Tunggu Medali Emas, Aku Akan Datang! #1Day1Dream

"Nak, kamu harapan ayah, jangan kecewain ayah, ya" - Ayah

http://icho2015.msu.az/i/logoNew.png
Sumber
Itu kata-kata yang sering diucapin ayahku dari dulu, sejak mulai aku diajari beliau tentang Teori Atom Dalton sampai berbagai hal tentang Kimia Organik. Pokoknya semua yang berbau kimia sudah diajarkan alias 'ditransfer' kepadaku. Sekarang saatnya aku membalas jasa dan harapan beliau.

Tahun lalu aku sudah mencoba, setelah berhasil menyabet juara pertama OSK (Olimpiade Siswa Kabupaten), aku gagal telak di OSP (Olimpiade Siswa Provinsi) dan tidak bisa melanjutkan ke OSN (Olimpiade Siswa Nasional) apalagi sampai terpilih menjadi tim di IChO (International Chemistry Olimpiad).

Tapi, masih ada kesempatan kedua, sekaligus yang terakhir. Tahun ini aku akan mencoba mengulang lagi dari awal, mencoba kembali menembus OSK, OSP, dan OSN kemudian masuk tim IChO!

Tapi untuk bisa lolos tentu tidak mudah, untuk itu aku punya taktik untuk bisa berhasil tahun ini dan membuat ayahku bangga. Taktik adalah :
  • Belajar minimal satu soal per hari
    Tanpa belajar tidak akan bisa menjawab soal, kalau tidak bisa menjawab bagaimana mau lolos? Jadi, aku tidak mau ngebut, santai tapi pasti, suap sedikit demi sedikit, kunyah perlahan, baru ditelan. Tidak usah langsung menyuap satu sendok nasi, makan dengan santai agar bisa masuk semua. Satu soal tapi betul-betul paham, karena soal Olimpiade perlu nalar, bukan cuma teori.
  • Perdekat posisi dengan Tuhan
    Lebih sering sholat berjamaah dan rajin sholat tahajjud, kalau kita sudah berusaha alias ikhtiar, waktunya tawakkal. Setelah yang terbaik sudah kita lakukan, waktunya berserah diri kepada Tuhan dan biarkan Tuhan yang memutuskan takdir kita. Tuhan tau yang terbaik.
  • Patuh pada orangtua
    Ini juga salah satu cara agar semua yang dipelajari bisa bermanfaat dan terus diingat dan kemungkinan lolos makin besar, karena ridho Tuhan bergantung pada ridho orangtua. Dengan berbakti kepada keduanya dan meminta didoakan, Insya Allah aku akan berhasil!
Jadi, inilah impianku, Tahun ini akan kuketahui, apakah Tuhan akan mengabulkan impianku atau menyuruhku untuk menunggu lebih lama. Semua akan kuketahui setelah aku berjuang.

26 komentar:

  1. Wiih keren! Semoga sukses dan lolos semua, yaaa! :D

    BalasHapus
  2. Semangat! aku juga dulu ikut seleksi OSN fisika, tapi ga lewat. dan aku ga punya kesmepatan kedua :( hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya :D
      Aku juga pernah tu SMP ikut Fisika :). Gak apa-apa, masih banyak kesempatan lain ;)

      Hapus
  3. Tuhan ngasih kita kegagalan untuk ngetes, ngetes yang punya semangat beneran apa semangat asal2an. good luckj bro...

    BalasHapus
  4. Tetep semangat choy, kalo tekunn pasti bisa punya keyakinan juga ya :D

    BalasHapus
  5. Anak SMA nih berarti, jago abis, maiananya udah OSN sama ICHO aja, semangatlah. Kalo gue boleh nambahin satu point,
    Belajar bareng sama temen juga boleh, jgn belajar sendirian, ntar stress, gak jadi masuk OSN malah masuk RSJ (?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, baru pernah ampe Provinsi aja, belum pernah nyobain Nasional kak xD.

      Kalau ada yang bisa sih boleh, tapi temen-temen kagak ada yang paham, seringnya sih belajar bareng ayah aja di rumah xD

      Hapus
  6. Owalah, ini to anak kimia, itu. Kapan-kapan pangeran bisa belajar meramu unsur kimia, gak? Soalnya ada beberapa ramuan yang pengen di ramu, tapi belum nemu yg bisa bantu. Heheh

    Semoga sukses deh harapan mencapai ICHO.

    Salam,

    Pangeran Wortel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku anak ayah ibu kok pangeran, bukan anak kimia :3. Er... tapi gak tanggung jawab kalau nanti meledak ya xD

      Aamiin :D

      Hapus
  7. mantep bro..
    semoga konsisten menulis ya bro..
    salam kenal and visit back yaa..
    katamiqhnur.com

    BalasHapus
  8. semoga apa yang lu impikan bisa berhasil...
    belajar 1 hari 1 soal, berdoa, sama patuh sama orangtua, kalo dilakuin secara konsisten pasti bisa bro, semangat! :))

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Yup, sukses itu baru kerasa nikmat setelah lelah berjuang :D

      Hapus
  10. Waaah semoga bisa tercapai IChO nya aamiin!

    BalasHapus
  11. Benar, harapan orang tua hanya anaknya. Keren lo udah bisa ikutan olimpiade, gue boro-boro ikut olimpiade, dilirik guru buat maju ngerjain soal kimia aja kagak pernah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, setiap manusia punya kelebihan masing-masing bro :)

      Hapus
  12. KEREN! Ukir prestasi terus ya, kak, semoga jadi orang yang bermanfaat, proud of you!

    BalasHapus

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *