaan Forklift 8FBE Series hingga 8 jam 47 menit berkat motor dan motor-drivers. Fitur penggantian baterai juga tersedia pada forklift ini untuk meminimalisir downtime. Penggantian baterai dilakukan dengan sangat mudah. 

Terdapat fitur keamanan canggih pada forklift ini, yaitu Smart Environment Sensor Plus (SenS+) yang terdiri dari beberapa keunggulan seperti pendeteksi hambatan baik itu pejalan kaki maupun objek lain, pemberian notifikasi 3 level berdasarkan jarak hambatan, dan dapat mengendalikan kecepatan saat beroperasi tergantung dengan target deteksi, kecepatan perjalanan, dan sudut kemudi. 

Layanan Purna Jual Traknus 

Traknus sudah menjadi distributor Forklift Toyota sejak 1980 dan memastikan layanan purna jual yang mumpuni dalam hal suku cadang, perbaikan, dan perawatan unit yang ada. Terkait kecepatan dan ketepatan ketersediaan suku cadang, Traknus menyediakan program On Time In Full (OTIF) dan Readiness 90 (R90). 

On Time artinya tepat waktu, yaitu komitmen Traknus untuk memastikan kesediaan suku cadang sesuai waktu yang telah disepakati. In Full terkait dengan penilaian Traknus untuk melihat apakah bisa memenuhi jumlah suku cadang yang diinginkan pelanggan. 

Fitur yang disediakan Traknus untuk menunjang OTIF adalah ketersediaan suku cadang lengkap dan original dengan gudang nasional dan cabang di seluruh Indonesia yang memiliki lebih dari 65.000 item suku cadang berbeda. Lalu ada juga layanan pengiriman langsung ke pelanggan dan e-catalog. 

R90 merupakan indikator Traknus dalam memantau suku cadang di cabang. Konsep ini terdiri dari: 80% dari unit/cabang, 10% dari Kantor Pusat Jakarta, dan 10% dari Proses Pemesanan Khusus. OTIF dan R90 dapat dinikmati pelanggan dengan menghubungi Call Centre Traknus di 1500-072 atau via WhatsApp di +62815-1106-1974. 

Traknus berpengalaman sangat lama dalam distribusi mesin dan alat berat resmi di Indonesia. Perusahaan yang ingin mencari distributor forklift elektrik untuk gudang atau operasional lainnya dapat memilih Traknus sebagai mitra.
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

58 komentar untuk "Forklift Toyota untuk Gudang Berdaya"

  1. Kalau di pabrik atau gudang, mesin forklift ini berguna sekali buat ngangkat barang2 berat supaya mempelancar tugas pengangkutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...pernah lihat juga di IKEA. Lincah gitu tapi bisa angkut banyak. Pengen tahu, ada ga ya operatornya cewek gitu yang nyupir forlift...wkwkwk

      Hapus
  2. iya nih, kata mas Joko kalau udah ada merek Toyota pasti de best lah, mau produk apapun itu bila toyota pasti paten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Engga cuma mobil yah. Merek Toyota, jaminan awet dan layanan purnajualnya OK banget. Mobil juga harga jual kembalinya masih tinggi...

      Hapus
  3. jagonya siii ini apalagi alat ini cocok digunakan di dalam ruangan dan luar ruangan. yang butuh buat gudang besar harus punya

    BalasHapus
  4. Wah hadirnya forklift elektrik ini juga tetap memperhatikan dampak lingkungannya ya. Toyota memang keren banget ya selalu melakukan inovasi. Traknus juga udah berpengalaman sehingga kualitasnya sudah pasti aman dan bagus.

    BalasHapus
  5. Untuk efisiensi biaya operasional mungkin yang cocok pakai forklift berbahan bakar listrik ya . Apalagi jenis forklift ini juga ramah lingkungan. Keren deh Toyota Forklift ini. Kalau mau nyari berbagai macam alat berat, bisa banget hubungi Traknus

    BalasHapus
  6. Ternyata penciptaan forklift udah sejak 1956, mayan juga udah pengalaman.
    Berarti kalau dayanya pakai batere, mesinnya nyaris engga bunyi kali yah dan tentunya engga bikin polusi.

    BalasHapus
  7. Merk Toyota ternyata tidak saja berjaya untuk mobil, kini ada Forklift Toyota yang sangat membantu memindahkan benda-benda berat
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  8. sering banget liat forklit di gudang gudang nih, baru tahu ada jenis Forklift Elektrik juga. beneran ramah lingkungan ini ya. apalagi ini produk Toyota dan Traknus ya. dijamin deh kualitasnya. Mobil Toyota aja gahar dan kuat, apalagi untuk jenis forklit.

    BalasHapus
  9. Pada lingkungan pabrik atau gudang, mesin forklift memiliki peranan krusial dalam menangani pengangkutan barang berat. Keberadaannya sangat penting untuk meningkatkan efisiensi tugas pengangkutan dan mengoptimalkan produktivitas.

    Mesin forklift memungkinkan penggunaannya dengan cepat dan efektif, mengangkat barang-barang yang berat dan memudahkan proses logistik. Fungsionalitasnya tidak hanya memperlancar operasional, tetapi juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam penanganan material.

    BalasHapus
  10. forklift listrik ini agak tricky ya sepertinya, jadi harus beli yang berkualitas seperti toyota, selain itu syarat mutlak gudang barang jadi untuk food industry menggunakan forklift listrik

    BalasHapus
  11. Oh ternyata ada ya forklift ramah lingkungan, artinya udah elektrik nih ya ..jadi aman ga menimbulkan polusi udara keren banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju kak, saya juga baru tahu kalau ada forklit yang ramah lingkungan dan batrenya bahkan bisa di daur ulang. pilihan yang bijak sih memilih forklit Toyota

      Hapus
  12. Sering banget liat forklift di kawasan pelabuhan atau pabrik. Berdasarkan fitur dan manfaat penggunaanny jadi bikin aktivitas operasional lebih efektif dan efisien. 

    BalasHapus
  13. Oh ini teh namanya forklift. Bisa mengurangi beban kerja manusia. Kebayang repot kalo gak ada forklift. Angkat barang berat, wadidaw. Dg forklift jd ringan. Apalagi jaminan mutu Toyota, makin produktif deh usahanya

    BalasHapus
  14. Waah sekarang ada traktor elektrik yaa... jejak karbonnya tentunya minim ya klo tidak menggunakan bahan bakar solar. Bagus juga nih untuk langkah minim emisi karbon.

    BalasHapus
  15. Nggak cuma motor dan mobil listrik yah, bahkan forklif pun ada yang elektrik, produk dari Toyota. Komitmen ramah lingkungan yang patut untuk di dukung

    BalasHapus
  16. Jadi ingat cerita suami yang kadang ada kunjungan ke gudang, pemakaian forklift sangat membantu menurun dan menaikkan stok barang, ternyata ada forklift pakai tenaga elektrik ya, bagus nih karena dapat mengurangi polusi di dalam gudang kan

    BalasHapus
  17. Wah, hemat energinya besar juga, ya. Hemat energi, hemat biaya. Pantesan forklift ini jadi pilihan banyak perusahaan.

    BalasHapus
  18. Keren banget kak fitur2nya. Tapi yang penting sih keamanannya ya. System of Active Stability (SAS) yang pertama dan satu-satunya di dunia ini yang patut diapresiasi.

    Soalnya sistem keamanan ini memantau pengoperasian forklift untuk mengurangi terjadinya tip-over lateral dan longitudinal. Manteb bgt tuh.

    BalasHapus
  19. Punya komitmen tepat waktu ini ciamik banget, sehingga pas lagi butuh semisal suku cadangnya bisa langsung terpenuhi ya

    BalasHapus
  20. Oh aku baru tahu loh nama alat berat ini ternyata pernah lihat juga di pelabuhan. Ternyata forklift banyak dibutuhkan perusahaan ya

    BalasHapus
  21. Nama Traknus ini sudha tidak diragukan lagi sebagai distributor alat-alat berat dan alat-alat untuk kebeutuhan manufacturing, unitnya selalu tersedia dengan kualitas yang sangat bagus dan pastinya servicenya juga sangat bagus

    BalasHapus
  22. aku kenal forklift tuh sejak SD. Pas ayahku kerja di plywood. Jadi, di gudang stok tuh ada beberapa forklift buat mindahin stok-stok yang dulu ditempatin di kotak gedhe banget.

    BalasHapus
  23. Jadi inget pas masih kerja nih, forklift toyota sering jadi partner kalau lagi nurunin barang hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren bgt ini, forklift adalah salah satu alat berat favorit anak aku. Hehe... Bisa mempermudah pemindahan barang di perusahaan besar.

      Hapus
    2. dulu kalau forkliftnya lagi rewel, terasa banget delaynya di warehouse. bisa-bisa proses produksi bisa terhambat. Untuk itu penting bangte memilih forklift yang berkualitas.

      Hapus
  24. Buat keperluan warehousing or supermarket grosiran cocok banget nih forklift Toyota dari Traknus

    BalasHapus
  25. wah baru tau ada forklift yang elektrik spt ini. Jadi bebas emisi karbon yah. Makin ramah lingkungan

    BalasHapus
  26. oh ini toh yang namanya Forklift. Lucu ya, haha etapi tetep tanggung kelihatannya. Karena memang produk alat berat keluaran Traknus pasti terjamin, bahkan sampe purnajualnya pun nggak ngecewain.

    BalasHapus
  27. Untuk perusahaan yang suka angkut-angkut berat, wajib banget nih punya Forklift dari Trankus. Agar kerjanya mudah dan makin cepat.

    BalasHapus
  28. Toyota tuh udah terbukti ya kualitasnya, waktu masih kerja di pabrik juga aku sering lihat forklift dengan merk ini. Bikin pekerjaan jadi mudah dan cepat.

    BalasHapus
  29. Forklift sangat membantu pastinya, terlebih ramah lingkungan tentu saja sangat dibutuhkan sebuah perusahaan, apalagi merk Toyota yg udah lama dikenal masyarakat kita tentunya ini banyak diminati

    BalasHapus
  30. baru tahu namana alat ini forklift , biasanya aku sering nyebutnya alat angkut. Sering banget liat pas belanja di gudang-gudang besar, ngakat barang-barang, terus bawa orang yang buat nyusun di atasnya hahaha. Tapi alat ini, benar-benar mempermudah semua kegiatan yang ada di parbirkan yaa

    BalasHapus
  31. NgebNtu banget nih ya untuk memudahkan pekerjaan manusia tapi harus banyak barang dan berat ya kategorinya

    BalasHapus
  32. Toyota sih memang the best kualitasnya, forkilft itu alat angkut ya

    BalasHapus
  33. BTW alat berat macam ini sesungguhnya asing bagiku. Beberapa kali melihatnya, tapi enggak pernah antusias buat memahaminya. Baru mulai oerhatian sejak anakku masuk SMK. Hehehe ... gara-gara di sekolahnya ada sih.

    BalasHapus
  34. Ternyata Toyota ada produk forklift jg ya. Bagus. Keliatan kokoh gitu. Kalau Toyota mah udh berbukti kualitasnya bagus.

    BalasHapus
  35. Sangat membantu banget adanya alat seperti forklit seperti ini, bisa jadi ringan angkat2 barang yang berat

    BalasHapus
  36. Pastinya brand Toyota memang udah dipercaya. Bahkan layanan purna jualnya pun terbukti memuaskan.

    BalasHapus
  37. keberadaan forklift ini pasti membantu banget ya, apalagi udah ada forklift yang ramah lingkungan keluaran Toyota ini ya, mantap nih.

    BalasHapus
  38. Alat seperti forklift ngebantu banget buat kerjaan yang sulit untuk angkut barang yang mayan berat. Kalau keluaran dari Toyota emang gk bisa diragukan lagi sih kualitasnya

    BalasHapus
  39. Baru tahu, ternyata toyota memproduksi forklift. Semoga performa dan kinerjanya handal.

    BalasHapus
  40. Aku tahunya Toyota bikin mobil sj. forklit jg ternyata

    BalasHapus
  41. Ternyata Toyota juga buat beberapa produk ya, gak hanya mobil. Tapi kalo itu Toyota kualitasnya pasti oke sih

    BalasHapus
  42. Produsen Toyota emang handal kalau bikin produk. Gak diragukan soal kualitasnya.

    BalasHapus
  43. Bahkan perlengkapan kerja di gudang seperti forklift saja sudah ada yang hadir dengan bahan bakar listrik. Wuaaa ... makin menuju ramah lingkungan saja ya teknologi yang berkembang belakangan ini. Salah satunya rupanya Forklift Toyota yang bisa didapatkan di Traknus nih.

    BalasHapus
  44. Ternyata Toyota juga bikin forklift gini, kukira cuman mobil aja produknya. Wah baru tahu juga kalau ada forklift yang elektrik, inovasi ga cuman mobil dan motor aja yang listrik ya

    BalasHapus
  45. Sering loat forkflit kalau kunjungan pabrik.
    Ini buat industri2 gtu kalau beli alat2 berat emang harus mencari ke vendor atau brand yang juga menyediakan suku cadangnya ya supaya gak bingung kalau ada error2 ketika dipakai.

    BalasHapus
  46. Sering banget liat alat-alat seperti ini digudang-gudang yang udah gede banget, memang cukup membantu banget sih buat angkut-angkut barang. Pekerjaan jadi lebih ringan dan cepat dengan bantuan alat ini, top deh!

    BalasHapus
  47. Wah... Informasi baru nih mengenai fordclip. Walau pun saya pernah bekerja di riteil ini benda yang sangat penting sekali.

    BalasHapus
  48. Forkclip yang kerennya. Speknya benar benar bantu banget untuk pekerjaan lapangan. Smart Environment Sensor Plus bisa jadi fitur andalan alat berat ini ya

    BalasHapus
  49. Supermarket besar juga sering saya lihat penggunaan forklift ini ya kak. Memang kita harus melihat kualitas sebelum memutuskan membeli forklift apalagi untuk perusahaan

    BalasHapus
  50. Jadi inget sama strategi marketingnya Fellexandro Ruby masarin alat berat, banyak konsep yang sbnernya bisa dikonsep buat jadi bisnis lho ini yaa, ngga hanya aset alat berat gitu. hihi

    BalasHapus
  51. Perusahaan yang menggunakan Forklift Toyota pastinya beruntung karena suku cadangnya mudah dan mudah pula jika akan dijual kembali.

    BalasHapus
  52. Forklift ini berguna banget untuk memindahkan barang ya kak. Kalau seperti gudang penyimpanan barang alat ini pasti dibutuhkan

    BalasHapus