Maaf

http://25.media.tumblr.com/tumblr_l2mj4voemu1qb72czo1_500.jpgSetiap manusia tidak pernah luput dari kesalahan, itu sebabnya tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Kesalahan-kesalahan itu bahkan kadang tidak disadari, maka dari itu perlu bantuan orang lain untuk menyadarkannya.

Soal kesalahan, aku sudah melakukan sebuah kesalahan fatal sebagai seorang blogger dan menodai sebuah kegiatan blogwalking. Kesalahanku adalah,
Berkomentar terlalu singkat
 Sebenarnya alasanku melakukannya adalah karena aku ingin mengomentari sebanyak mungkin blog dan membuat sebanyak mungkin komentar datang di blogku, tapi karena ingin cepat dapat banyak, aku tidak membaca dulu postingan blog orang lain dan langsung komentar, itu sebabnya kadang komentarku tidak nyambung dan singkat. Itu karena aku memang tidak membaca postingan tersebut dengan serius.

Kukira hal itu tidak akan berdampak apa-apa, "asal komentar saja, setelahnya terserah mereka," itu pikirku waktu itu. Tapi, setelah aku dikeluarkan dari salah satu grup blogger, Blogger Energy, dan kutanya kenapa aku dikeluarkan, aku jadi sadar, blogwalking itu punya aturan, komentar tidak nyambung dan singkat tentu tidak akan disukai pemilik blog, aku juga begitu.

Dan setelah insiden dikeluarkan, aku berjanji
Tidak akan berkomentar singkat dan akan membaca postingan sebelum komentar
Itu janjiku!

Dan untuk Blogger Energy dan para member yang pernah kusakiti karena komentar singkat dan tak jelasku, aku minta maaf yang sebesar-besarnya. Dan ini video yang kupersembahkan sebagai permintaan maaf :



Juga, kalau boleh, tolong masukkan lagi aku ke grup FB, aku berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

13 komentar:

  1. grup BE yang ngajarin gue banyak hal.
    grup yg ngajarin gue ngeblog yg baik dan benar.

    gue pribadi juga gondok sama orang yg komen cuman singkat. dan terlebih nggak nyambung. otomatis, ketika gue BW ke blognya, gue juga komen singkat.
    tapi setelah dipikir ulang. klo gue gtu,sma aja boong. yah, snggaknya gue brusaha ngelakuin sebaik mungkin. msalah bales baik atau buruk, terserah deh.

    emangnya lo seneng, ktika yg komen dikit dan ga nyambung?
    buat masuk'' grup tnya rangers aja yg lbih berhak. gue cuman membernya doang. hee
    keep blogging, tjoy!!

    BalasHapus
  2. Bener harusnya blogwalking itu commentnya yang sesuai
    jangan cuma tulis dengan asal
    hehe

    BalasHapus
  3. Ya, gue juga ga suka kalo lihat orang komentarnya singkat banget. Terkesan sama kita: orang itu belum baca, hanya sekejap membaca sedikit langsung menyimpulkan. Apalagi yang komentarnya OOT banget. Itu makin nambah ngeselinnya.

    Oiya gue juga baru-baru ini lihat blogger yang komentarnya selalu gini tiap blogwalking kesemua blogger:

    "Baru pertamakali kesini sudah suka sama sama tulisannya. Terus naro link dibawah"

    Kampret.

    Dan yang gue lakukan biasanya kalo ga baca sampe abis gegara beberapa faktor. Gue lebih baik ga naro komentar di blog itu. Hehe. Lebih baik gue menghilang secara terhormat, daripada gue bingung sendiri nanti mau kasih komentar apa...


    Btw... BE juga turut mengajarkan gue hal seperti itu. #HappyBlogwalking

    BalasHapus
  4. Sebenarnya yang lu lakui itu bukan sebuah hal baru lagi di BE. Hanya lu saja yang kurang manyadari, bahwa Rangerz itu selalu memperhatikan kita. Tiap waktu dan lu juga harus ngerti, bahwa gak ada yang mudah di dunia ini.

    Gue emang awalnya emang gak suka koment banyak, karena gue orangnya emang rada cuek. Ngomong seperlunya aja. Meskipun begitu, gue tetep selalu berusaha menyesuaikan dengan apa yang mereka post.

    Janganlah cuman :

    "Ih, inspirasi banget tulisannya." (Nitip link) ITU KAMPRET

    Gue menghargai setiap orang yang komentar dan blogwalking ke blog gue. Bahkan banyak yang tidak kenal sekalipun. Kalo meraka koment, gue akan cari dan berkomentar sebaik mungkin di blog mereka.

    Jadi, gak perlu tempel link, juga gue visit kok.

    Satu hal, BE Selain mengajakan gue arti sebuah penghargaan, BE juga mengajarkan untuk serius dan menghargai setiap post yang orang lain buat dengan sulitnya. :)

    BalasHapus
  5. haay, baru mampir ksini dan bru mmpir jg d BE. Ternyata ada kasus. Ttap smangat yaaa!

    aku udh lmayan lma d BE. BE emang ngjarin cara blogwalking yg baik dan bnar :) Klo ingin tlisan kmu dkmentarin nymbung, mka kmu jg hrus kmentarin yg ssuai dgn tema sipenulis. hukum timbal balik it berlaku :))

    semangat yaa and keep ngeblog! :) coba tanya rangers, mna tw msih ad ksempatan. Toh pd dsarny tiap mnusia gada yg luput dr ksalahan kn?

    BalasHapus
  6. Wah, baru tau ada kasus yang beginian. Videonya belom aku tonton. Buffer. Mungkin ranger udah nonton.

    Eh, iyaa. Kalo soal komen singkat itu emang bener. Soalnya, BE ngajarin kita jadi sebuah keluarga. Bukan cuma asal naruh link di wall dan pergi seenaknya. Mungkin laen kali gak diulangi. Keep blogging!!

    BalasHapus
  7. Setuju banget! Komen yang nggak nyambung emang nyebelin. Dan komen yang singkat juga nyebelin walaupun nyambung. Tetep semangat ngeblog ya kawan! Jangan ulangi kesalahan yang sama lagi :D

    BalasHapus
  8. Aku baru disini.. Ternyata ada hukuman jika tidak melaksanakan aturannya.

    Tetap semangat ya.. Salam kenal ^^

    BalasHapus
  9. Pertama-tama, salut sama kamu gara-gara mau mengakui kesalahan ini dengan gentle. Kamu keren!

    Kedua, ya emang gitu. Ini jadi ajang juga buat siapa aja belajar supaya pas blogwalking niatan emang sudah bulat buat baca tulisannya. Meski panjang dan seabsurd apapun itu. Beri komen yang pantas dan nyambung sama yang dia tulisin. Itu menguntungkan dua pihak: si punya blog merasa senang karena postingannya dibaca dan diberi komen baik, dan kamu yang komen bisa ngerasa jadi blogger sejati.

    Semoga semuanya insaf dan oknum yang masih seperti ini disadarkan dalam butanya memahami. Seh.

    BalasHapus
  10. Oh, jadi ini kamu yang kemaren komentar nggak lebih dari 50 karakter?
    Jadi.. udah ngerti dan udah jera, pedihnya di kick dari komunitas? HAHAHAHA jujur aja, kamu kemaren memang pantas banget buat di kick. iya, pantas banget. karena BE nggak butuh orang orang kayak kamu :))

    Tapi baca postingan ini, aku akui kalau kamu gentleman bro. ngaku atas kesalahanmu. Yaaa, goodluck aja deh, semoga diterima jadi member baru lagi yak. jangan diulangin kalau dikasih kesempatan kedua.

    BalasHapus
  11. Sebenernya kalo elo gak ikut komunitas BE sih gak masalaha mau komen sesingkat apapun.. karena ya, ngeblog itu bebas.

    tapi kalo udah masuk komunitas, ya harus nurut sama aturan di dalemnya.. mungkin sebagian orang ada yang gak nyaman sama aturan BE dan dengan sendirinya milih keluar. Tapi sebenernya BE punya aturan buat blogwalking 'komen berisi' itu maksudnya baik kok..

    Yaudah.. lo udah keren sampai biikin postingan ini, gue baru tau malahan.. silakan klik join lagi bro~

    BalasHapus
  12. Itu sebab aku ngga mau ikut komunitas, karena ada aturan yang harus diikutin.. :P

    BalasHapus
  13. baru tau kalau ternyata di BE ada aturannya.hehehe
    semoga kamu di masukan lagi dalam group.amin :D

    BalasHapus

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *