Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Made dan Putu Bersama BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank yang mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Bank ini ada di berbagai wilayah di Indonesia mulai dari ibukota sampai pelosok kota. Keberadaan BRI di banyak tempat ini membuat UMKM mudah untuk mengakses fasilitas perbankan. Inilah yang menjadi BRI sebagai pahlawan UMKM dari segi finansial dan perbankan. Banyak fasilitas yang diberikan BRI untuk memudahkan UMKM dalam mengembangkan usahanya, terutama di masa digitalisasi sekarang, BRI turut ambil bagian dalam digitalisasi tersebut agar UMKM dapat naik kelas.

Tiap UMKM punya cerita sendiri mengenai usahanya. Beruntung sekali BRI dapat hadir di banyak kisah Masyarakat Indonesia yang ingin naik kelas. Salah satu yang kusaksikan secara langsung adalah seorang bapak bernama Made. 

Kehadiran BRI untuk Masyarakat 

BRI untuk Indonesia hadir sebagai Pahlawan UMKM, salah satunya melalui hadirnya Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hingga Agustus 2023, BRI sudah menyalurkan kredit hingga Rp119,2 triliun. Banyak Masyarakat yang terbaru melalui KUR ini. Ada cerita menarik mengenai salah satu orang yang menggunakan KUR. 

Sebut saja namanya Made. Made adalah seorang peternak ayam di sebuah daerah transmigrasi Bali di Kalimantan. Modal yang terbatas membuat Made tak punya cukup dana untuk mengembangkan usahanya. Padahal banyak permintaan ayam yang didapatnya sampai keluar kota mengingat Made sudah mulai berjualan melalui media sosial. 

 Setelah ia mengenal KUR, Made mampu mengembangkan usahanya sehingga sekarang sudah punya peternakan besar bernama Made Farm. BRI juga turut membantu mengembangkan usaha dengan berbagai pelatihan yang disediakan, Made selalu rajin mengikuti pelatihan tersebut. 

Made mempunyai anak bernama Putu yang sedang berkuliah di ibukota. Hadirnya aplikasi BRImo memudahkan Made untuk mengirimkan uang Bulanan kepada Putu. Bukan hanya kepada Putu, transaksi pada Made Farm juga tercatat pada BRImo apalagi sekarang ketika pesanan pelanggan sudah sangat besar, tentunya lebih mudah melalui transfer daripada transaksi tunai. Lebih mudah dan aman. 

Penghitungan transaksi juga terekap secara otomatis pada aplikasi BRImo. Lebih mudah bagi Made untuk menghitung perputaran uang Made Farm. Salah satu pelatihan yang dia ambil juga mengajari bagaimana cara mengatur uang dari bisnis agar tidak terus diambil untuk urusan pribadi. 

Fokus Utama Digitalisasi BRI 

BRI memiliki tiga fokus utama digitalisasi dalam tiga sampai empat tahun ke depan agar keinginan BRI untuk Indonesia ynag lebih baik terwujud. Fokus pertama adalah Pembangunan resiliensi sistem. BRI akan menguatkan database dan pengokohan terhadap infrastruktur cloud BRI sehingga nasabah dapat mengakses aplikasi dengan nyaman dan cepat. BRI juga terus berinovasi agar aplikasi mereka dapat lebih aplikatif terutama nasabah di area rural. Ini sesuai dengan peta nasabah BRI yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. 

Sistem yang membuat aplikasi mudah diakses pasti akan memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan. Pembeli akan lebih nyaman menggunakan aplikasi BRI untuk transaksi di berbagai kegiatan seperti pembayaran. UMKM dari segi penjual juga akan lebih percaya untuk memakai BRI dalam kegiatan finansial mereka.

Fokus selanjutnya adalah open banking. BRI memudahkan desain dan pengembangan layanan kepada pelanggan dan mitra melalui aplikasi BRI API. Fokus ketiga adalah kehadiran BRIBrain yang akan melakukan analisis data dari produk yang diakses nasabah. Sesuai namanya, BRIBrain adalah otak BRI berbasis kecerdasan buatan.

BRI memiliki BRIBrain Academy untuk mengembangkan kecerdasan buatan tersebut. BRIBrain ambil bagian dalam rencana-rencana strategis BRI untuk kebijakan perusahaan ke depannya. Digitalisasi BRI melalui BRIBrain dapat terlihat dari kesuksesan BRI keluar dari krisis pandemi. BRI mampu membukukan laba bersih hingga Rp18,66 triliun pada tahun 2020 dan terus meningkat pada tahun-tahun selanjutnya.

Era digitalisasi membuat BRI harus beradaptasi agar tetap dapat menjadi pahlawan UMKM dan membuat BRI untuk Indonesia yang lebih baik. UMKM yang mampu naik kelas. Banyak Made dan Putu lain yang pasti terbantu dengan hadirnya KUR dan BRImo serta berbagai fasilitas lain yang disediakan oleh BRI. Kalau kalian, apa saja yang kalian ingat ketika berbicara mengenai Bank Rakyat Indonesiaa?

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

6 komentar untuk "Made dan Putu Bersama BRI"

  1. Bank BRI tuh memang melayani sampai pelosok negeri yah. Kata teman yg tahu, saham BRI paling kuat di pasar saham dibanding bank-bank lain.
    Semoga UMKM makin maju dengan digitalisasi BRI nih, supaya makin praktis.

    BalasHapus
  2. Bank BRI ini melayani sampai ke pelosok desa lo, salut dengan konsistensinya dan adanya digitalisasi dari BRI ini semakin emudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan, karena semakin mudah dijangkau, ga harus pergi ke bank, keren inovasinya

    BalasHapus
  3. saya nasabah setia BRI nih, udah mau lebih dari 15 tahun sepertinya. Tapi baru sekarang pakai brimo, wkwkwkwk. BRI asyik sih buat saya, pelayannya oke banget, cabang ada dimana - mana dan ada KUR nya juga. terus sekarang ada BRIBrain Academy juga, mantap deh

    BalasHapus
  4. Seneng banget BRI sudah transformasi digital ya kak. Saya punya aplikasi BRImo dan ternyata mempermudah sekali dalam melakukan pembayaran

    BalasHapus
  5. BRI adalah rekening pertama saya, jadi banyak kesannya. Pastinya sih enaknya BRI ini karena cabangnya ada dimana aja sampai pelosok desa jadi nggak usah takut kehabisan cash asal bawa kartu BRI.

    BalasHapus
  6. Di era digitalisasi tentunya semakin memudahkan orang-orang bertransaksi ya, termasuk nasabah BRI juga ya yang bahkan sudah bisa dirasakan manfaatnya sampai ke pelosok negeri

    BalasHapus