Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Produk Elektrikal yang Wajib untuk Rumah dan Industri

Hokione, platform e-commerce untuk distribusi alat listrik terlengkap di Indonesia
Sejak hadirnya listrik, kehidupan manusia banyak berubah. Saat ini, kita tidak bisa hidup tanpa listrik. Semua alat untuk kehidupan sehari-hari pasti berkaitan dengan listrik. Ponsel kita harus selalu diisi daya listrik, ketika malam hari harus ada lampu yang dialiri listrik biar terang, dan ketika kepanasan ada kipas angin atau AC yang mendinginkan cuaca. 

Beragam Alat yang Harus Diketahui 

Sakelar, stopkontak, multi outlet, dan steker adalah alat kelistrikan yang diketahui oleh siapapun. Perangkat ini pasti ditemui setiap hari. Namun, ada alat-alat wajib yang harus dimiliki setiap rumah agar listrik dapat mengalir. Bagi perusahaan, ada pula produk-produk yang harus dimiliki agar daya listrik yang mengalir dapat lancar tanpa gangguan. Apa saja itu dan di mana platform e-commerce untuk distribusi alat listrik terlengkap di Indonesia

Alat Listrik Rumah 

Tiap rumah pasti memiliki sakelar dan stopkontak. Lalu ada pula yang disebut steker dan multi outlet. Bapak-bapak harus memahami alat-alat ini. Jadi, apa definisi dari alat listrik kebutuhan rumah (sakelar, stopkontak, multi outlet, steker)? 

Sakelar, alat listrik kebutuhan rumah
Sakelar 

Perangkat satu ini pasti digunakan setiap hari, seringnya dipakai untuk menyalakan produk pencahayaan (lampu rumah, lampu LED, lampu gudang, lampu untuk industri), namun sebenarnya tidak hanya untuk produk tersebut. 

Sakelar merupakan alat untuk menjadi penghubung dan pemutus aliran listrik ke perangkat atau tempat tertentu. Schneider dapat menjadi salah satu pilihan merek untuk sakelar. 

Stopkontak 

Selain sakelar, stopkontak pasti ada di tiap rumah. Stopkontak adalah lubang yang terpasang sebagai salah satu instalasi listrik. Jadi, stopkontak merupakan alat penghubung aliran listrik, biasanya yang dicolok di dalamnya adalah steker. 

Multioutlet 

Sesuai namanya, multi outlet adalah alat yang membuat beberapa produk kelistrikan bisa terhubung dalam satu stopkontak. 

Steker 

Steker merupakan alat yang dicolok ke soket listrik agar perangkat listrik dapat terhubung ke sumber listrik. Umumnya alat ini disebut sebagai colokan. 

Alat Listrik Industri 

Nama-nama alat listrik rumahan adalah alat-alat yang ditemui sehari-hari. Pasti semua orang tahu bentuk dan kegunaannya tapi mungkin ada yang baru tahu namanya. Bagi pebisnis, selain harus paham alat listrik rumahan, juga harus memahami alat listrik kebutuhan industri, seperti UPS, industrial plug, inverter, pilot lamp. Ini agar biaya operasional dapat dimaksimal terutama pada kebutuhan daya listrik. 

UPS (Uninterruptible Power Supply

Alat ini banyak ditemui di tempat-tempat yang membutuhkan daya listrik setiap saat. UPS berfungsi menyediakan daya cadangan saat sumber listrik utama tidak bisa, misalnya pemadaman secara tiba-tiba. 

Industrial Plug 

Alat ini sebenarnya adalah steker dan stopkontak. Perbedaannya adalah rancangannya yang khusus untuk industri, salah satunya tahan terhadap kondisi tertentu. 

Inverter 

Inverter merupakan alat yang dapat mengubah arus listrik DC (searah) yang biasanya ada pada baterai atau solar menjadi AC (bolak-balik) sehingga ketika digunakan pada perangkat elektronik lebih stabil. Salah satu kegunaannya untuk membantu arus listrik pada genset lebih stabil pada perangkat. 

Pilot Lamp 

Beragam alat kelistrikan terutama pada industri membutuhkan pilot lamp atau lampu indikator yang menjadi tanda pada perangkat tersebut. 

Perangkat keamanan gedung 

Salah satu cara perusahaan mengurangi risiko adalah menyediakan perangkat keamanan gedung, seperti fire alarm, smoke detector, emergency exit light, CCTV. Kebakaran adalah risiko yang berkaitan erat dengan listrik sehingga fire alarm penting untuk memberikan peringatan ketika ada api dan alat tersebut akan makin bagus ketika dikombinasikan dengan smoke detector atau pendeteksi asap. 

Lalu emergency exit light tidak kalah penting agar ketika terjadi keadaan darurat, evakuasi dapat dilakukan dengan lebih terarah. CCTV pun sangat penting di era sekarang agar pemantauan dapat dilakukan dengan lebih cermat. 

Alat Pelindung Kerja 

Perusahaan juga memerlukan alat pelindung kerja (sepatu safety, sarung tangan antilistrik), penyejuk udara (air cooler) untuk memastikan kenyamanan dan keamanan saat bekerja. Saat berkaitan dengan listrik maka risiko tersengat listrik dapat dikurangi dengan sarung tangan antilistrik. Sepatu safety juga diperlukan di beberapa kondisi untuk memastikan kondisi kaki aman. 

Alat Pengaman Listrik 

Setelah mengetahui beberapa alat listrik di rumahan dan industri, kita harus tahu juga alat pengamanan listrik, seperti MCB, MCCB, RCBO, RCCB, ACB. Secara umum fungsinya sama, yaitu untuk mengatasi arus listrik berlebih yang membuat sirkuit listrik rusak. Perbedaannya terletak pada besaran arus yang ditangani. 

MCB, salah satu alat pengaman listrik
MCB (Miniature Circuit Breaker) banyak terlihat pada instalasi listrik rumahan, MCCB (Molded Case Circuit Breaker) digunakan untuk arus yang lebih besar dan pada tegangan yang sangat tinggi bisa menggunakan ACB (Air Circuit Breaker). Schneider adalah merek yang dapat dipilih untuk mencari MCB, MCCB, dan ACB. 

Alat Kontrol Daya 

Selain pengaman listrik, perlu pula alat kontrol daya (load break switch, relay). Load Break Switch adalah alat untuk memutuskan arus listrik ketika kondisi tertentu. Socomec dapat menjadi pilihan merek untuk load break switch. Socomec juga menyediakan manual transfer switch, alat monitoring listrik dan controller

Perangkat Pembersih 

Setelah berbicara kelistrikan secara umum, maka perlu ada perangkat pembersih (alat pembersih skala rumah, alat pembersih kebutuhan profesional). Vacuum cleaner dan carpet cleaner sangat dibutuhkan di rumah untuk memastikan kebersihan tempat tinggal, apalagi bagi yang memiliki anak. Produk Karcher dapat menjadi pilihan untuk alat pembersih di rumah. 

Karcher tidak hanya menyediakan alat kebersihan rumah, pressure washer dan high-pressure cleaner yang dipakai oleh kebutuhan profesional juga disediakan oleh merek ini. 

Tempat Beli Alat Listrik 

Hokione platform dengan barang yang dijual terlengkap & original
Hokione dapat jadi pilihan e-commerce untuk alat listrik skala rumahan dan industri termasuk alat kebersihan dan kebutuhan industrial. Barang yang dijual terlengkap & original dengan proses order dari pemilihan barang sampai pembayaran mudah dan cepat. 

Hokiers dapat melakukan pembelian untuk pribadi maupun perusahaan. Ini artinya Hokione cocok untuk pembelian B2B dan B2C. Barang yang dijual terjamin kualitas dan keasliannya. Produk dari top brand seperti Schneider (MCB, MCCB, ACB, Saklar), Socomec (load break switch, manual transfer switch, alat monitoring listrik, controller), dan Karcher baik alat kebersihan rumah (vacuum cleaner, carpet cleaner) maupun alat kebersihan profesional (pressure washer, high-pressure cleaner) tersedia di platform ini. 

Hokione menawarkan pengiriman cepat karena ada pilihan kurir internal dengan respons pelayanan pelanggan cepat dan ramah. Hokiers dapat memilih pembayaran sesuai selera karena pembayaran aman dan banyak pilihan sesuai keinginan pengguna. 

Jadi, Hokiers yang mencari platform e-commerce distribusi alat elektrikal dan mekanikal terlengkap di Indonesia, Hokione tempatnya. Ayo belanja di Hokione!

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

9 komentar untuk "Produk Elektrikal yang Wajib untuk Rumah dan Industri"

  1. Wah...terima kasih nih link toko online Hokione-nya. Langsung klik ke sana. Merknya bagus-bagus mayan terkenal. Jaminan OK deh. Pas kebeneran nyari lampu yg awet nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, Hokione ini bisa jadi salah satu e-commerce yang cocok banget buat nyari barang-barang elektrikal

      Hapus
  2. Wah, ada promo flash salenya juga ya kak. Mau intip website hokione dulu ah, mumpung lagi nyari alat listrik juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, bisa diintip-intip dulu di situsnya Hokione buat ngeliat barang-barang yang pengen dicari

      Hapus
  3. saya suka nih kalau sebuah toko bisa melayani B2B dab B2C biasanya harganya miring dan koleksinya lengkap, beberapa kali temani suami belanja elektronik saat renov dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi bisa buat siapa aja ini kak Hokione, baik buat rumahan maupun industri

      Hapus
  4. Asyik ya udah ada e commerce kelistrikan nih, mempermudah banget ketika nyari kebutuhan listrik Dirumah. Cukup belanja di satu tempat aja. Praktis.

    BalasHapus
  5. Wah, hokione harus aku coba nih utk berbelanja peralatan listrik. Soalnya kadang butuh banget peralatan listrik. E commerce khusus peralatan listrik ini penting karena pastinya ada penjelasan mengenai fungsi sebuah alat

    BalasHapus
  6. Ada perangkat pembersih juga ya...Buat yang rumahnya pakai karpet, perlu banget punya vacum cleaner nih. Selain itu juga bisa bersihin interior mobil juga.
    Cek-cek ah harganya...

    BalasHapus