Berwisata ke Pasar Terapung

Askum!Liburan pada kemana nih?Hehehe,udah hari kamis aja nih.Beberapa hari lagi udah masuk sekolah,mungkin ada yang lagi santai-santai abis berlibur ke berbagai tempat wisata.Seperti ane yang lagi santai nulis blog hehehe.Ok,kali ini ane mau share tempat wisata yang mungkin bisa jadi Referensi untuk liburan selanjutnya.Tempat Wisatanya adalah Pasar Terapung(Floating Market).





Pasar terapung ini berada di kota Banjarmasin,Kalimantan Selatan tepatnya di muara sungai martapura dan Barito. Kenapa disebut terapung? ….. mungkin udah pada tahu semualah, para pedagang di pasar ini menawarkan barang dagangannya menggunakan jukung (sebutan perahu khas banjar) , dan begitu pula bagi yang mau beli juga harus menggunakan jukung untuk membeli. Unik khan?….
Dan yang lebih unik lagi, pasar ini aktivitasnya dimulai dari pukul 3.30 WITA sampai matahari udah mulai muncul sekitar 6.30 WITA(tapi ane kemaren ke pasar terapung jam 7.00 WITA masih ada yang jualan,Hehehe). Di pasar ini kita bisa membeli barang-barang layaknya di pasar kebanyakan seperti sayuran, buahan, wadai (kue dalam bahasa banjar),sarapan pagi, dan mungkin juga beli lauk pauk. Dan ketika di pasar terapung tersebut kita akan didatangi oleh penjual-penjualnya alias didekati oleh jukung-jukung tersebut sambil menawari barang dagangannya..dan tentunya juga ada kebanyakan dengan bahasa banjar dan dialek banjar yg juga khas....

Ini Original Jempretan Gue!Keren khan?Wkwkwk
Untuk membeli barang dagangan di pasar terapung ini ada 2 cara.Yaitu:
1.Dengan menggunakan tongkat yang ujungnya memiliki kait:
Amang berkata,"Uma...ganalnya gumpalnya!"
Gumpal=Kue bulat berwarna keputih-putihan(Kue yang paling besar digambar)

Yang ngambil kue padahal ibu gue.Tapi mukanya gak keliatan!Wkwkwk


 2.Menggunakan tangan:



Ibu Gue Gak Keliatan Lagi Mukanya!Wkwkwk
Pa' le' berkata,"Enak Ini!"


Untuk mencapai pasar ini tidak begitu susah kok karena pasarnya berada di kota. Dari kota kita hanya cukup pergi ke daerah Kuin, tepatnya ke dermaga-dermaga kecil jukung, parkir-parkir untuk mobil sudah tersedia juga. Menuju kuin bisa dengan Taxi atau mobil pribadi. Dan dari dermaga jukung-jukung tersebut bisa pesan/carter jukung ke pasarnya sekitar 60.000/jukung(Kemaren ane rombongan 200.000 untuk 1 jukung,tapi ditambah ke Pulau Kambang). Kemudian kita akan diajak menelusuri sungai martapura dan sepanjang sungai martapura kita juga bakal dapat melihat aktivitas-aktivitas yang unik juga seperti mandi( ada pertunjukan yang mengarah ke setengah bugil disini(wekekekeke), cuci, buang sampah(weiksss).


Hahay!Ini pake Zoom,makanya burem.
Santai di atas kapal!Wkwkwk
O iya, untuk lebih merasakan keunikan pasarnya lagi, kita juga bisa menikmati sarapan pagi terapung. Yup, disana juga tersedia warung Soto Banjar(makanan khas Kalimantan Selatan) terapung, kita cukup mendekati warung terapung tersebut, yup tetap diatas jukung yang agak gedean tentunya. Dan setelah dekat kita cukup naik ke jukung warung tersebut dan pesan dach. Dan jukung kita bakal parkir disebelahnya…..hmmm yummy sekali…. 

0 Komentar:

Posting Komentar

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *