Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Live Interaktif di Dunia Pendidikan

Era digital banyak mengubah kebiasaan manusia, semua yang awalnya serba fisik menjadi digtal. Belanja kebutuhan sehari-hari tidak harus datang ke toko, malah kurir yang langsung mengantar barang tersebut tepat di depan pintu rumah. Membayar tagihan sehari-hari tidak harus antri di loket, cukup klik di gawai, semuanya sudah lunas dalam hitungan detik.

Layanan Digital Pendidikan

Digitalisasi pendidikan juga banyak mengubah proses belajar mengajar, apalagi saat pandemi yang membatasi interaksi fisik membuat belajar secara digital makin marak. Bukan hanya di sekolah, bimbingan belajar (bimbel) juga banyak yang menyediakan layanan secara digital, salah satunya dengan konsep live interaktif. 

Apa Itu Belajar Live Interaktif?

Konsep live interaktif adalah sebuah metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi teknologi video conferencing. Metode ini dapat memberikan proses belajar layaknya tatap muka yang memungkinkan guru dan siswa untuk saling berinteraksi secara langsung. Metode ini sekarang makin familiar sejak adanya pembatasan sosial saat pandemi sedang berada di puncaknya. 

Dampak Digitalisasi Dunia Pendidikan dengan Belajar Live Interaktif

Hadirnya konsep live interaktif dalam digitalisasi dunia pendidikan memberikan berbagai dampak bagi pendidikan Indonesia, diantaranya:

Mempermudah Akses Pendidikan

Live interaktif menghilangkan batas baik bagi siswa maupun guru untuk akses pendidikan. Sekarang semuanya dapat terlibat aktif untuk menuntut ilmu tanpa terhalang oleh jarak dan waktu, tidak hanya satu arah tapi dua arah. 

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Digitalisasi Pendidikan membuat ilmu yang didapat menjadi lebih luas karena sumber yang tersedia makin banyak, ini tentunya membuat kualitas pembelajaran meningkat. Siswa dapat lebih komprehensif memahami materi ketika bisa mendapatkan ilmu dari berbagai sudut pandang, apalagi dengan adanya diskusi dua arah. 

Meningkatkan Partisipasi Siswa

Siswa sekarang lahir dari lingkungan yang terpapar teknologi sejak kecil, adanya proses pembelajaran live interaktif dapat menjadi pemicu bagi siswa yang aktif tapi ragu untuk bertanya di kelas. Bisa jadi mereka lebih nyaman ketika bertatap muka melalui layar dan lebih lepas dalam menyampaikan pendapat atau menanyakan sesuatu. Ini tentunya pada akhirnya meningkatkan partisipasi siswa dan membangun suasana diskusi menarik di lingkungan kelas. 

Belajar Bersama Sinotif

Salah satu bimbel yang bisa dijadikan referensi untuk pembelajaran dengan konsep live interaktif adalah Sinotif, bimbel live interaktif yang sudah berdiri sejak 25 Maret 2020. Sinotif menjadi bimbel yang fokus kepada bimbel matematika, fisika dan kimia. Seperti namanya, Sinotif menekankan pada konsep live dan interaktif sehingga siswa dapat merasakan pembelajaran layaknya tatap muka.

Sinotif sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun membantu 35.629 siswa dengan kurikulum nasional, nasional plus & internasional (Cambridge, IB, HSC). Orangtua siswa tidak perlu lagi khawatir karena perkembangan belajar siswa dimonitoring dan dilaporkan setiap belajar. Selain itu, konsep live dan interaktif menjadikan siswa dapat dibimbing secara personal sesuai dengan Kebutuhan dan karakter masing-masing.

Pembimbing Sinotif merupakan guru-guru spesialis matematika, fisika, dan kimia sehingga dapat dipastikan modul yang dibuat lengkap sesuai Kebutuhan siswa. Siswa dapat bertanya soal/PR, memperdalam materi, dan Latihan soal kapan saja selama 24 jam dimanapun.

Layanan Sinotif dibagi menjadi beberapa tipe, berikut perbandingannya:

Diamond Platinum Gold Silver
- Live interactive
- 1 kelas 1 siswa
- Privat Belajar sesuai kebutuhan
- 1 pertemuan 90 menit
- Matematika, fisika, kimia
- Nas dan inter
- Tryout secara berkala
- Bisa memilih jadwal yang tersedia
- Exclusive
- Live interactive
- 1 kelas 3-5 siswa
- Semi privat
- Masing-masing belajar sesuai kebutuhan
- 1 pertemuan 90 menit
- Matematika, fisika, kimia
- Nas dan inter
- Tryout secara berkala
- Bisa memilih jadwal yang tersedia
- Premium service
- Live interactive
- 1 kelas 6-15 siswa
- Belajar berkelompok
- Variasi kelas dan materi yang sama
- 1 pertemuan 90 menit
- Matematika, fisika, kimia
- Kurikulum nasional
- Tryout secara berkala
- Jadwal tetap
- Regular service
- Interactive
- Bebas pilih kelas
- Belajar mandiri
- Penanganan personal dan belajar sesuai kebutuhan
- 1 pertemuan 90 menit
- Matematika, fisika, kimia
- Nas dan inter
- Tryout secara berkala
- Bebas pilih jadwal
- Regular service

Belajar secara makin mudah, orangtua siswa yang ingin memberikan pendidikan terbaik bagi anaknya dapat memilih bimbel live interaktif seperti Sinotif yang sudah terbukti puluhan tahun. Siswa dapat tetap mendapatkan yang terbaik karena diskusi tetap terbangun dua arah. Guru pun dapat mengajar sesuai dengan Kebutuhan siswa dengan adanya konsep live interaktif ini.

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

4 komentar untuk "Dampak Live Interaktif di Dunia Pendidikan"

  1. Layanan pembelajaran di Sinotif lumayan beragam juga ya. Kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing untuk untuk mendapatkan akses pembelajaran yang interaktif

    BalasHapus
  2. Sinotif ini keren lo. Selain pengajarnya sudah profesional, metode pengajarannya juga interaktif. Belum lagi bisa disesuaikan sama kebutuhan siswa. Kalau metode dan pengajarnya kaya gini, siswa pun jadi semangat belajar. 🫰

    BalasHapus
  3. Sinotif ada di semua wilayah Indonesia? Eh, ini semua online ya? Live interaktif itu perlu siswa yang sudah mandiri belajar biar asyik. Mantaf nih sinotif

    BalasHapus
  4. Para pelajar pasti senang dengan metode seperti ini😍

    BalasHapus