Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Tips Berikut Agar Tidak Salah Pilih Digital Marketing Agency

Tips Memilih Digital Marketing Agency Jakarta Terbaik & Terpercaya
Pengguna aktif media sosial di Indonesia berada di angka 167 juta pada Januari 2023, jumlah ini setara dengan lebih dari setengah total penduduk Indonesia. Inilah alasan digital marketing agency Indonesia saat ini menjamur, banyak yang menawarkan jasa pemasaran digital untuk memasarkan bisnis agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Digital marketing agency merupakan perusahaan yang mengakomodasi jasa pemasaran digital mulai dari perencanaan sampai implementasi termasuk mengelola kegiatan pemasaran tersebut. Agensi digital ini memiliki tim berpengalaman dan ahli di bidangnya sehingga tujuan pemasaran bisnis dapat tercapai.

Tapi demi dapat mencapai pasar yang lebih luas, perlu pemasaran digital yang efektif dan efisien. Walaupun memang banyak pengguna sosial media belakangan ini, tidak ada jaminan bahwa dengan melakukan pemasaran digital maka makin banyak yang mengetahui bisnis kita. Agensi terpercaya untuk digital marketing di Indonesia harus mempunyai keahlian dan pengalaman yang cukup.

Menjamurnya agensi digital di Indonesia membuat kita harus memilih yang sesuai dengan kualifikasi bisnis perusahaan. Beberapa tips memilih digital marketing agency terbaik & terpercaya agar tidak salah pilih adalah: 

Mengerti Kebutuhan Pemasaran

Sebelum memasarkan produk, perlu dipahami dulu tujuan dari produk tersebut dipasarkan. Apakah yang ingin ditingkatkan adalah brand awareness, traffic website, follower sosial media, atau peningkatan penjualan?

Tiap tipe tersebut memiliki strateginya sendiri-sendiri, kalau ingin brand awareness maka tidak serta merta akan meningkatkan penjualan. Pemilihan Kebutuhan pemasaran yang tepat akan membuat kita dapat memilih digital agency Indonesia lebih mudah.

Misalnya sebuah brand di Jakarta ingin meningkatkan brand awareness, maka dapat mencari digital marketing agency Jakarta yang mahir dalam hal tersebut. Bagaimana melihat suatu agensi digital seperti agensi digital di Jakarta yang dapat dipilih? 

Mengecek Portofolio Jasa Digital Agency

Agensi pemasaran digital di Jakarta dan jasa digital lainnya pasti mempunyai portfolio yang bisa dilihat oleh calon klien. Jangan hanya melihat kuantitas dari portfolio digital agency, pun kalau dari kualitas.

Hal penting yang perlu dilihat saat mengecek portfolio adalah karakteristik digital agency. Apakah karakter dari marketing yang mereka lakukan sesuai dengan Kebutuhan pemasaran yang kita inginkan? Banyak digital agency Indonesia terpercaya tapi perlu diperhatikan lagi apakah sesuai dengan profil bisnis kita. Ini sangat menentukan suksesnya suatu marketing. Selain itu, perlu juga dilihat hasil kerja digital agency tersebut apakah memberikan dampak positif terhadap klien mereka. 

Membandingkan Layanan dan Harga 

Tiap digital agency Indonesia memiliki berbagai paket layanan, harga yang ditawarkan pun berbeda-beda. Sebelum memilih digital agency harus membandingkan layanan dan harga di tiap agency. Perlu pula diperhatikan harga wajar di layanan yang kita inginkan.

Ini bukan sekadar untuk mendapatkan harga yang sepadan dengan layanan yang diberikan, namun juga batas minimal harga yang harus diberikan kepada agency. Ini untuk membangun ekosistem yang sehat antara penyedia jasa dan penggunanya. Secara tidak langsung hal ini akan menciptakan digital agency yang berkualitas dari harga layanan yang wajar.

Cek Tim Agency

Memilih tim yang tepat untuk digital marketing agency Indonesia
Bagian dalam agency yang harus diperhatikan selain portfolio adalah susunan tim di dalamnya. Setelah menentukan beberapa calon agency yang dirasa tepat, perlu dilihat bagian tim yang ada pada agency tersebut.

Tim yang ahli dan berpengalaman tentunya faktor kunci keberhasilan suatu agency. Pengecekan tim dapat dilihat pada portfolio, website, atau sosial media dari agency tersebut. Perlu dilihat pula dari portfolio apakah tim yang mengerjakan portfolio yang sesuai dengan karakteristik kita masih berada pada agency tersebut atau tidak. Kalau ternyata tidak, apakah penggantinya memiliki karakteristik yang sama atau tidak. Kedua hal tersebut penting agar nantinya hasil pekerjaan yang diberikan sesuai dengan yang kita harapkan.

Perhatikan Reputasi Baik Agency

Selain dari portfolio, reputasi agency juga penting sekali untuk dilihat. Mempertimbangkan reputasi agency juga menjadi faktor keberhasilan marketing yang akan dilakukan. Reputasi dapat dilihat pada review pelanggan di website, forum, atau sosial media.

Salah satu agency dengan reputasi baik adalah Redcomm digital marketing agency Indonesia dengan 5x Gold winner. Reputasi yang baik dari Redcomm didapatkan dengan pengalaman menjadi agency 20 tahun yang lalu.

Redcomm sudah membantu lebih dari 500 brand dengan memenuhi 99% KPI yang diberikan oleh klien. Digital agency dengan reputasi baik seperti Redcomm yang harus dicari agar dapat memberikan yang terbaik dalam marketing. 

Perhatikan Ketentuan Kontrak

Kontrak yang baik untuk agensi pemasaran digital di Jakarta
Setelah memilih agency yang tepat, pastikan untuk memahami kontrak kerja yang dibuat antara kedua belah pihak. Kontrak ini biasanya meliputi layanan yang diberikan dan jangka waktu kerja termasuk juga biaya layanan.

Detail kesepakatan lain juga perlu diperhatikan agar ketika nanti kinerja yang diberikan tidak sesuai harapan kita dapat melakukan klaim atas kerjasama yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal. Jangan sampai karena tidak memperhatikan detail, ketika kerjasama tidak berjalan seharusnya kita tidak mendapatkan haknya karena tidak tercantum dalam kontrak yang ditandatangani.

Di era digital bukan hanya marketing yang berubah, cara mencari penyedia jasa marketing juga tidak lagi sama. Banyak jalur yang bisa digunakan untuk mencari referensi dengan adanya internet. Tidak perlu buru-buru untuk menentukan digital marketing agency Indonesia yang sesuai.

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

18 komentar untuk "Simak Tips Berikut Agar Tidak Salah Pilih Digital Marketing Agency"

  1. Saat ini bidang pemasaran makin penting agar bisnis yang dijalankan terus berkembang dan sukses. Tapi memilih pelaku untuk ekseskusi pasar memang butuh banyak pertimbangan.

    BalasHapus
  2. Trims tipsnya untuk memilih digital marketing agency. Selain harga, reputasi juga penting banget yah. Supaya engga kapok dan tetap jadi langganan..

    BalasHapus
  3. Pilih digital marketing agency emang jangan cuma tergiur harganya yang murah ya, tapi juga reputasinya. Jangan sampai maunya hemat, eh ternyata nggak sesuai target yang sudah ditetapkan. Kan kecewa jadinya

    BalasHapus
  4. Kalau mau menentukan digital marketing memang harus mau meluangkan waktu untuk mencari tahu semua itu. Tak hanya mencari rekomendasi tapi juga menjawab berbagai pertanyaan tentang benarkan ini yang paling tepat. Terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, mesti jeli dan menyediakan waktu buat memperoleh informasi selengkapnya, supaya dapat hasil yang sesuai diharapkan. Dan agar tak ada kekecewaan di belakang

      Hapus
  5. Harus teliti ya urusan jasa marketing ini, sehingga sesuai harapan dalam memasarkan produk secara digital yang tepat sasaran. Dan bisa andalkan Redcomm

    BalasHapus
  6. Digital marketing agency harus bisa selarans dengan tujuan dari UMKM, harus bisa menjalankan kebutuhan sesuai dengan tujuan, UMKM bisa lebih maju da berhasil Go Digital

    BalasHapus
  7. Sudah 20 tahun? Wow hebat nih Redcomm bertahan dan pasti sudah banyak dipercaya jadi tetap berjaya hingga kini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya loh...aku pun baru tahu kalau Redcomm udah 20 tahun. Perlu digalakkan juga nih digital marketingnya. Salah satunya melalui artikel ini...

      Hapus
  8. Pilih digital agency untuk perusahaan kita ga boleh asal. Harus bandingin harga, layanan dan jangan lupa baca kontrak juga. Apalagi ada banyak digital agency di masa sekarang ini

    BalasHapus
  9. Pilih-pilih digital marketing kudu teliti ya kak, apalagi saat ini semua sudah serba digital harus lebih waspada ya

    BalasHapus
  10. Tipsnya keren! Makasih mas kasih masukan buat yang sering cari agency, bisa untuk bahan pertimbangan nih.

    BalasHapus
  11. bener banget, semakin derasnya pengguna sosmed, juga membuka peluang lapangan kerja agen didital marketing. Digital agency juga ikut bertumbuh. jadi memang harus selektif juga dalam memilih digital agency

    BalasHapus
  12. Yap, kita memang perlu tahu terlebih dahulu tujuan kita apa agar mendapat hasil yg maksimal lewat digital marketing. Dari situ, kita bisa milih kira2 mau pakai strategi apa dan cocoknya pakai jasa digital agency yg mana 😆

    BalasHapus
  13. Mantab sekali, sebagai anak ex agency saya jadi terpanggil rasanya. Jangan lupa pastikan KPI-nya sesuai dengan goals kita yaa

    BalasHapus
  14. Di era digital bukan hanya marketing yang berubah, cara mencari penyedia jasa marketing juga beda. Banyak jalur yang bisa digunakan untuk mencari referensi dengan adanya internet, tinggal pilih yaa...

    BalasHapus
  15. Wah Redcomm sudah 20 tahun berkecimpung di industri ini dan dekat dengan awal boomingnya internet ya, Ini menunjukkan visi yang kuat karena mereka telah memikirkan tentang digital marketing sejak dulu. Ilmu marketing memang dinamis, terutama dalam konteks bisnis.

    BalasHapus
  16. Digital marketing agency di Indonesia bisa jadi ada banyak pilihan, tetapi untuk mendapatkan yang terbaik tentu tak boleh melewatkan apa yang jadi pertimbangan, ya, Kak.

    BalasHapus