Penghargaan itu Penting

Penghargaan Itu Penting
Aku yakin, bagi banyak orang di dunia, bisa memiliki segalanya adalah impian liar yang sering menyinggahi pikiran mereka sekalipun ketika ditanya, “Tidak, semua ini sudah cukup bagiku.” Kalaupun tidak sampai pada pikiran itu, paling tidak dikenal apalagi dielu-elukan banyak orang tentu sangat diidam-idamkan. Tweet yang diretweet ribuan kali, foto Instagram dengan love jutaan, dan tentunya follower sosmed yang sampai ada tulisan ‘m’ setelah angkanya. Mungkin hanya orang-orang tertentu – yang bagi kebanyakan orang menyebut itu ‘anugerah’ atau semacamnya – yang merasakan hal tersebut.

Tapi kita lupakan saja hal itu, tidak penting membahas hal-hal di luar kemampuan kita. Sekarang, kita bahas bagian kecil dari impian liar kebanyakan orang, atau bisa dibilang intinya. Apa intinya? Intinya adalah sesuatu yang dinamakan ‘penghargaan’. Kita bisa mendapatkan segalanya sebagai penghargaan atas kerja keras kita, kita mendapatkan penghargaan karena kita orang yang berharga. Tapi, apakah penghargaan haruslah sesuatu yang dianggap semua orang ‘berharga’? Menurutku tidak harus sesulit itu. Jadi, seberapa pentingkah penghargaan itu? Penting, sangat penting malahan. Tanpanya mungkin kita tidak mati, tapi bisa membuat kita membunuh diri kita sendiri. Jadi, penghargaan seperti apa yang penting?

Pernahkah terpikir bahwa sekedar ucapan terima kasih adalah sebuah penghargaan yang sangat berarti. Atau penambahan kata ‘tolong’ tiap kali meminta bantuan bisa membuat permintaan kita menjadi lebih berharga. Cukup hal sederhana semacam itu sudah lebih dari cukup untuk memberikan penghargaan dalam hal tolong menolong, kuyakin bila semuanya seperti ini, tidak ada lagi orang yang terlupakan. Karena peminta tolong meminta dengan hal yang berharga dan memberikan penghargaan kepada penolong.

Selain dalam tolong menolong, memberikan penghargaan kepada mereka yang ‘gagal’ juga sangat diperlukan. Sebenarnya tidak ada yang namanya gagal, hanya belum waktunya kita mendapatkannya, tapi beberapa orang langsung terpuruk dan tidak menerima ketika harus menunggu lagi. Nah, disini penghargaan harus diberikan. Bagi mereka yang kalah – aku lebih suka menyebutkan belum menang – kita bisa membawa dia bersenang-senang, mungkin dengan mengajaknya berkeliling, makan-makan, ataupun berbelanja. Begitu juga dengan anak, adik, atau saudara kita yang prestasinya belum mendapatkan prediksi ‘terbaik’, ajak mereka melakukan hal yang mereka suka, biarkan mereka melupakan segalanya. Menyanjung mereka yang ‘berhasil’ hanya menjerumuskan mereka, seharusnya kita perhatikan mereka yang ‘gagal’ dan buat mereka melupakan hal itu, lebih bagus lagi mereka yang ‘berhasil’ sejenak melupakan – bukan berarti tidak bersyukur – dan rangkul mereka yang belum beruntung agar bisa terus berusaha.

Nah, hal sederhana yang bisa jadi tambahan setelah terima kasih ataupun untuk membangkitkan semangat mereka yang ‘gagal’ adalah, seperti yang kubilang tadi, makan dan berbelanja. Selain dengan mentraktir secara langsung, ada cara lain yang lebih menarik. Kalian bisa memberikan voucher untuk mereka. Jadi, mereka punya kebebasan untuk berbelanja dimanapun yang mereka mau. Voucher Belanja Sodexo bisa jadi pilihan kalian, banyaknya Merchant Sodexo bikin orang yang kalian kasih voucher bisa punya banyak pilihan, mereka bisa ke KFC, Gramedia, Matahari, ataupun tempat lain, tinggal pilih deh.

Ini ada videoku tentang penghargaan :

Penghargaan adalah hal yang sangat penting bagiku, tidak usah hal mewah, cukup hal-hal sederhana seperti terima kasih, berkata ‘tolong’, ataupun menghibur mereka yang sedang lemah karena ‘gagal’.

23 komentar:

  1. keren eeuy videonya, btw itu bikin sendiri? kreatif banget ditengah adobe after efek dan juga sofware video berkeliaran kamu masih pakai yang manual (y)

    BalasHapus
  2. Gue pernah mimpi sih dikenal banyak orang. Udah sampe situ aja.

    Gue gak mempertimbangkan gue dikenal karena apa, prestasi yang mana, dan karya apa. Tapi sekarang, sejak gue menerbitkan kumpulan cerpen komedi, jadi banyak orang yang nanya-nanya ke gue cara menulis komedi. Dari situ gue jadi pengen dikenal karena gue memberikan apa yang orang butuhkan, bukan karena apa yang gue buat.

    Eh videonya kurang hidup bro. Lebih baik kalo lo gunain manusia sebagai aktornya, dan pengambilan gambarnya di lokasi yang lebih terang, serta perhatiin supaya gak ada objek lain yang masuk frame. Kaki lo keliatan di video itu.

    BalasHapus
  3. penghargaan ... gue seneng juga sama penghargaan.Gue setuju sama pendapat lo.Penghargaan enggak perlu yang mewah. It's true.Semua orang juga mau dihargai . Untuk itu gue selalu intropeksi diri.apakah gue udah menghargai orang lain atau belum ? . Jika belum , gue akan terus intropeksi diri gue.Sebelum gue dihargai , gue juga harus menghargai :D . keep smile

    BalasHapus
  4. Setiap orang layak dihargai. Setiap orang layak mendapat penghargaan dalam bentuk apa pun. Iya, buat mereka yang belum berhasil, kita harus tetap menghargai apa yang telah mererka lakukan.

    BalasHapus
  5. Penghargaan meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Mantap :D

    BalasHapus
  6. Ahaha, mantap..
    kepikiran aja bikin video ilustrasi seperti itu :D

    Bagus ini materinya, kebanyakan manusia lupa menghargai apa yang dilakukan orang lain. Namun, di saat orang itu melakukan 1 kesalahan, langsung dh kesalahan itu selalu diungkit-ungkit.

    Manusia memang aneh...
    #eh, manusia jg ternyata :D

    BalasHapus
  7. Penghargaan paling simpel tapi kadang orang lupa buat lakuinnya ya ucapan terima kasih. Penghargaan buat diri sendiri juga penting sih, kalo diri sendiri gak hargain, gimana orang lain mau hargain kita kan?

    BalasHapus
  8. Hmm ngomongin perhagaan nih. kayaknya penghargaan itu emang cocok dan pantas diberikan bagi orang yang sudah berjuang keras menggapai cita-cita. yaa meski belu berhasil, tapi kita juga bisa beri penghargaan berupa semangat untuk bangkit.

    Jujur, aku kira ini postingan benar-benar syahdu, ternyata di akhir mengarah ke produk juga. Salut lahh, bagus banget dalam menggiring pembaca.

    btw, videonya kreatif banget ;)

    BalasHapus
  9. Baru tadi pagi, ibu habis cerita pengalaman beliau ikutan organisasi. Beliau bilang, selama di organisasi tadi, pernah 1 kali ibu kecewa berat, soalnya hasil jerih payahnya selama 21 hari nggak dihargai sama sekali oleh atasan, malah orang-orang yang nggak ngapain di organisasi dapet penghargaan.
    Penghargaan itu bisa jadi suntikan semangat buat berkarya lebih dan giat lagi, sayangnya juga, jaman sekarang orang2 kebanyakan nggak bisa bedain mana orang2 berprestasi yg patut diapresiasi sama orang2 sok sensasi.

    BalasHapus
  10. Iya bener penghargaan itu penting banget, bisa buat kita seneng dan semangat.
    Voucher sodexo bisa dijadiin alternatif buat kasih penghargaan ke orang lain

    BalasHapus
  11. Ya, penghargaan itu sangat penting. Salah satunya yang telah di jelaskan lo diatas. Salah satu bentuk penghargaan simpel tapi sudah jarang dilakukan oleh banyak orang. Ya, semoga minimal kita tidak lupa dengan penghargaan kecil ini ya... hehe

    BalasHapus
  12. Gw setuju BANGET sama lo arti penghargaan, gw selalu penganggap kalah itu tidak berharga, tapi yg gw sayangkan kebanyakan manusia tidak menghargai KEBAIKAN kecil, dan selalu Mengungkit2 Kesalahan kecil.

    terimakasih bang udh menginspirasi GW

    BalasHapus
  13. hey ya, aku setuju sekali mengenai ucapan terimakasih dan tolong.
    sekarang banyak syekali yang di tolong malah marah-marah menurutnya gak tepat dan minta tolong kaya nyuruh hikss

    BalasHapus
  14. ucapan terimakasih sebenarnya banyak yang ngucapin tapi kalau dikasih yang enak2 jah kalau dikasih ujian sama Tuhan kita nggak mau terimaksih padahal itu nikmat juga... halah malah ceramah..

    BalasHapus
  15. Nahh nahh ini dia
    terimakasih, tolong, dll. walaupun satu kalimat jika di lontarkan dengan iklas maka yang menerima rasanya akan seperti mendapatkan perhiasan yang berharga

    BalasHapus
  16. penghargaan memang penting, setuju gue.. karena sejatinya penghargaan adalah sebuah bentuk apresiasi orang lain terhadap apa yang telah kita lakukan. DDan tanpa disadari, apresiasi sesederhana ucapan terima kasih pun merupakan bentuk penghargaan tersendiri ya.

    BalasHapus
  17. Penghargaan itu emang gak harus besar, hal-hal kecil bisa jadi penghargaan besar. Dalam dunia blogger, komentar pun adalah penghargaan, entah komentar baik atau buruk. Penghargaan sebagai apresiasi. :)

    BalasHapus
  18. Penghargaan, ngomongin masalah penghargaan, bener banget tuh, penghargaan engga selalu yang mewah, atau yang paling berharga, penghargaan juga bisa dimulai dalam hal yang paling sederhana dulu.

    misalnya kayak komentar bang erick diatas, itu juga menurut gue penghargaan, tapi lebih sederhana atau lebih mengapresiasikan apa yang kita tulis di blog.

    BalasHapus
  19. Apapun bentuknya, gue sangat terima penghargaan. Nggak diliat dari mahalnya penghargaan, dari bahannya. Berarti intinya, seseorang telah berapresiasi terhadap karya gue:')

    Penghargaan juga jadi pendorong dan penyemangat buat orang yang nerimanya untuk jadi yang lebih baik. Bukan malah puas dengan apa yang diterimanya huehehe.

    BalasHapus
  20. Kayaknya dari artikel ini gue sadar kalau penghargaan itu bukan hal mewah tapi dari hal sederhana aja kita sudah dapat penghargaan. dan itu bener banget hehe.

    BalasHapus
  21. Semua orang butuh penghargaan. Aku pun mengakui kalo penghargaan itu penting buat aku. Suatu hal yang kita kerjakan tanpa mendapat penghargaan terkadang membuatku kecewa. Tapi tidak semua hal bisa mendapatkan penghargaan. Harus ada usaha lebih untuk mendapatkan sebuah penghargaan.

    Ucapan terimakasih juga termasuk pengharaan.

    BalasHapus
  22. sama seperti orang lain juga gue suka dapet penghargaan. itu semacam aktualisasi diri, menjadi merasa 'ada dan dilihat'. begitu kira kira..dan selama menjadi blogger, buat gue penghargaan yang paling cool adalah saat dapetin The blogger of the year dari BE. cuman, kalau pas gagal mungkin namanya bukan penghargaan kali ya..tapi pembasaran hati. saat gagal hati kiita harus besar dan menerima semuanya. Yes, begitu kira kira.

    BalasHapus
  23. Ini lagi ikut giveaway atau endorse produk ya ceritanya? Akhir-akhir gua liat di dunia blog banyak banget ya artikel kayak gini. Anyway dihargai itu memang penting. Seperti kata Joker di film Dark Knight, when you are good at something, never do it for free hahaha

    BalasHapus

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *