Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kos: Tempat Tinggal Nyaman Millenial

saran kosan jakarta selatan
Tempat tinggal atau papan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Orangtua selalu menyarankan untuk membeli rumah sebagai salah satu bentuk investasi sekaligus agar si anak nyaman dalam memenuhi salah satu kebutuhan pokoknya. Masalahnya, tanah adalah hal yang diperebutkan banyak orang di masa sekarang, apalagi bangunan seperti rumah. Ini menyebabkan harga tanah menjadi mahal, belum lagi ditambah biaya untuk membuat rumah yang makin hari juga terus meningkat. Di sisi lain, kebutuhan tempat tinggal semakin banyak di saat mobilitas masyarakat semakin gampang dengan adanya berbagai transportasi umum dan jalur-jalur yang terus dibuka antar wilayah bahkan lintas pulau. Untuk menyelesaikan solusi ini, hadirlah suatu solusi. 

Tempat Tinggal Nyaman itu Bernama Kos

 Para pemilik tanah dan bangunan yang mempunyai tempat kosong menyulap tempatnya menjadi bangunan bernama kos. Kos mirip dengan kontrakan namun berupa hanya berupa sewa satu buah kamar. Ini menjadi solusi bagi para pencari kerja atau bahkan mahasiswa yang tinggal jauh dari rumah namun memerlukan tempat tinggal yang nyaman. Kontrakan mungkin memerlukan beberapa orang untuk menyewa karena harganya yang lumayan dan bangunannya yang lebih luas, bagi yang merantau sendiri, kos adalah pilihan yang tepat. 

Aku teringat kala dulu cari kost ketika akan masuk kuliah. Kebetulan karena memang mayoritas mahasiswa di kampusku berjalan kaki ke kampus, jadi banyak kos yang bertebaran di sekitar kampus. Banyaknya pilihan bisa menjadi pedang bermata dua, di satu sisi memudahkan dalam pilihan tapi di sisi lain harus benar-benar teliti agar tidak terjebak di pilihan yang salah. 

Kenapa Harus Kosan?

 Kos adalah tempat yang tepat bagi yang memilih budget minim untuk tempat tinggal. Terutama bagi yang berada di lingkungan baru seperti merantau atau bagi mahasiswa yang hanya berada di suatu tempat selama beberapa waktu. Seperti disampaikan di atas, rumah adalah hal yang sulit dijangkau apabila tidak mempunyai keuangan yang mumpuni. Kontrakan juga bukan pilihan bijak kalau hanya sendirian di suatu wilayah karena harganya yang bisa dibilang tidak terlalu jauh dengan rumah dan terlalu besar. Kos yang berupa satu petak kamar adalah pilihan tepat karena harganya terjangkau tapi tetap bisa nyaman. 

Keuntungan-Keuntungan Memilih Kosan

 Kos adalah bangunan yang hanya berupa satu kamar dan kadang ada yang ditambah kamar mandi dalam, beberapa sisanya kamar mandi berada di luar. Mungkin bagi beberapa orang ini adalah tempat yang sempit. Tapi kos tetap memiliki beberapa keuntungan seperti budget yang bisa ditekan untuk tempat tinggal dan kemudahan untuk membersihkan tempat tinggal. Kemudahan ini didapat karena ruangan yang kecil sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama. Menurut kalian, apalagi keuntungan memilih kos? 

Cara Memilih Kos yang Baik

 Lalu, apa saja kiat-kiat yang harus dilakukan agar bisa memilih kosan yang aman? Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memilih kos agar mendapatkan kos yang nyaman: 

Pastikan fasilitas sesuai keinginan

 Menjamurnya kos di Indonesia membuat berbagai tipe kos hadir. Kita harus dapat selektif memilih terutama terkait fasilitas yang diinginkan. Contohnya adalah masalah kamar mandi. Perlu diperhatikan apakah kita mendapatkan kamar mandi dalam atau luar, ini tentunya berkaitan dengan privasi masing-masing, mana yang lebih membuat kita nyaman. Barang-barang yang tersedia di dalam kamar pun perlu diperhatikan, jangan sampai kita mendapatkan harga yang lumayan ternyata kamar tidak berisi apa-apa. Hal lain yang menurutku penting di masa globalisasi adalah adanya wifi atau paling tidak kualitas jaringan internet. 

Bandingkan budget

 Setelah mendapatkan yang sesuai keinginan, lihat harga yang ditawarkan. Bandingkan dengan beberapa kos yang memiliki fasilitas sama. Kalau bisa mendapatkan yang paling murah, tentunya akan membuat kita bisa berhemat. 

Lihat lokasi

Lokasi merupakan hal yang penting, misalnya kita mencari kosan jakarta selatan, lihat apakah kos kita merupakan daerah yang dekat dengan lokasi kerja atau kampus. Selain itu, beberapa tempat makan dan minimarket juga penting diperhatikan karena berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari. Alamat yang jelas dan dapat dicari oleh kurir ojek online atau ekspedisi pun hal yang penting di era semuanya serba daring. 

Itu tadi beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan dalam memilih kos. Bagi teman-teman yang ingin mencari info kost-kostan apalagi di masa pandemi seperti sekarang, bisa mengunjungi situs https://www.kostjakarta.com sebagai salah satu referensi. Selamat berburu!

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

Posting Komentar untuk "Kos: Tempat Tinggal Nyaman Millenial"