Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pricebook Editorial Choice 2021: Referensi Bijak Pecinta Gadget

Pilihan Gadget Terbaik di Pricebook Editorial Choice 2021
Para pecinta gadget pasti menunggu Pricebook Editorial Choice 2021. Situs ini selalu menyediakan berbagai rekomendasi sebagai pembanding gadget terbaik dengan berbagai kategori yang tersedia. Ini memudahkan para pecinta gadget untuk memilih sebelum membeli. Selain itu, bagi yang ingin mengetahui info terbaru soal gadget, Pricebook ini situs yang tepat banget apalagi dengan hadirnya Editorial Choice. 
 
Tahun 2021 memberikan dampak yang berat bagi dunia akibat pandemi. Selain pandemi, pasar smartphone juga dihadapi dengan kelangkaan komponen. Hal ini berdampak pada berkurangnya pengiriman smartphone secara global dari 365,6 juta di Q3 2020 menjadi 342 juta unit di Q3 2021 (Counterpoint). Tapi di sisi lain, pengiriman PC global (meningkat 9,3% YoY di Q3 2021 menjadi 84,2 juta unit) dan wearable seperti TWS dan smartwatch bertumbuh (9,9 YoY menjadi 138,4 juta unit). Walaupun berjuang melawan pandemi dan kelangkaan komponen, pasar masih mampu bertahan yang terbukti dengan banyaknya perangkat baru yang rilis di pasaran. 

Apa itu Pricebook Editorial Choice 

Pricebook adalah salah satu situs pembanding harga gadget terbaik di Indonesia. Situs ini menyediakan banyak informasi berupa rekomendasi, baik melalui artikel, sosial media, bahkan Youtube. Selain rekomendasi barang, Pricebook juga memberikan informasi terkait rekomendasi toko atau tempat pembelian baik online maupun offline.
 
Menjelang akhir tahun, Pricebook menyediakan rekomendasi dengan edisi spesial bernama Pricebook Editorial Choice. Sepanjang Januari – Oktober 2021, banyak gadget baru bermunculan yang tidak luput dari pengamatan Pricebook. Gadget tersebut mulai dari smartphone, laptop, TV hingga perangkat wearable. Editorial Choice kali ini akan memberikan rekomendasi mengenai berbagai gadget tersebut. Tujuannya sebagai rekomendasi terbaik bagi para pecinta gadget tanah air. 

Apa Saja Kategori dari Pricebook Editorial Choice 2021? 

Pricebook Editorial Choice edisi kali ini lebih menekankan pada produk dengan harga terjangkau. Ini didasarkan pada kondisi daya beli masyarakat yang menurun di tengah kondisi pandemi. Pricebook ingin menyediakan rekomendasi produk yang bisa didapatkan masyarakat dengan bujet yang ada. Harga merakyat tapi tetap mantap. 
 
Pricebook Editorial Choice kali ini didasarkan pada gadget yang rilis pada Januari – Oktober 2021. Kategori yang disediakan adalah Smartphone, Laptop, Wearable Device dan Brand. Berikut penjelasan untuk masing-masing kategori. 
Kategori pertama adalah smartphone. Makin banyaknya literasi keuangan saat ini membuat pricebook menyediakan rekomendasi hp terbaik dengan harga terjangkau yang menyediakan kualitas unggul keseluruhan baik dari segi desain, ketahanan, sampai pencarian favorit. Apa saja gadget yang masuk kategori ini? 

1. Best Value – 1 Jutaan Terbaik 2021: Poco M3 

Rekomendasi best value smartphone di harga 1 jutaan ada POCO M3. Performa hp ini ditenagai prosesor Snapdragon 662 dengan kapasitas RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Keunggulannya ada pada bagian layar dengan resolusi Full HD+ dengan perlindungan Gorilla Glass. POCO M3 juga memiliki baterai besar yang mencapai 6000 mAh. 

2. Best Value – 2 Jutaan Terbaik 2021: Infinix Note 10 Pro NFC 

Rentang harga 2 jutaan ada Infinix Note 10 Pro NFC. Hp ini memiliki layar dengan luas 6,95 inci, resolusi Full HD+, dan refresh rate 90Hz. Ini tentu sangat nyaman bagi pengguna yang suka menonton dan bermain game. Kamera yang disediakan berjumlah empat lensa di bagian belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, ultrawide 8 MP, Depth 2 MP, dan mono 2 MP. 
 
Performanya menggunakan chipset Mediatek G95 yang bisa diandalkan dalam berbagai aktivitas termasuk gaming. Memori yang dipadukan juga cukup besar yaitu RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Cukup untuk menampung banyak aplikasi mulai dari e-wallet sampai hiburan. Baterai yang disediakan berkapasitas mencapai 5000 mAh dengan pengisian cepat 33W. Nilai tambah hp ini adalah hadirnya Fitur NFC yang memudahkan dalam pengecekan dan pengisian saldo e-money. 

3. Best Value – 3 Jutaan Terbaik 2021: POCO X3 Pro 

Bagi yang punya bujet 3 jutaan, bisa memilih POCO X3 Pro yang punya spesifikasi mengungguli smartphone lain di kelasnya. Ada layar IPS berukuran 6,67 inci, refresh rate tinggi mencapai 12Hz ditambah dukungan teknologi HDR10. Ini tentu memberikan kenyamanan untuk menikmati konten multimedia sampai gaming. 
 
Kamera depan hp ini memiliki resolusi 20 MP dengan kamera belakangnya terdiri dari 48 MP, 8 MP, 2 MP, dan 2 MP. Bagian paling menonjol dari POCO X3 Pro adalah hadirnya prosesor Snapdragon 860. Prosesor ini biasa digunakan pada hp flagship dan cocok sekali untuk gamer. 
 
Ada opsi RAM 6 GB dan 128 GB serta RAB 8 GB dan ROM 256 GB. Kedua varian ini sama-sama dibanderol harga 3 jutaan. Baterai yang disediakan berkapasitas 5160 mAh dengan dukungan fast charging 33W. 

4. Best Value – High Performance: Xiaomi 11T 

Pilihan Best Value Smartphone High Performance di Pricebook Editorial Choice 2021
Pengguna yang memiliki bujet 5 jutaan, Xiaomi 11T bisa dijadikan pilihan. Dari segi kamera, hp ini memiliki resolusi tinggi dengan kamera utama pro-grade 108 MP yang didukung kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera tele macro 5 MP. Kamera pada hp ini didukung dengan teknologi 9-in-1 pixel binning dan fitur Dual Natice ISO, perekaman video “One-click AI Cinema” dengan berbagai fitur uniknya. 
 
Pada layar, Xiaomi 11T memiliki panel AdaptiveSync AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi FHD+. Layar ini didukung refresh rate 120Hz, kecerahan 100 nits, rasio kontras 5000000:1 serta dukungan HDR10+ dan perlindungan Corning Gorilla Glass Victus. 
 
Performa hp ini didukung chipset MediaTek Dimensity 1200-Ultra yang dibuat dengan arsitektur 6nm, clok speed sampai 3 GHz dan diklaim efisien untuk meredam panas serta sudah mendukung teknologi 5G. Memori RAM yang disediakan 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Di bagian baterai, kapasitas yang dimiliki 500 mAh dengan pengisian fast charging 67W. ini artinya baterai 100% bisa diisi hanya dalam waktu 36 menit. 

Best Value Laptop – Harga 6 Jutaan Terbaik: RedmiBook 15 

Bagi pecinta gadget yang ingin membeli laptop baru, Pricebook merekomendasikan RedmiBook 15 yang hadir di harga 6 jutaan sebagai best value laptop. Layar laptop ini berukuran 15,6 inch FHD dengan fitur Anti-Glare dan memiliki prosesor intel gen-11. 
 
RAM yang digunakan sebesar 8GB dengan SSD 256GB di dalamnya. Lumayan kencang untuk kerja apalagi hanya sekadar blogwalking dan multitasking. Bagi yang sering meeting online, laptop ini sudah dibeli dengan webcam 720HD dan dual speaker stereo 2 watt yang jernih. Urusan baterai, RedmiBook 15 bisa digunakan selama 8 jam dan memiliki fast charging 65W. 
Tadi sudah diberikan rekomendasi laptop dan smartphone. Sekarang kita beralih ke Wearable Device, gadget ini lumayan banyak dipakai sekarang ini sebagai pendamping kegiatan sehari-hari. Pricebook Editorial Choice 2021 memberikan rekomendasi tig jenis wearable device, yaitu Smartwatch, Smartband, dan TWS. 

1. Best Value Smarwatch: Realme Watch 2 Pro 

Realme Watch 2 Pro dibekali 90 mode olahraga dan berbagai fitur kesehatan seperti monitor oksigen darah dan detak jantung. Smartwatch ini juga dilengkapi kapasitas baterai yang tahan hingga 14 hari dan GPS Satelit Ganda sehingga memiliki tingkat presisi tinggi. Sangat cocok dipakai baik bagi pecinta olahraga maupun pebisnis yang ingin melihat status kesehatan mereka.

2. Best Value Smartband: Mi Smart Band 6 

Pilihan Smart Band Terbaik di Best Value Wearable Device
Mi Smart Band 6 jadi pilihan best value wearable device di kategori smartwatch. Harga terjangkau dengan keunggulan dari sisi desain dan spek jadi alasan Pricebook memilih gadget ini. Keunggulan lain adalah adanya sertifikasi 5ATM Water Resistant dan 30 mode olahraga. Salah satu pilihan tepat untuk meningkatkan kesehatan di saat pandemi.

3. Best Value TWS: Realme Buds Air 2 

Fitur Bass Boost+, Active Noise Cancelling (ANC) dan Dual Mic Noise Cancellation jadi keunggulan Realme Buds Air 2. Selain itu, ada juga Gaming Mode. Total masa pakai baterai lumayan lama hingga 25 jam. 

Best Value Brand

1. Best Value SmartTV Brand: TCL 

Pilihan Best Value SmartTV Brand di Best Value Brand
Di era digital sekarang, Smart TV menjadi pilihan banyak orang dengan berbagai fiturnya. Pricebook memilih TCL sebagai best value smartTV brand karena kualitas dan harganya yang terjangkau. Brand ini menggunakan teknologi Trendsetting Quantum Dot dan Dolby Vision di produk 8K QLED TV mereka. Hadirnya teknologi ini menghadirkan warna, kecerahan, dan kontras terbaik dibandingkan yang lain. Inilah alasan best value brand di kategori smartTV disematkan pada TCL. 

2. Price to Quality Brand: Realme 

Pricebook memilih realme di kategori price to quality brand bukan tanpa alasan. Realme selalu memberikan teknologi terbaik dengan spesifikasi tinggi tapi dengan harga yang terjangkau. Misalnya saja hadirnya baterai 5000 mAh, chipset gaming terbaik di kelasnya, dan teknologi jaringan 5G untuk smartphone mereka di segmen menengah dan entry. 

3. Best IoT Brand: Samsung 

Ekosistem Samsung patut diacungi jempol sejauh ini. Hadirnya smartphone terbaru, smartwatch, kamera, TV, dan banyak peralatan rumah pintar yang bisa saling terhubung satu sama lain dengan Samsung SmartThings sehingga semuanya bisa tersinkronisasi di satu aplikasi. 

4. Smart Home Solution: Bardi 

Bardi konsisten untuk fokus di bagian produk-produk penunjang rumah pintar. Produknya selalu disediakan dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Kemudahan Bardi untuk diintegrasikan dengan Google Home, Alexa, Siri, dan SmartThings juga merupakan salah satu kelebihan. Ini di samping hadirnya aplikasi Bardi Smart Home yang bisa mengotomatisasi seluruh produk Bardi. 

5. Affordable Data Package: Tri 

Menawarkan pake data murah namun kapasitas internet besar dan hadir dengan berbagai jenis produk paket data, inilah alasan Pricebook memilih 3 di kategori ini. 
 
Itulah tadi Pricebook Editorial Choice 2021. Tentunya banyak pertimbangan yang dilakukan sampai terpilihlah gadget dan brand di atas. Semoga rekomendasi dari Pricebook ini bisa menjadi salah satu referensi untuk memilih gadget terbaru kamu.
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

13 komentar untuk "Pricebook Editorial Choice 2021: Referensi Bijak Pecinta Gadget"

  1. Ada nama poco dideretan pemenang, mencuri perhatian karena untuk brand smartphone masih ngelirik samsung dan xiaomi, jadi pengin cobain poco, semoga tahun depan ada terobosan baru dari poco

    BalasHapus
  2. Aku pakai Tri juga karena di tempat tinggalku justru yang paling cepat & murah sih. Tapi kelemahannya kalau mati lampu langsung mati sinyalnya. Beda sama telkomsel masih bisa dipakai. Semoga ke depannya Tri bisa meningkatkan teknologinya sehingga mati lampu pun tetap jalan :)

    BalasHapus
  3. Jadi punya gambarab kalau mau beli alat elektronik, bisa dicari yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Jadi ngga bingung lagi dong

    BalasHapus
  4. Jadi inget pas awal-awal pandemi, waktu musim PJJ 2020, itu hp Realme laris banget di konter hp.

    BalasHapus
  5. kalau ada katergori2 ini malah memudahkan pengguna ya kak.. jadi tau mana gadget yang worth the money, yang sesuai budget, atau yang mengutamakan fitur2 terbaru

    BalasHapus
  6. Kemarin juga habis beli hape Realme, lumayan sih price affordable, Kak. Cuma sekarang sih mupengnya sama RedmiBook 15 kaena desain cakep, tipis, dan lebar layarnya. Bakalan nyaman buat desain buku dan bikin banner. Nonton juga wuihh, gahar prosesornya. Thx, Pricebook udah konsisten kasih rekomendasi produk laris.

    BalasHapus
  7. Poco M3. Noted. Hapeku sepertinya udah perlu diganti karena banyak aplikasi yang nggak support hape lamaku :( Tapi anggaran lagi cekak euy. Poco M3 kayaknya cukup memadai nih.

    BalasHapus
  8. brand xiaomi/redmi beberapa tahun kebelakang ini selalu merajai pasar smartphone di Indonesia. sempet tertarik untuk upgrade hp ke note 9, tapi karena hp masih mulus terpaksa ditunda dulu sampe bener-bener butuh. btw aku pakai samsung hehe

    BalasHapus
  9. Sangat membantu nih informasi yang ada di Pricebook. Kita jadi ada referensi ketika hendak membeli gadget baru. Tinggal sesuaikan kebutuhan dengan budget yang kita punya aja.

    BalasHapus
  10. Aku kalau nyari perbandingan harga atau spesifikasi perangkat selalu disini. Rasanya bsa dapet hape yang terbaik dengan harga yang sesuai.. Jadi puas deh!

    BalasHapus
  11. Aku kadang kalau cari info tentang hp memang pricebook salah satu situs yang lengkap, apalagi ada pembanding seperti ini, jadi bisa lebih cermat memilih ya

    BalasHapus
  12. Pricebook bisa jadi rekomendasi kalo pgn beli gadget baru biar gak salah beli produk dgn harga yg mahal. Banyak pilihan gadget dgn harga terjangkau juga

    BalasHapus
  13. Kalau mau beli smartphone, saya juga ngecek di Pricebook lebih dahulu. Emang bermanfaat sekali untuk bahan perbandingan produk plus harga

    BalasHapus