Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Migrasi UA ke Google Analytics 4

Properti ini akan berhenti memproses data mulai 1 Juli 2023. Saat membuka Google Analytics pasti tampilan ini muncul di halaman paling depan disertai dengan hitung mundur menuju tanggal 1 Juli. Pada tulisan yang lebih kecil, ada saran untuk membuka Asisten Penyiapan agar bisa memigrasikan properti ke Google Analytics 4. Apa yang harus dilakukan bloger sekarang?

Saat ini Google Universal Analytics (UA) adalah salah satu alat untuk melihat performa blog paling populer. Per 1 Juli, UA akan diganti oleh Google Analytics 4 namun bloger harus melakukan migrasi Google Analytics 4 sendiri. Google menyediakan asisten penyiapan namun untuk mendapatkan hasil maksimal dan memahami cara menggunakan Google Analytics 4 tentunya bloger harus bisa memigrasikan sendiri agar data blog terkait trafik dan lainnya bisa ditangkap dengan sempurna oleh Analytics. 

Kelas Blogger Cara Pasang GA4

Aku berkesempatan mengikuti Kelas BRT Network bersama Mas Pewe untuk diberikan pencerahan mengenai cara memasang Google Analytics 4 di website. Jadi, langsung saja kita menuju ke Analytics untuk memasang GA4. Begini caranya: 

Kunjungi Google Analytics

Pertama tentu saja kita kunjungi https://analytics.google.com. Setelah itu klik admin yang berada di pojok kiri bawah. Setelahnya akan muncul tampilan seperti ini.

Buat Property Baru

Klik property baru. Property yang bisa ditambah di Google Analytics sampai 2000 sehingga tenang saja ketika punya banyak property, tidak akan ada pengaruh kepada blog. Akan tampil seperti ini, silahkan isi sesuai dengan keadaan. Nama properti bebas diisi apa saja.

Lalu isi detail bisnis dan jumlah karyawan, ini bebas pilih yang mana saja. Boleh pilih sesuai niche blog atau pilih lainnya. 

Lalu pilih tujuan bisnis, kalau hanya untuk blog cukup isi pengguna bagian paling atas, tapi kalau mau ditambah brand awareness juga bisa. Disesuaikan dengan tujuan blog dibuat. Apabila ada penjualan bisa dipilih juga. 

Selanjutnya pilih platform yang digunakan. Di tutorial kali ini karena fokus kepada blog maka yang dipilih adalah web. Lalu isi datanya dan klik buat aliran data. 

Buat Aliran Data

Nantinya akan muncul tampilan seperti ini. Silahkan diisi sesuai url blog dan untuk nama aliran data bebas. Selanjutnya klik buat aliran data.

 

Aliran data inilah hal penting dalam migrasi ke GA4 karena trafik dan data-data lain dari website akan terbaca pada Analytic melalui aliran data. 

Sebelum dilanjutkan, aku sampaikan bahwa tutorial migrasi Google Analytics 4 ini untuk pemilik blogspot atau blogger.com, jadi untuk pengguna Wordpress mohon maaf bisa mencari di tempat lain. 

Kalau kalian bloger di blogspot, mari kita lanjutkan. Ada dua cara agar aliran data di website dapat terbaca pada Analytics, yaitu: 

Cara Manual

Klik lihat petunjuk tag. 

Nanti akan muncul tampilan seperti ini, silahkan klik bagian install secara manual. 

Lalu buka tab baru dan buka blogger.com lalu ke bagian tema. 

Klik sesuaikan lalu pastikan untuk backup tema dulu dengan klik cadangkan. Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selanjutkan klik edit HTML dan salin kode pada tab sebelumnya setelah <head>. 


Lalu simpan dan silahkan tunggu sampai terdapat aliran data. 

Melalui GTM (Google Tag Manager)

Cara kedua adalah melalui GTM. Silahkan buka https://tagmanager.google.com lalu klik buat akun.

Silahkan diisi sesuai dengan yang diinginkan, nama akun dan nama penampung bebas. Negara Indonesia dan platform target isi web karena fokus kita adalah membuat untuk blog.

Klik buat dan pastikan membaca Perjanjian Persyaratan Layanan Google Tag Manager dan menyetujuinya. Setelahnya akan muncul tampilan seperti ini. 

Sama seperti menggunakan cara manual, ada kode yang harus dimasukkan di template HTML. Bedanya adalah di sini ada dua kode, satu dimasukkan dalam head, satunya setelah body. 

Caranya sama seperti pada manual. Tapi apabila kode gagal disimpan, maka kode harus di-parsing dulu. Parsing dapat dilakukan di situs berikut ini: https://pewe19.github.io/parsing-html/. Silahkan masukkan kode di Analytics lalu klik parse code kemudian salin dan masukkan lagi ke edit HTML. 

Kembali kepada situs tag manager dan klik tag, akan muncul tampilan seperti ini.

Klik baru dan akan muncul tampilan berikut.


Silahkan namakan Config GA4 lalu klik konfigurasi tag. 


Pilih Google Analytics: Konfigurasi GA4.


ID Pengukuran didapatkan dari aliran data pada Analytics, klik aliran data pada admin.

Lalu klik dan akan tampil ID Pengukuran.


Lalu sekarang silahkan pilih pemicu dan pilih all pages karena yang diinginkan adalah melihat kunjungan semua halaman di blog. 

Tampilannya akan seperti ini lalu klik simpan.

Setelah dilakukan, silahkan klik pratinjau untuk memastikan GTM dan blog sudah terhubung.


Akan muncul tab baru dan silahkan masukkan url website lalu connect. 

Apabila tampilan seperti ini maka berhasil terhubung. Silahkan klik continue.


Silahkan ditutup saja karena ini untuk memastikan bahwa GTM sudah terhubung.

Selanjutnya silahkan klik kirim. 

Nama versi dan deskripsi bebas diisi sesuai dengan keinginan.

Lalu klik publikasikan. Silahkan ditunggu. Apabila aliran data sudah terhubung akan muncul tampilan seperti ini. 

Jadi, itu tadi adalah dua cara untuk melakukan migrasi UA ke GA4 untuk situs di blogspot. Bisa disampaikan pada kolom komentar kalau ada kendala. 

 Rasa Kelas Blogger BRT Network

Secara umum kelas blogger dari BRT Network ini menarik, diajari step by step sampai paham. Mas Pewe juga dengan senang hati mengulang bagian yang memang tidak dipahami bloger. Materi juga tidak ada sehingga langsung praktik. Ini penting menurutku karena manusia punya batas waktu fokus dan karena langsung praktik, saat awal mengerjakan kita bisa fokus ke inti kenapa ingin masuk kelas, bukan mendengarkan berbagai teori SEO yang belum tentu masuk. 

Namun untuk manajemen waktunya masih terlalu lama, tidak sesuai dengan jadwal awal. Mungkin ini juga karena banyak yang bertanya untuk mengulang. Saran untuk selanjutnya, saat tutorial per step-nya diberikan jeda 1-2 menit untuk masing-masing peserta agar bisa mengikuti dengan catatan tidak akan ada step yang diulang sehingga mengurangi waktu untuk peserta yang tertinggal terlalu jauh karena step yang terlalu cepat.

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

8 komentar untuk "Cara Migrasi UA ke Google Analytics 4"

  1. Wuaaaa makasih tutorialnya kak. Saya juga mau migrasi ke GA4 . Semoga nggak ada kendala yang berarti.

    BalasHapus
  2. Aku waktu ikut kelas BRT, salah-salah iiih. Hehe...Baca lagi artikel ini jadi lebih paham deh. Apalagi yang bagian akhir, yg ngelink-kan antara GTM dan GA4. Makasih Kak...

    BalasHapus
  3. seneng banget banyak temen temen blogger yang mengulas materi kelas BRT kemarin, aku yang nggak ikutan jadi terbantu.
    Waktu awal ngerjain takut salah step gitu, kudu bener bener teliti bacanya

    BalasHapus
  4. Selamat ya mas Rifqi sudah berhasil pasang GA4, mas PW dan kak Monica baik banget mau membimbing dan memandu secara gratis pula, sukses ya mas

    BalasHapus
  5. Terimakasih sudah kasih Cara Migrasi UA ke Google Analytics 4
    Terus terang saya gak faham, tapi lihat tutorial jd tercerahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baca tutorial lain gak paham sampai pusing seharian, baca tutorial ini langsung paham karena banyak screenshoot yang ditampilkan. Pada artikel tutorial, keberadaan gambar memang membantu sekali. Terima kasih mas Rifki.

      Hapus
  6. sempet grogi nya waktu GA UA mau stop memproses data. setelah coba migrasi tenang nih dan ternyata caranya mudah ya

    BalasHapus
  7. Bermanfaat banget kak tutorialnya. Mau coba beralih dengan step by step yang sudah dijelaskan. Terima kasih.

    BalasHapus