Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Produk Bisnis Online untuk Pemula

Seseorang sedang menatap laptop untuk mengetahui Cara memulai bisnis online tanpa modal untuk pemula
Era digitalisasi ini membawa banyak perubahan terhadap kehidupan sehari-hari. Bila dulu gawai hanya sebagai pelengkap dan menjadi Kebutuhan tersier, saat ini rasanya akan lebih memilih untuk tidak membawa dompet daripada ponsel pintar kalau bepergian. Ini karena semuanya sudah ada di gawai, dompet pun sudah disediakan sehingga tidak perlu takut tidak bisa membayar apapun. Apalagi adanya QRIS membuat pedagang kaki lima saja sudah menerima transaksi nontunai.

Adanya digitalisasi juga membawa bisnis ke arah baru, bisnis online sudah menjamur di berbagai tempat. Orang-orang bisa mendapatkan cuan hanya dari rumah. Pembeli di sisi lain juga tidak perlu repot-repot keluar rumah, mulai dari memilih barang, membayar, sampai menerima semuanya dilakukan dari rumah saja, memudahkan banyak pihak. 

Namun banyaknya bisnis online yang ada membuat kita harus memutar otak mencari ide bisnis online yang dapat bersaing di Tengah banyaknya bisnis online yang ada. Banyak bisnis online tanpa modal yang bisa dijadikan awal, tapi bagaimana cara bisnis online tersebut dimulai? 

Cara bisnis online dapat sukses ada banyak caranya. Bisnis online untuk pemula bukan hal yang susah harusnya, toh kita pasti sudah sering berbelanja online kan? Bisnis online dan belanja online adalah hal yang mirip. Salah satu hal penting dalam mencari ide bisnis online adalah menentukan produk yang akan dijual. 

Ide Produk Bisnis Online untuk Pemula 

Tas sebagai salah satu produk untuk ide bisnis online
Cara memulai bisnis online dapat dilakukan dengan mencari produk yang tepat. Saat ini ada banyak sekali produk yang dijual di bisnis online, mulai dari Kebutuhan sampai keinginan. Apa saja dijual, jadi bisa dibilang bisnis online tanpa modal bukan hal yang mustahil, apa saja bisa dijual. Tapi sebelum kesana, kita lihat dulu produk apa saja yang dapat dijadikan ide bisnis online untuk pemula. 

Produk Tren 

Cara bisnis online dapat sukses adalah dengan penjualan yang tinggi, bagaimana agar hal tersebut terjadi? Salah satunya dengan menjual produk yang sedang tren. Produk tren dapat membuat penjualan yang tinggi tanpa harus promosi besar-besaran. 

Hal ini juga dapat dibilang menjual produk tren merupakan bisnis online tanpa modal atau paling tidak minim modal, karena modal untuk promosi tidak perlu terlalu tinggi. Tapi, kekurangan bisnis ini adalah tren yang terus berubah-ubah. Kita harus peka terhadap kemungkinan tren di masa depan agar dapat mempersiapkan produk-produk yang akan tren. Selain itu, tren biasanya tidak bertahan lama sehingga harus siap untuk berganti-ganti produk jualan. 

Produk Keluarga 

Produk lain yang punya jumlah transaksi besar adalah produk keluarga, contohnya pakaian keluarga (ayah, ibu, anak), aksesoris ibu dan anak, dan mainan. Produk-produk ini sudah pasti dibutuhkan banyak orang, karena keluarga akan selalu ada. Apalagi dengan adanya bonus demografi, maka akan banyak keluarga-keluarga baru yang membutuhkan barang-barang di atas. Ini dapat menjadi salah satu potensi untuk bisnis online.

Selain berjualan, dapat pula dimulai dengan penyewaan barang-barang untuk bayi. Bayi sangat cepat berkembang dan saat ini mulai banyak keluarga yang berpikir untuk menyewa Kebutuhan bayi alih-alih membeli untuk menghemat biaya, ini dapat menjadi potensi cara memulai bisnis online untuk pemula karena tidak memerlukan banyak barang untuk dijual, hanya perlu beberapa karena sewa bisa dilakukan berulang kali. 

Barang Hobi

Bisnis online dengan tipe long tail juga dapat dijadikan pilihan. Apa itu long tail? Ini adalah tipe bisnis yang fokus pada pasar dengan niche tertentu atau bisa kita sebut sebagai pasar dengan produk barang hobi. Produk-produk yang mengincar hobi tertentu, Misalnya otomotif, buku, olahraga, atau koleksi barang tertentu akan mempunyai konsumen tetap. Ini karena mereka pasti akan membeli barang yang diinginkan. 

Contoh yang sedang ramai adalah album k-pop. Banyak fans k-pop yang rela merogoh kocek dalam untuk membeli album. Jadi barang hobi tidak perlu banyak stok dan tidak usah khawatir dengan harga karena bagi fansnya akan membeli berapapun harganya asalkan orisinalitasnya teruji.

Yuk, Mulai Berjualan!

Setelah mengetahui ide bisnis online mengenai produk-produk yang akan dijual, tidak usah menunggu lama lagi, ayo cari produknya dan langsung berjualan! Salah satu tempat untuk bisnis online yang dapat digunakan adalah Lazada yang merupakan platform eCommerce untuk berjualan online nomor 1 di Indonesia. Seller baru lazada berkesempatan mendapatkan bonus, seperti 0% biaya komisi jualan, 0% biaya gratis ongkir, dan gratis voucher iklan Rp300 ribu, awal yang bagus untuk bisnis online untuk pemula, apalagi untuk yang mencari bisnis online tanpa modal, Lazada adalah pilihan yang tepat. Lalu, bagaimana cara jualan di Lazada

cara memulai bisnis online dengan menjadi lezzer lazada
Cara Jualan di Lazada

Cukup dengan 3 langkah sederhana untuk menjadi seller Lazada 

  1. Mendaftar dengan menggunakan nomor handphone dan Alamat email 
  2. Unggah dokumen yang diperlukan 
  3. Unggah minimal 1 produk 

Dokumen yang diperlukan cukup KTP untuk seller individu atau NIB berbasis risiko bagi yang mendaftar sebagai korporasi. Dokumen lain adalah buku tabungan atau rekening koran sesuai Identitas yang dilampirkan. Setelah proses selesai silahkan tunggu konfirmasi pendaftaran via email dan kita siap untuk jualan!

Buat yang masih bingung cara memulai bisnis online, dapat dicek nih situs Yuk Jualan Online. Situs ini merupakan blog yang berisi artikel tips dan wawasan bagaimana cara jualan online dan strategi untuk bisnis online. Tips mengenai produk di atas juga didapatkan dari situs Yuk Jualan Online. Cara jualan di Lazada juga tersedia di sini.

Bisnis online sama seperti bisnis pada umumnya, butuh pengalaman agar dapat makin paham dengan prosesnya. Namun pengalaman bukan berarti harus mencoba semuanya sendiri, membaca berbagai tips dari beragam sumber, salah satunya situs Yuk Jualan Online dapat dijadikan referensi untuk mendapatkan petunjuk mengenai perkembangan bisnis online. Satu tips Terakhir setelah mengetahui cara jualan di Lazada adalah: Mulai jualan sekarang!

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

32 komentar untuk "Rekomendasi Produk Bisnis Online untuk Pemula"

  1. Mudah juga ternyata cara untuk bergabung menjadi seller di Lazada, ya. Selain itu ternyata banyak juga benefit yang bisa kita peroleh ketika bergabung menjadi seller, terutama masalah pendampingan dalam masa-masa awal kita beradaptasi dengan jual beli online ini

    BalasHapus
  2. Menjadi seller tuh memang bikin kita belajar banyak soal berjualan. Suka-Dukanya bener-bener kerasa kalau kita terjun langsung. Saya malah punya pengalamannya menjadi seller di akun lain, bukan di Lazada. Dan menyenangkan sekali pengalamannya.

    BalasHapus
  3. Hehehe ... baca artikel ini malah kemudian bikin saya sibuk lirik2 koleksi buku almarhum bapak ... hmm, bisa nih kujuaal 😁

    BalasHapus
  4. Pernah jualan online dengan omset yang lumayan. Waktu itu saya jualan sarung instan anak yang berawal dari jahit sarung buat anak saya lalu posting di medsos dan banyak yang pesan. Sekarang terbengkalai seiring kesibukan lain

    BalasHapus
  5. Wah iya juga ya, tips terpenting, Mulai jualan sekarang! Hihi, kalau cuma ide ga ada realisasi kapan mulai. Mumpung jualan online di Lazada mudah dan menguntungkan

    BalasHapus
  6. Bisnis online harus tekun dan sabar, apapun bentuk usahanya tetap butuh marketplace.

    BalasHapus
  7. Bingung cari produk apa yang mau dijual, barang hobi bisa jadi pilihan. Sebuah solusi yang oke.

    BalasHapus
  8. kategori produknya menarik kak, karena kadang kita skip sama ragam produk yang banyak banget. dipilah berdasarkan jenisnya gini jadi lebih gampang cari produk yg tepat, thanks sharingnya

    BalasHapus
  9. Diantara marketplace aku belum nyobain jualan di lazada nih. Tapi melihat kemudahan serta benefit jualan di Lazada bikin aku pengen ikutan jualan di sana juga. Cuss lah mulai jualan disana juga.

    BalasHapus
  10. Jualan sekarang enggak repot harus buka toko offline ya. Apalagi ada lazada yang ngebantu para seller jualan. Udah gitu ada pelatihannya lagi di platformnya. One stop solution sih kataku ❤️

    BalasHapus
  11. Mau jual produk tren atau produk keluarga, yang penting semangat berusaha dan tekun ya, Kak. Apalagi ada platform seperti Lazada yang membantu banget buat jualan online.

    BalasHapus
  12. Best banget memang Lazada ini. Sedari dulu menyediakan kebutuhan rumah tangga secara lengkap. Jadi ibu rumah tangga ga perlu keluar rumah, bisa belanja dan berdagang dari mana saja.

    BalasHapus
  13. Jualan online bisa menjadi peluang baru buat semua orang ya. Tinggal kita berani atau tidak

    BalasHapus
  14. Pengen juga nih belajar cara jualan online. Aku bikin toko online di marketplace sebelah, tapi engga ada yg berkunjung. Kayaknya kurang tepat produk yang dijual. Harus tahu yg tren apa ya...Pas banget Lazada ada program Yuk Jualan Online.
    Cuss ah ke link Lazada...Makasih infonya

    BalasHapus
  15. Akhir2 ini banyak yg bahas soal Lazada. Sedang kenceng sepertiny ya promo2nya. Biar ga ketinggalan dg toko sebelahnya hijau dan oren terutama. 😄

    BalasHapus
  16. Nice inpo gan, saya saat ini tertarik untuk jualan online tapi belum tahu mau jual apaan. Saran artikel ini cukup membantu

    BalasHapus
  17. Saya sedang siap-siap buka toko di Lazada, nih. Masih proses mengumpulkan barang2 yg akan dijual. Sebelum ganti tahun harus start jualan.

    BalasHapus
  18. Baru tahu aku bagaimana cara jadi reseller di Lazada, boleh juga nih aku coba. Sekarang kalau ingin berjualan jadi mudah ya kak..

    BalasHapus
  19. Bener kak menjual produk yang sedang tren dapat membuat penjualan yang tinggi tanpa harus promosi besar-besaran.

    BalasHapus
  20. Adik sepupuku yang berjualan online juga bilang sih, katanya di antara semua marketplace yang dia masuki, lazada sistemnya mudah dan transparan. Juga membantu banget jika seller ada kesulitan dalam pemasaran produk. Plus diberikan semacam pelatihan-pelathan online gitu juga

    BalasHapus
  21. Kalau dilihat dari persona branding, Lazada memang yg paling ramah ya. Pernah punya kenalan kerja di Lazada, kantornya sepertinya oke sekali. Boleh kapan-kapan dicoba 😁

    BalasHapus
  22. Sangat tertarik untuk berjualan lewat Lazada, selain marketplace populer seperti Tokopedia dan Shopee

    BalasHapus
  23. Bagi pemula, bisnis online bisa menjadi pilihan yang tepat karena minim modal sehingga risiko pun cenderung minim. Apalagi dengan jualan di Lazada yang selalu memberi support bagi seller-nya.

    BalasHapus
  24. Lazada ini emang platform yang sangat membantu banget buat berjualan secara online, apalagi kita sebagai penjual juga gak perlu punya produk untuk bisa jualan.

    BalasHapus
  25. Produk hobi apalagi kalau yang jualan ya hobinya itu biasanya akan enjoy banget jualannya hehe.
    Ternyata kalau jualan di Lazada juga dikasi akses website untuk mendapatkan tips jualan ya. Jadi platformnya gak cuma mengambil keuntungan semata tapi juga mengajari utk maju bareng :D

    BalasHapus
  26. Wah makasih kak sarannya pengen banget toko yang saya buka dirumah ada juga berbasis online nya apalagi terkait dengan e-commerce

    BalasHapus
  27. Masuk semua rekomendasinya. Kalau saya pribadi, kalau mau jualan online, pasti riset dahulu yang lagi booming di pasar apa untuk memudahkan strategi marketing kedepannya

    BalasHapus
  28. Kok baru keidean yah, kalau mau jualan online, daripada bingung, jualan barang hobi juga bisa yah. Misalnya yang hobi tanaman, ya sekalian aja jualan bibit atau tanaman yang udah jadi. Asal pengirimannya bagus, kan engga apa-apa juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga jadi minat jualan di Lazada, Mbak. Sedang cari2 produk yang akan dibeli dan dijual kembali. Kebetulan kok belum mantapin mau ke produk hobi atau rumah tangga.

      Hapus
  29. Wah ternyata mendaftar di Lazada cukup mudah ya. Dulu waktu masih jualan online saya pikir daftar dilazada susah loh, bisanya untuk seller yang udah gede, brand ternama aja kirain. Ternyata nggak ya. Apalagi ada situs Yuk Jualan Online. Jadi makin terbantu lagi asal mau belajar.

    BalasHapus
  30. Sepertinya saya harus belajar nih cara jualan di Lazada. Sepertinya prospek untuk pemula seperti saya. dan prosedurnya tidak sulit

    BalasHapus
  31. Bener banget, untuk fans kpop gitu, seberapapun harganya tetep dibeli ya kak, yang penting ori. Bisa dicoba nih, jualan di Lazada

    BalasHapus