Pelbagai: Baku atau Tidak?

Tahun ini, pendaftar SPMB PKN STAN berasal dari pelbagai wilayah

Ada kata yang asing di kalimat di atas? Bagi beberapa orang mungkin jarang membaca kata 'pelbagai'. Sisanya malah menganggap 'pelbagai' tidak baku. Apakah kamu salah satunya?

Disadur dari KBBI, pelbagai dikategorikan sebagai numeralia atau kata bilangan yang memiliki arti:
1. berbagai-bagai; beberapa
Contoh: pada musim kemarau timbul kesukaran mendapatkan air di pelbagai tempat
2. beraneka macam; bermacam-macam
Contoh: rangkaian bunga dengan pelbagai warna

Apa bedanya pelbagai dan berbagai? Sebenarnya keduanya bersinonim sehingga kegunaannya dapat saling menggantikan. Namun, tidak semua kalimat berbagai bisa digantikan oleh pelbagai. Contohnya, kata "nikmatnya tiada berbagai" tidak bisa diganti dengan "nikmatnya tiada pelbagai". Kenapa? Jadi begini...

Di atas sudah sempat disinggung perihal pelbagai, di sini akan dibahas mengenai berbagai. Berbagai berasal dari kata 'bagai'. Berbagai dikategorikan menjadi numeralia dan nomina. Dalam numeralia, berbagai memiliki arti "bermacam-macam; berjenis-jenis". Hal ini yang membuat berbagai bisa bersinonim dengan pelbagai. Contohnya seperti disadur dari KBBI adalah:
1. berbagai daya upaya telah dilakukan
2. berbagai cara telah dicoba

Selain numeralia, kata ini juga dikategorikan sebagai nomina yang memiliki arti "mempunyai persamaan; berbanding; bertara". Kata 'berbagai' yang merupakan nomina ini yang tidak bisa digantikan oleh 'pelbagai'.

Lalu, adakah aturan kapan kita menggunakan pelbagai dan berbagai? Seperti yang tadi aku katakan, kedua kata ini bersinonim. Tapi, apabila dilihat dari contoh kalimat di KBBI, kata 'berbagai' digunakan apabila diikuti dengan kata kerja sedangkan kata 'pelbagai' hanya menerangkan kata benda yang bukan merupakan suatu tindakan.

Kesimpulan di atas hanya berdasarkan dari contoh, perlu diingat bahwa keduanya bersinonim sehingga bisa saling menggantikan, kecuali pada kondisi tertentu. Jadi, kalian lebih suka pelbagai atau berbagai?

7 Komentar

Wah baru kepikir.. Makasih ulasannya kak

Nambah ilmu baru, makasih sharingnya, Mas..
AKu sendiri suka berbagai :D

Iyap, sama-sama. Wah, lebih suka berbagai ya mas :D

wah ke sini jadi dapat ilmu baru lagi dari perbedaan antara berbagai dengan pelbagai. Malah gue sebelumnya nggak tau tentang pelbagai itu lho. dia tapi ga lazim juga dipakai di sehari hari ya.

Pelbagai sudah sering dengar dulu, malah yang numeralia yang baru bngat, baru tahu setelah baca blog ini

kebetulan, lagi baca buku barunya dewi dee lestari yang aroma karsa. di buku itu beberapa kali digunakan kata pelbagai, kemarin gue sempet cari tau juga perihal pelbagai. Kalau gue sih lebih nyaman berbagai, pelbagai mungkin.. buat 'pamer' ke temen aja biar tercengang :)

IBX59EADF1D9DDBB

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Ikuti lewat Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *