Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantau Kesehatan kala Ramadhan

Memantau Kesehatan saat Ramadhan menggunakan Internet Cepat dan Stabil IndiHome
Sudah memasuki bulan Ramadhan lagi di tahun ini. Sudah ada berapa wacana buka bersama nih di Tahun ini? Mumpung masih awal bulan yuk bulan dicek lagi grup alumni sekolah, kuliah, kerja, circle masing-masing biar gak ada lagi alasan, “Eh ada bukber ya? Yah gak baca chat¬-nya tenggelem,” padahal udah di-mention di grup 10x.

Berbicara mengenai puasa, ada banyak manfaat yang didapatkan dari berpuasa selain ganjaran pahala. Peneltian menyebutkan dengan puasa kesehatan tubuh akan meningkat, misalnya karena selama seharian penuh organ dalam tubuh diberikan waktu beristirahat sehingga dapat berfungsi lagi dengan optimal setelahnya. Tapi, berpuasanya tidak bisa asal-asalan. Bukan hanya menahan lapar dan dahaga, ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika Ramadhan.

Menjaga Kesehatan di Ramadhan Puasa

belum tentu sehat, apalagi kalau sahurnya kesiangan dan berbuka dengan yang manis tanpa diiringi dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Kondisi tubuh tetap harus dipantau selama Ramadhan agar di bulan penuh berkat ini selain mendapatkan banyak limpahan Rahmat juga diberikan tubuh sehat.

Internet yang cepat dan stabil memegang peranan penting dalam memantau kesehatan ini. Kok bisa?

Menjaga Pola Makan

Pertama kita mulai dari menjaga pola makan. Puasa Ramadhan sudah menyediakan jadwal makan yang teratur bagi yang menjalankan. Tapi, harus diperhatikan juga makanan yang dimakan saat sahur dan buka. 

Cari Makanan Sehat dengan Internet IndiHome

Kita dapat menggunakan internet dengan provider internet IndiHome untuk mencari referensi menu makanan yang cocok dimasak untuk sahur dan berbuka. Bukan hanya referensinya, tutorial masaknya pun banyak disediakan di internet. Kalau mau beli lewat daring pun sekarang begitu gampang. Tidak ada lagi alasan tidak bisa makan sehat di era digitalisasi ini. 

Tahan Hawa Nafsu

Selain menahan lapar dan haus, hawa nafsu juga harus dijaga saat berpuasa dan ketika sudah berbuka. Melihat es campur warna-warni yang begitu menggoda langsung lapar mata. Nanti melihat martabak manis ingin beli juga. Hal-hal seperti ini yang harus ditahan.

Ada banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk menahan hawa nafsu. Misalnya menonton video daring saat menjelang berbuka puasa menggunakan internet IndiHome dari Telkom Indonesia untuk mengisi iman.

Internet yang cepat dan stabil dari IndiHome juga bisa menjadi salah satu cara untuk menahan hawa nafsu karena kestabilannya membuat kegiatan berselancar di dunia maya akan berjalan lancar tanpa lag yang membuat emosi tidak tersulut.

Paket Internet Murah dari Provider Internet IndiHome

Rutin Olahraga

Puasa jangan dijadikan ajang untuk bermalas-malasan. Walaupun ada yang mengatakan tidur di bulan puasa adalah ibadah, tentunya Ramadhan akan sia-sia kalau hanya dipakai untuk bercengkrama di Kasur sepanjang hari. Kita dapat memanfaatkan internet untuk membuka aplikasi kesehatan untuk memantau kesehatan sehari-hari.

Mumpung masih di awal puasa, bisa mulai dicari di situs teknologi seperti Pricebook gawai yang berkaitan dengan pemantauan kesehatan. Sudah banyak dijual gawai untuk bisa memantau kesehatan seperti detak jantung, jumlah langkah, dan lain-lain. Data ini bisa digabungkan lalu dikirimkan melalui internet untuk dianalisis.

Dapat pula memanfaatkan forum-forum daring untuk berdiskusi mengenai tips kesehatan di kala berpuasa. Pengalaman masing-masing individu dapat dijadikan referensi. Di era internet orang dari berbagai latar belakang dapat berkumpul sehingga kita bisa memilih untuk mengambil beberapa hal positif dari berbagai orang untuk diterapkan di kehidupan berpuasa kita.

Berpuasa bukan hanya soal menahan lapar dan haus. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa dimanfaatkan di bulan penuh berkah ini. Internet dapat menjadi salah satu media dalam memantau kesehatan selama Ramadhan agar tubuh kita makin bugar. Apalagi dengan menggunakan provider internet IndiHome kelancaran jaringan internet dan kestabilannya tidak perlu diragukan lagi.

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

5 komentar untuk "Pantau Kesehatan kala Ramadhan"

  1. Menjaga pola makan sih menurutku yang lumayan susah, apalagi kalau sudah keluar dari rumah, takjil di pinggir jalan dibeli semua saking kalapnya. Mungkin resolusi di tahun 2024, saat bulan ramadhan makan healthy food hehe

    BalasHapus
  2. Kalau aku sih biasanya banyak minum menjelas imsak. Biar siang gak terlalu haus. Dan gak banyak aktivitas fisik biar gak nguras tenaga.

    BalasHapus
  3. Baru aja td siang temenku share info. Puasa panjang smp sebulan gini, meningkatkan imun tubuh loh...Malah kuat trhdp penyakit...

    BalasHapus
  4. bulan puasa biasanya rawan dengan masalah pencernaan, secara biasanya kan kalau saat berbuka puasa orang-orang jadi kalap dan 'balas dendam' dengan mengambil semua makanan di piring :D
    sekarang dengan internet kita bisa pantau ya kesehatan kita.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah semakin berumur semakin tau diri, makan secukupnya. Heran kenapa dulu kalap banget ya pas buka. Yang ngga berubah adalah butuh koneksi internet super lancar seterusnya ngga cuma Ramadan aja he he

    BalasHapus