Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bermain Games: Mengasah Kemampuan Otak Tanpa Disadari

Semakin bertambahnya usia, kemampuan otak memiliki kemungkinan untuk menurun. Tapi, bagi yang berada pada usia produktif seperti kita-kita ini, seharusnya ini adalah saatnya otak berada pada fase paling maksimal. Kita perlu mengembangkan kemampuan otak agar lancar dalam aktivitas sehari-hari dan mendukung target untuk bisa menjadi penerus estafet pembangunan bangsa. Nah, apa saja kegiatan yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan otak? 

Cara-Cara Meningkatkan Kemampuan Otak bagi Pemuda 

Ada banyak cara sebenarnya yang bisa dilakukan. Sebagai generasi yang aktif dan punya banyak kegiatan setiap harinya, tentunya peningkatan kemampuan otaknya harus melalui kegiatan yang gampang dan bisa dijadikan kebiasaan. Apa saja itu? 

Tidur Cukup 

Penelitian “Journal of the American Geriatric Society” di tahun 2014 mengatakan orang yang tidur tiap harinya minimal 7 jam memiliki ingatan yang lebih baik. Selain itu, saat tidur malam tubuh memproduksi hormon untuk meregenerasi sel termasuk sel otak. Di waktu bersamaan, otak merapikan memori dari peristiwa sepanjang hari sehingga memori dapat bertahan lebih lama di otak. 

Selain tidur malam, tidur siang juga hal yang penting bagi otak. Jurnal “Sleep” pada tahun 2008 mengatakan bahwa tidur siang dapat meningkatkan daya ingat. Ini diperkuat dengan penelitian dari jurnal “Neurobiology of Learning and Memory” di tahun 2015 yang memberikan hasil bahwa grup tidur siang memiliki peningkatkan lima kali lipat dalam meori asosiatif (kemampuan untuk mengingat hubungan antara hal-hal yang tidak berkaitan). 

Olahraga 

Kesehatan fisik juga penting dalam menjaga kesehatan otak dan mencegah dari penyakit yang berdampak pada daya ingat, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Jurnal “Frontiers in Agung Neuroscience” di 2013 melakukan studi yang menghasilkan temuan bahwa olahraga aerobik, seperti joging, jalan cepat, berenang, dan senam dapat meningkatkan proses belajar, daya ingat, dan konsentrasi secara langsung. 

Menikmati Alam 

Bagi kita para pejuang cuan yang sering menatap layar komputer, disarankan untuk melihat yang ‘hijau-hijau’ tiap beberapa menit agar mata tidak lelah. Selain kesehatan mata, kesehatan otak juga dapat didapatkan melalui alam. Salah satu manfaat menikmati alam dapat meningkatkan memori sampai 20 persen. 

Jurnal “Landscape and Urban Planning” yang melakukan studi pada 2015 menyebutkan bahwa partisipan yang berjalan-jalan di alam terbuka mempunyai kerja memori lebih baik dibandingkan yang berjalan-jalan di perkotaan. 

Jangan Multitasking 

Sering mengerjakan tugas ini dan itu secara bersamaan? Stop lakukan itu! “Prceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America” di tahun 2018 mengatakan bahwa ingatan akan semakin dangkal apalagi terlalu sering multitugas. Ketika menerima lebih sedikit informasi, kita akan lebih mudah dalam memaknai, mengembangkan pengetahuan dan membangun jaringan otak. 

Mengenai cara menerima informasi, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan otak adalah dengan mengingat menggunakan asosiasi dengan hal-hal yang sudah diketahui. Misalnya ketika sedang berkenalan dengan seseorang yang mengingatkanmu dengan orang terkenal, pakai itu untuk mengingat namanya. 

Bermain Games

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan bermain games. Memang games bermanfaat buat otak? American Psychological Association menyebutkan bahwa games dapat membantu meningkatkan pembelajaran, kesehatan, dan keterampilan sosial pada anak. Lalu studi di jurnal PLos One menyebutkan pula bahwa fungsi eksekutif, memori, dan kecepatan pemrosesan informasi pada otak anak muda dapat ditingkatkan lewat games. 

Jadi, games terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak. Tentunya harus dipilih juga games sesuai dengan kemampuan yang ingin dilatih. Masing-masing games punya kesulitan tersendiri yang tentunya meningkatkan kemampuan otak di bagian yang berbeda. 

Main Games di Solitaire.com 

Akhir-akhir ini aku sering bermain games di solitaire.com. Bagi yang suka bermain solitaire, sesuai nama domainnya, situs ini bisa dicoba. Walaupun berfokus pada games Solitaire, ada berbagai tipe games yang bisa dimainkan pula selain solitaire. 

Di situs ini aku lagi suka main di kategori Logic Puzzle Games. Sesuai namanya, games diisi tipenya puzzle dan memerlukan logika untuk menyelesaikannya. Dari berbagai games yang kucoba disini, ada dua games menarik yang bisa dijadikan referensi melepas penat tapi juga bisa meningkatkan kemampuan otak. Ada beberapa games yang telah dicoba, aku mau memberitahukan dua diantaranya: 

Daily Sokoban 

Salah satu permainan mengasah otak yang sepertinya tidak asing bagi kita semua. Sokoban di situs ini adalah permainan yang mengharuskan kita memindahkan kotak-kotak kayu menggunakan alat berat ke tempat yang sudah disediakan. Cukup sederhana namun memerlukan pemikiran karena salah langkah dapat membuat kotak tidak bisa bergerak atau malah alat beratnya yang terjebak. 

Permainan ini makin menantang karena setiap langkah yang kita lakukan akan dihitung sehingga dapat dilihat sebanyak apa langkah yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan permainan ini. Satu level bisa diulang berulang kali untuk mengasah logika kita. 

Battleships Armada 

Kalau Sokoban hanya berpikir, games yang satu ini ditambah dengan keberuntungan. Jadi games ini mengharuskan kita memasang beberapa kapal pada titik tertentu lalu nantinya kita harus menembak kapal lawan. Tantangannya adalah kita tidak tau dimana letak kapal lawan, begitupun dengan lawan. 

Jadi, kita harus mengatur strategi agar lawan tidak dapat menebak posisi kapal kita, sebaliknya kita harus mengatur strategi bagaimana dapat dengan cepat menebak posisi kapal lawan. Lebih gampang daripada Sokoban namun bukan berarti mudah untuk dimenangkan. 

Itu tadi dua games yang bisa dimainkan di Solitaire.com, masih banyak lagi permainan yang bisa dipilih. Silahkan dibuka websitenya dan dieksplore sendiri ya!

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

Posting Komentar untuk "Bermain Games: Mengasah Kemampuan Otak Tanpa Disadari"