Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengoptimalkan Potensi melalui Lembaga Pelatihan Karyawan

QuBisa adalah Lembaga Pelatihan Karyawan
Jumlah pencari kerja semakin banyak, apalagi di Indonesia yang akan memasuki bonus demografi beberapa tahun lagi. Ini bukan hanya perlu diperhatikan oleh sesama pencari kerja, karyawan yang sudah bekerja pun harus paham bahwa ini akan mempengaruhi mereka. 

Makin banyak pencari kerja artinya perusahaan punya banyak pilihan untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Perkembangan teknologi mengharuskan perusahaan mencari sumber daya manusia (SDM) yang memahami dan bahkan dapat mengembangkan teknologi yang ada. Karyawan yang tidak ambil bagian dalam perkembangan zaman bisa saja tergeser atau malah tersingkir oleh orang baru yang lebih memahami teknologi. 

Inilah pentingnya untuk mencari lembaga pelatihan karyawan. Disrupsi teknologi memaksa karyawan untuk terus berkembang. Di sisi lain perusahaan juga harus menyediakan pelatihan dan pengembangan SDM bagi para karyawannya seperti program upskill untuk karyawan agar tujuan utama perusahaan tercapai dan dapat bersaing di era sekarang. 

Pentingkah Lembaga Pelatihan Karyawan?

Banyak isu beredar bahwa robot akan menggantikan manusia dalam berbagai aspek kehidupan, apakah ini juga berlaku bagi karyawan? Pada beberapa divisi perusahaan, otomasi meningkatkan produktivitas perusahaan. Misalnya pada bagian gudang, saat ini banyak teknologi untuk memudahkan penghitungan stok barang seperti barcode atau RFID menggantikan penghitungan manual karyawan gudang. Apakah artinya tidak perlu karyawan gudang? Tentu tidak.

Karyawan yang dulunya bertugas menghitung stok barang secara manual, sekarang menjadi operator RFID atau analis data. Inilah pentingnya training karyawan atau pelatihan SDM pada perusahaan agar karyawan dapat mengembangkan kreativitas dalam membuat inovasi dan meningkatkan daya saing. Teknologi hadir untuk memudahkan pekerjaan manusia dan agar dapat berjalan dengan baik tentunya perlu ada manusia yang memprogram mereka. Pelatihan dan pengembangan SDM adalah investasi jangka panjang yang harus disipakan perusahaan untuk memastikan mereka memiliki SDM yang terampil dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Peran Lembaga Pelatihan Karyawan

Menambah ilmu di lembaga pelatihan karyawan
Lembaga pelatihan karyawan memainkan peran kunci dalam pengembangan SDM perusahaan. Perkembangan teknologi mengharuskan karyawan belajar hal-hal baru sekalipun sudah terbiasa dengan pekerjaan kantor. Disinilah lembaga pelatihan karyawan hadir menyediakan berbagai jenis pelatihan dan pengembangan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Lembaga-lembaga ini mempunyai sumber daya, pengalaman, dan keahlian untuk memberikan pelatihan yang efektif kepada karyawan perusahaan. 

Lembaga pelatihan karyawan menyediakan pelatihan karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ini membuat perusahaan dapat mendapatkan pelatihan yang spesifik untuk industri atau sektor tertentu, memastikan bahwa karyawan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan.

Pelatihan dan Pengembangan SDM tak Hanya Teknis

Pelatihan karyawan tidak memiliki berbicara tentang memberikan keterampilan teknis, tetapi juga tentang mengembangkan SDM secara keseluruhan. Ini mencakup aspek-aspek seperti kepemimpinan, komunikasi, manajemen waktu, dan kemampuan interpersonal. Pengembangan SDM adalah langkah penting dalam mempersiapkan karyawan untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar dalam perusahaan.

Saat ini digitalisasi sudah ada dimana-mana, sangat jarang terlihat dokumen kertas, semuanya sudah melalui gawai. Bahkan meterai sudah punya e-meterai dan tanda tangan digital sudah menjadi hal umum. Ini artinya karyawan tidak lagi berkutat menjaga dokumen fisik agar aman, itu sudah dilakukan oleh teknologi. Manusia harus lebih banyak berpikir kritis dan analitis untuk memaksimal fungsi otaknya, seperti memikirkan cara agar otomasi yang ada bisa lebih efektif dan efisien ke depannya. Inilah alasan pelatihan karyawan tidak hanya tentang teknis, namun aspek-aspek pada diri manusia yang tidak ada pada robot.

Dulu pelatihan kepemimpinan, pelatihan komunikasi efektif, dan pelatihan manajemen konflik hanya diberikan kepada pimpinan, padahal semua ini adalah keterampilan yang sangat berharga untuk karyawan dalam memajukan karier mereka dan memberikan kontribusi yang lebih besar kepada perusahaan. Apalagi di era disrupsi yang mengharuskan semua level karyawan bekerja dengan memaksimal kemampuannya.

Meningkatkan Kapabilitas melalui Program Upskill untuk Karyawan

Bagaimana lembaga pelatihan karyawan membuat karyawan naik kelas? Program upskill jawabannya. Program upskill untuk karyawan merupakan program yang memberikan karyawan keterampilan tambahan atau meningkatkan keterampilan yang sudah mereka miliki. Ini memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi dan tren industri yang terus berkembang.

Beragam program upskill bootcamp di QuBisa
Program upskill dapat berupa pengenalan keterampilan digital, pemahaman teknologi terbaru, atau bahkan pengembangan keterampilan khusus yang dibutuhkan oleh perusahaan. Program-program ini dirancang untuk memastikan bahwa karyawan tetap relevan dan kompetitif dalam dunia kerja yang terus berubah. Salah satu lembaga pelatihan karyawan yang dapat dipilih adalah QuBisa. QuBisa merupakan platform pelatihan karyawan nomor 1 dengan berbagai keunggulan. Banyak kategori yang dapat dipilih dari QuBisa, diantaranya: 
  • Bootcamp (belajar intensif siap kerja)
  • Webinar (belajar langsung dengan instruktur)
  • Milennial success (kemampuan leadership)
  • Digital skill (pengembangan digital)
  • Artikel (berita terbaru & berbagai tips)
  • Micro learning (pembelajaran praktis dengan video pendek)
  • Kursus (belajar menjadi ahli, akses seumur hidup)
  • Prakerja (belajar sampai jadi ahli dengan kelas prakerja)
  • Sales & marketing (mempelajari business & finance)
  • Bisnis & keuangan (siap menjadi sales & marketing andal)
  • Human Resource (siap jadi HR andal dengan berbagai artikel)
  • Bahasa (best class language)
  • Paket kursus (belajar menjadi ahli, akses seumur hidup)
  • Pengetahuan umum (mempelajari seputar pengetahuan umum)
Kelebihan QuBisa adalah proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Aplikasi QuBisa dapat diakses melalui gawai masing-masing karyawan. Karyawan melalui ponsel pintarnya dapat mengunduh Aplikasi QuBisa untuk iOS atau Aplikasi QuBisa untuk Android. Bagi pencari kerja dapat mengikuti Bootcamp yang diadakan oleh QuBisa untuk dapat belajar secara insentif sehingga nantinya dapat siap kerja dan bersaing di tempat kerja.

QuBisa juga menyediakan banyak artikel upskilling yang bisa dibaca untuk menambah pengetahuan agar tetap bisa beradaptasi di dunia kerja. QuBisa menyediakan PoinQu yang bisa dikumpulkan setiap kegiatan yang ada untuk ditukarkan menjadi voucher potongan kelas. Setiap pelatihan yang ada di QuBisa juga disertakan sertifikat ketika selesai sebagai bukti bahwa karyawan sudah sah memahami pengetahuan yang diajarkan.
 
Perusahaan tentunya memerlukan pelatihan karyawan berupa aplikasi training yang akan sangat berguna bagi karyawan. QuBisa merupakan salah satunya dengan berbagai manfaat diantaranya:
  • Penghematan biaya karena pelatihan dilakukan secara daring yang mengurangi ongkos akomodasi dan transport
  • Kemudahan pembelajaran karena dengan QuBisa karyawan dapat belajar dimanapun dan kapanpun
  • Standarisasi kemampuan karena QuBisa diisi oleh mentor yang ahli di bidangnya sehingga skill yang dilatih akan sesuai dengan standar di lapangan
Itulah beberapa keunggulan QuBisa sebagai platform pelatihan karyawan nomor 1 yang bisa dipilih oleh perusahaan untuk meningkatkan kemampuan karyawannya.
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

24 komentar untuk "Mengoptimalkan Potensi melalui Lembaga Pelatihan Karyawan"

  1. wah insight menarik, mau aku kasih ke suami yang suka ngasih pelatihan ke temen2 kantornya juga lewat online gitu. ternyata ada ya aplikasi Qubisa ini :)

    BalasHapus
  2. Kubisa, Qubisa. Saya pasti bisa. Maka sesungguhnya, klo karyawan mau mengoptimalkan potensi sehingga maksimal kinerjanya, sudah ada dukungsn dari Qubisa.

    BalasHapus
  3. Setelah baca artikel ini jadi tahu tentang aplikasi Qubisa ini. Upskill memang penting sekali, walau sudah jadi karyawan, tidak boleh lupa untuk investasi ke diri sendiri. Terima kasih ulasannya ya!

    BalasHapus
  4. Kalau udah seperti Qubisa untuk karyawan pasti skillnya bisa meningkat nih. Yang penting sih semangat bisa makin bisa meningkat hasil kinerjanya juga

    BalasHapus
  5. Super kreatif. menangkap sebuah peluang usaha itu adalah insting bisnis mansia yang sudah mulai mengakar jiwa wira usahanya. dan tidak semua pengusaha memiliki jiwa sperti ini.
    QuBISA sebagai sebuah lembaga pelatihan Karyawan. dari namanya saja sudah unik dan kreatif.
    like this boskuh
    salam budaya
    wahono secret

    BalasHapus
  6. Upskill yang berkesinanambungan akan meningkatkan produktifitas dan kreativitas dalam bekerja.

    BalasHapus
  7. Menarik nih berkunjung ke blog Coretan Rifqi. Apalagi membaca artikel tentang lembaga pelatihan karyawan. Memang betul bahwa pelatihan bagi karyawan bukan hanya sisi teknis saja, tapi juga aspek-aspek internal seperti kepemimpinan juga sangat penting.

    BalasHapus
  8. Ini namanya peningkatan skill. Kalau semua pemimpin punya nalar seperti ini, dipastikan berhasil dan sukses nih perusahannya.

    BalasHapus
  9. Ada banyak cara buat upskill karyawan salah satunya dari aplikasi QuBisa. Setelahnya, perusahaan ga akan rugi deh ke depannya.

    BalasHapus
  10. Memang penting sekali ya kak upgrade skill karyawan. Terutama bagi yang perusahaan nya berjalan sustainable. Pakai Qubisa menarik juga ya

    BalasHapus
  11. Artikel ini memberikan wawasan yang sangat baik tentang pentingnya pelatihan karyawan dalam era di mana teknologi dan perkembangan industri terus berubah. Semakin banyak pencari kerja dan pesaing yang kuat di dunia kerja, sehingga penting bagi perusahaan untuk memastikan bahwa karyawan mereka terus meningkatkan keterampilan mereka.

    Penjelasan mengenai peran lembaga pelatihan karyawan sangat informatif. Lembaga-lembaga ini memainkan peran penting dalam mengembangkan SDM perusahaan. Mereka memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, dan ini sangat penting untuk memastikan bahwa karyawan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan industri atau sektor tertentu.

    Selain itu, penekanan pada pengembangan keterampilan non-teknis seperti kepemimpinan, komunikasi, dan manajemen waktu adalah tambahan yang sangat baik. Semua karyawan, tidak hanya pimpinan, harus memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan ini agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar kepada perusahaan.

    Pengenalan konsep "upskill" juga sangat relevan. Program upskill memberikan karyawan peluang untuk memperbarui dan meningkatkan keterampilan mereka, yang sangat penting dalam dunia kerja yang terus berubah.

    Selain itu, penjelasan tentang QuBisa sebagai platform pelatihan karyawan juga sangat informatif. Ini memberikan solusi konkret dan bermanfaat untuk perusahaan yang ingin meningkatkan kemampuan karyawan mereka. Penjelasan tentang fitur dan manfaat QuBisa membantu memahami mengapa ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk pengembangan SDM di perusahaan.

    Artikel ini memberikan pemahaman yang kuat tentang betapa pentingnya pelatihan karyawan dalam menghadapi tantangan di era digitalisasi dan perkembangan teknologi. Terima kasih atas berbagi informasi yang sangat berharga!

    BalasHapus
  12. Menarik juga nih QuBisa, biasanya saya tau hanya lembaga pelatihan yang teknis aja, ternyata ada juga lembaga pelatihan non teknis.

    BalasHapus
  13. Boleh juga nih aku rekomendasikan Qubisa ini ke HRD di kantor biar next-nya pelatihan karyawan bisa di Qubisa aja biar nanti semuanya jadi bisa yekaann....

    BalasHapus
  14. Perkembangan teknologi mengharuskan karyawan belajar hal-hal baru sekalipun sudah terbiasa dengan pekerjaan kantor, ini bener banget. Dan kerennya skrg ada pelatihan skill via aplikasi, jadi lebih mudah.

    BalasHapus
  15. siapapun sangat penting untuk meningkatkan skill kita di bidang yang digeluti. Terlebih untuk karyawan dan penambahan skillnya adalah hal hal yang menunjang dalam efisiensi pekerjaannya. Saya sangat sepakat dengan kemampuan yang harus upgrading

    BalasHapus
  16. Intinya adalah terus belajar dan selalu berusaha mengupgrade diri dan skill kita, karena jaman terus berubah. Jika kita tidak mengikuti jaman dan tidak mau terus belajar, merasa puas diri akan tertinggal dengan yang lain. Tertarik juga untuk mencoba aplikasi Qubisa ini. Nice post.

    BalasHapus
  17. Terus terang aja, aya tidak begitu suka menjadi karyawan. Ya mungkin karena faktor waktu menjadi tidak fleksibel lagi, jadi saya lebih memilih buka usaha sendiri. Tapi sebagai pengusaha, saya selalu berusaha mencari karyawan yang punya skill juga, terlebih mereka pernah ikut pelatihan. Jadi buat yang mau melamar pekerjaan, cocok banget info ini buat dipelajari lebih lanjut!

    BalasHapus
  18. dengan begini jadi lebih memudahkan buat perusahaan untuk meningkatkan skill pekerja sehingga siap untuk menempatkan mereka pada posisi yang sesuai

    BalasHapus
  19. amat sangat penting ini meningkatkan skill karyawan, kalau mau karyawannya semakin profesional dan semangat. Karena dunia semakin maju, kalau kita sendiri yang nggak upgrade skill, siapa lagi coba.

    BalasHapus
  20. Salah satu syarat penting untuk perusahaan dapat maju, ya dengan memberikan fasilitas pengembangan skill untuk karyawannya. Selain bantu mereka dapatkan kesempatan untuk melihat jenjang karir yang lebih baik, perusahaan jadi lebih meningkat produktivitasnya.

    BalasHapus
  21. Membangun sumber daya manusia yang berkualitas tentunya menjadi tanggung jawab bersama. Perusahan dan instansi-instansi pemerintahan pasti ingin punya karyawan yang berdedikasi tinggi dengan kemampuan yang baik. Mantap nih QuBisa, menangkap peluang sesuai kebutuhan. Semoga sukses selalu

    BalasHapus
  22. QuBisa emang pelayanan pelatihan pengembangan SDM yang mumpuni untuk membekali menghadapi situasi pekerjaan. Banyak hal termasuk Human Resource yang membuat peserta pelatihan siap jadi HR andal.

    BalasHapus
  23. Keunggulan QuBisa dengan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja akan memudahkan karyawan dan perusahaan, maka tak heran QuBisa menjadi pelatihan karyawan nomor 1 yang bisa dipilih oleh perusahaan untuk meningkatkan kemampuan karyawannya

    BalasHapus
  24. Aku sempet ikut Public Speaking di Qubisa. Mayan dapet pencerahan sih. Walaupun sehari-hari kerjanya ngajar, tetep dong harus upskill kompetensi.
    Kepoin lagi ah Qubisa, siapa tahu ada pelatihan lain yang mendukung sebagai bloger.

    BalasHapus