Rumah Baca Bangun Cinta

Sejak mengikuti seminar IndonesianYouth Pitstop : Gara-Gara Jadi Relawan aku menjadi tertarik terjun di dunia kerelawanan. Sebenarnya sebelum mengikuti seminar itu aku sudah pernah ngepoin situs indorelawan. Waktu itu gegara ada teman ngajakin buat ikut acara ngajar yang ada di situ tersebut. Apa lacur, pendaftaran sudah ditutup. Karena penasaran, akhirnya aku mencari kegiatan relawan yang lain. Tapi waktu itu karena waktu yang tidak memungkinkan, akhirnya aku hanya mencari-cari tanpa mendaftar kegiatan relawan.

Beberapa hari yang lalu, salah satu temanku yang lumayan aktif berorganisasi di kampus menawarkan tentang salah satu komunitas. Namanya adalah Rumah Bangun Cinta (RBC). Komunitas ini berfokus pada kegiatan pendidikan untuk anak-anak. Termasuk juga menanamkan rasa cinta buku kepada mereka. Agenda rutinnya adalah Hari Sabtu (15.30 - 16.30) dan Minggu (10.00-12.00).

Sebagai anak guru dan punya adik, juga keinginanku untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa, aku akhirnya mendaftar menjadi Relawan Pengajar di RBC. Aku dan teman-teman lain adalah Pengajar Batch 2. Program kerja kami adalah selama tahun ajaran berlangsung. Ini karena fokus kami memang memberikan bantuan pendidikan agar sekolah anak-anak di sekitar lingkungan tersebut bisa lancar. Ditambah dengan membangun minat baca mereka. Rencananya RBC ingin membuat Perpustakaan Mini, buku sudah lumayan banyak tapi masih terkendala tempat. Impianku dengan orangtua ketika masih di kampung halaman adalah membuat Taman Baca di depan rumah sayangnya belum terealisasi. Semoga impianku bisa tercapai di RBC.

Minggu tanggal 14 Mei 2017 adalah First Gathering kami. Kami berkumpul di Plasma PKN STAN. Walaupun bertempat di PKN STAN, relawan tidak hanya mahasiswa PKN STAN. Ada Mahasiswa dari UIN Jakarta, lulusan IPB, bahkan pengajar. Acara di Plasma dibuka oleh Tommy Avif Setiawan yang merupakan Plt. Ketua RBC. Tommy adalah Alumni STAN 2013 yang sedang magang di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pulogadung. Ketua RBC sendiri adalah Amirul Wahid yang juga lulusan STAN dan sedang kerja di BPKP Pusat. Karena Amirul sedang sibuk dengan anaknya, jadi Tommy yang mewakili.

Setelah berkenalan dan penjelasan singkat tentang kegiatan RBC hari itu dan ke depannya, kami berangkat ke lokasi tempat anak-anak berada di Kampung Rengas. Acara mengajar dimulai pukul 10.00 dan kami sudah sampai di lokasi pukul 9.30. Baru saja sampai sudah ada beberapa anak yang mendatangi TPQ yang merupakan tempat kegiatan kami. Agendanya hari ini adalah games dan membuat pembatas buku.

Saat kami sudah di dalam, satu per satu anak mulai masuk. Sebelum acara dimulai kami mencoba berbaur dulu dengan anak-anak karena ini kali pertama relawan pengajar RBC Batch 2 ke sini. Selain kami, ada juga beberapa relawan pengajar RBC Batch 1 dan STAN Mengajar yang membantu. STAN Mengajar sendiri adalah program dari Mahasiswa STAN angkatan 2013. Beberapa relawan ada yang mulai berkenalan dengan anak-anak bahkan ada anak yang mendekati kami. Karena aku bukan orang yang gampang berbaur, awalnya aku tidak berani untuk mendekati mereka. Tapi karena aku tahu harus berbaur agar kegiatan selanjutnya bisa lancar, aku mencoba untuk berbaur. Sempat bingung di awal mau ngapain tapi alhamdulillah bisa kenal beberapa anak.


 Anak-anak di sini kebanyakan SD, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Ada juga beberapa anak yang masih TK. Ketika pukul 10.00, games dimulai. Sebelumnya ada sesi perkenalan pengajar dan anak-anak. Melihat kelucuan mereka ketika memperkenalkan diri menjadi hiburan tersendiri. Karena terdiri dari banyak anak berbagai umur dan karakter, tidak semua mengikuti games. Kebetulan saat games aku duduk di dekat anak TK, Aca kalau gak salah namanya (tolong koreksi ya kalau salah, aku agak susah dalam menghafal nama xD). Aca ini terlihat tidak tertarik dalam games, bahkan saat perkenalan dia tidak mau ikut. Aku tidak tahu apa yang harus dilakukan, akhirnya aku menemani dia ngobrol di situ ketika yang lain lagi asyik bermain.
 

Di agenda awal setelah games ada kegiatan membuat pembatas bukunya, tapi ternyata games baru selesai pukul 11.30. Akhirnya setelah games langsung persiapan Sholat Dzuhur berjamaah. Selesai sholat acara selesai. Sebelum bubar, anak-anak dikasih pemberitahuan kalau minggu depan, tanggal 21 Mei 2017, ada acara Tabligh Ramadhan yang diadakan TPQ tempat kegiatan RBC. Setelah pemberitahuan, kegiatan RBC hari ini selesai.

Seru dan menyenangkan. Walaupun susah mengatur anak-anak karena ini merupakan pengalaman pertamaku, tapi keseluruhan aku menikmatinya. Berbagai tingkah laku mereka jadi hiburan yang menghilangkan stres. Minggu depan kegiatan digabung dengan acara Tabligh Ramadhan dari TPQ, kegiatannya akan lebih seru lagi. Semoga aku bisa konsisten di sini. Banyak hal-hal bermanfaat yang bisa kudapat di sini.

Sampai jumpa minggu depan adik-adik :)
Relawan Pengajar RBC Batch 1&2 + STAN Mengajar

0 Komentar:

Posting Komentar

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *