Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Untuk Rekening Tanpa Biaya Admin?

Memilih Rekening Tanpa Biaya Admin
Rekening adalah hal yang penting, terutama di era digital seperti sekarang. Masih banyak memang yang mengandalkan uang tunai dalam transaksi, tapi kalau soal nabung, apakah masih ada yang menyimpan uang di bawah Kasur? Seharusnya sekarang orang-orang sudah pakai rekening ya. Lalu, bagaimana caranya memilih rekening yang tepat? Salah satunya tentu memilih rekening tanpa biaya admin, ini agar nantinya uang yang kita simpan tetap bertahan dan tidak tergerus hanya karena biaya admin. 

Masih Bingung Milih Rekening Tanpa Biaya Admin? 

Apakah kita bisa memilih sembarang bank yang menyediakan rekening tanpa biaya admin? Tentu saja tidak. Banyak pertimbangan yang mesti kita lihat sebelum menentukan membuka rekening di salah satu bank. Apa saja itu? 

Tentukan Tujuan 

Ada banyak jenis tabungan yang disediakan oleh bank, mulai dari tabungan deposito, anak, haji, Pendidikan, pinjaman, dan jenis lain. Penting sekali untuk menentukan tujuan awal untuk membuat tabungan, apakah cuma sekadar menyimpan uang atau tujuan tertentu. Ini akan memudahkan kita ketika memilih produk rekening yang nantinya ditawarkan. 

Biaya Admin 

Di awal sudah disebutkan tentang biaya admin. Ini memang hal krusial selain tujuan dalam membuka rekening. Biaya admin sekecil apapun, kalau dikalkulasikan selama berbulan-bulan akan menumpuk dan menguras saldo di rekening. Kalau misalnya ada rekening yang tidak mengenakan biaya admin, ini bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. Tapi, masih ada hal lain yang perlu dipertimbangkan. 

Fasilitas 

Fasilitas dalam suatu rekening juga penting sekali untuk diperhatikan. Hal ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan kita. Misalnya ingin membuat rekening deposito, fasilitas untuk top up dan kemudahan mengecek perkembangan uang begitu penting untuk dilihat. Kalau hanya ingin sebagai tempat menyimpan biasa, kemudahan akses untuk transfer, mengambil uang, atau sekadar mengecek saldo harus diperhatikan. Beberapa fasilitas yang perlu diperhatikan ketika membuat rekening adalah: 

Kantor cabang 

Walaupun di era modern seperti sekarang, keberadaan kantor cabang masih diperlukan untuk beberapa keperluan. Apalagi ketika ada hal darurat terkait rekening yang hanya bisa diselesaikan di kantor cabang, tentu akan lebih mudah apabila ada kantor cabang di sekitar kita. 

Online banking 

Selain kantor cabang, era digital seperti sekarang menjadikan transaksi online begitu penting. Kita pasti tidak mau harus ke ATM untuk sekadar mengecek saldo atau checkout barang di online shop. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, pergi keluar tidak dianjurkan kalau memang tidak begitu penting. Transfer atau mengecek saldo bisa kita lakukan melalui kamar. Fitur online banking perlu dipertimbangkan ketika membuka rekening baru. 

Jaringan ATM 

Selain transfer dan cek saldo, uang tunai tentunya masih diperlukan di masa sekarang. Walaupun ada banyak pilihan e-wallet, tapi uang tunai tetap diperlukan di beberapa kondisi, misalnya bayar tukang parkir yang tiba-tiba muncul ketika pergi ke minimarket. Inilah yang membuat jaringan ATM menjadi penting, pastikan sebelum membuka rekening suatu bank, ada ATM yang dekat dengan tempat tinggal kita. Walaupun semua rekening bisa mengambil uang tunai di ATM manapun, tapi kalau mengambil di ATM yang tidak bekerjasama dengan bank kita, aka nada biaya yang dikeluarkan. Walaupun tidak banyak, tapi bila diakumulasikan lumayan, salah satunya bisa untuk bayar tukang parkir. 

Bunga 

Fasilitas terakhir yang harus diperhatikan adalah bunga yang diterima. Salah satu keuntungan menyimpan uang di rekening dibandingkan di bawah bantal adalah adanya bunga. Bunga bank menjadi salah satu senjata untuk melawan inflasi. Tapi, jangan sampai bunga yang kita dapat malah tidak bisa menahan laju inflasi. Namun, jangan juga mencari rekening dengan bunga tinggi yang tidak masuk akal, ini bisa jadi malah ada indikasi bank itu bodong. Jadi, cari yang sedang-sedang saja. 

Itu tadi beberapa cara memilih rekening tanpa biaya admin yang bisa diterapkan. Masih bingung milih yang mana? Tenang, coba dibaca lagi sambil cari bank-bank yang bisa dipilih.

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

Posting Komentar untuk "Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Untuk Rekening Tanpa Biaya Admin? "