Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bebaskan Pengetahuan di Wiki Nusantara

Wiki Nusantara 2024 di Bogor
Bogor dijuluki kota hujan, begitu tertulis di Wikipedia. Acara Wiki Nusantara 2024 yang membuatku berada di Bogor beberapa hari membuktikan hal tersebut. Tiada hari tanpa hujan dan warganya terbiasa akan hal tersebut. "Ah, cuma air turun," begitu sepertinya isi hati warga Bogor.

Wiki Nusantara 2024

Aku ke Bogor untuk menghadiri kegiatan bernama Wiki Nusantara. Ini merupakan agenda tahunan dari Wikimedia Indonesia untuk mengumpulkan sukarelawan berbagai proyek Wiki di seluruh Indonesia sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi mereka setahun ke belakang. Ini juga menjadi ajang tukar ide antar komunitas untuk berbagai kegiatan setahun ke depan.

Pengalaman Pertama

Wikipedia pasti tidak asing bagi kita semua. Tapi apakah ada yang tahu dengan Wikidata, Wikisumber, Wikikamus, Wikibuku, atau Wiki Commons? Aku akan bahas nanti mengenai berbagai proyek Wiki dan bagaimana cara kita berkontribusi. Di sini aku ceritakan pengalaman pertama mengikuti Wiki Nusantara.

Ini kali keempat Wiki Nusantara (Wiknus) diadakan tapi pengalaman pertamaku. Banyak orang-orang baru yang kutemui disini. Beberapa sudah pernah ketemu baik daring maupun luring tapi sebagian besar adalah wajah baru bagiku.

Bebaskan pengetahuan adalah salah satu "jalan ninja" dari proyek-proyek Wiki. Ketika aku mengikuti Wiknus, berbagai kegiatan di dalamnya memang berisi banyak pengetahuan dan membuatku merasa makin menggebu untuk membebaskannya kepada khalayak.

Pra-Konferensi

Wiknus edisi kali ini dibagi menjadi kegiatan pra-konferensi dan konferensi. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara Wiki Cendekia yang merupakan ajang untuk melatih sukarelawan Wiki menjadi pengajar di WikiLatih diadakan bersamaan.

Sukarelawan Wiknus yang tidak ikut Wiki Cendekia mengikuti kegiatan Photo Walk dan lokakarya saat pra-konferensi. Banyak pengetahuan baru yang kudapat saat pra-konferensi. Selain berbagai ilmu baru untuk berkontribusi di berbagai proyek Wiki, ada pula pengetahuan mengenai Bogor saat Photo Walk bersama tim dari Bogor Historical Walk.

Konferensi

Konferensi dibuka pada tanggal 4 Mei 2024. Sukarelawan Wiknus termasuk yang mengikuti Wiki Cendekia bergabung saat konferensi. Ilmu baru hari ini berkaitan dengan cara mencari dan kesehatan reproduksi.

Pratyusha Mukherjee dari Google Asia Pacific menjelaskan mengenai cara menjadi Super Searcher. Perspektif yang menarik bagaimana seorang dari Google yang merupakan mesin pencari mengajarkan kita cara mencari yang benar. Hal penting lainnya adalah bahwa di tengah gempuran kecerdasan buatan (AI), perlu diperhatikan bahwa jawaban AI tidak sepenuhnya benar. Validasi sangat penting.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan berbagai presentasi dari komunitas Wiki di berbagai daerah mengenai kegiatan mereka selama 2023. Takjub dengan kegiatan-kegiatan tersebut. Ada proyek pelestarian kuliner Sunda, ragam hias Bali, sejarah Banjar, dan banyak lagi. 

Bebaskan pengetahuan yang digaungkan Wikimedia Indonesia bukan isapan jempol belaka. Wiki Nusantara adalah bukti bahwa sukarelawan-sukarelawan Wiki saling bahu membahu di bidang mereka masing-masing untuk menyukseskan pengetahuan yang bebas diakses oleh siapa aja.

Jadi, dimana Wiknus tahun depan?

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

Posting Komentar untuk "Bebaskan Pengetahuan di Wiki Nusantara"