Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mulai Langkahmu melalui bluMusical

Waktunya Download blu habis nonton bluMusical
Adakah yang merupakan generasi roti lapis alias sandwich generation disini? Kalau iya, selamat datang di dunia perjuangan mencapai kebebasan finansial. Secara singkat, sandwich generation bisa diartikan sebagai generasi yang terhimpit oleh dua generasi terkait keuangan, yaitu orangtua mereka yang harus diurus karena sudah memasuki usia pensiun dan anak-anak yang harus dibiayai. Selain itu, mereka juga harus mengurus hidup mereka sendiri bersama dengan pasangan

Orang-orang yang sudah memasuki dunia kerja, sekalipun belum menikah, ada kemungkinan suatu saat akan mengalami masa-masa menjadi sandwich generation. Bonus demografi yang akan dimiliki Indonesia membuat negara ini akan memiliki generasi sandwich yang melimpah ke depannya. Bagaimana cara kita agar terhindar dari masalah-masalah finansial generasi sandwich? 

Menikah dan Impian Memiliki Rumah

Sebelum membahas hal tersebut, mari kita bicara mengenai mimpi finansial. Beberapa hari yang lalu aku nonton bluMusical yang ngenalin Aplikasi blu by BCA Digital, aku jadi sadar bahwa tiap orang memiliki keinginan masing-masing di bidang finansial. Mimpi jangka panjangku adalah memiliki kebebasan finansial dan tidak membebani keluarga serta anak-anakku nanti terkait keuangan. Kalau jangka pendek adalah menikah dengan uang sendiri dan mempunyai rumah

Kenapa harus menikah dengan uang sendiri? Pertama, tentu saja karena aku tidak ingin memberatkan orangtuaku karena masih ada dua adikku yang masih menempuh pendidikan, salah satunya sedang kuliah. Selain itu, aku juga ingin membuktikan bahwa menikah bisa dilakukan dengan biaya sendiri dari pasangan, ini juga untuk memberitahukan kepada orang-orang bahwa kami mandiri secara finansial. Kalau kalian apa mimpi yang ingin dicapai terkait finansial? 

Ayo #MulaiLangkahmu

Menikah bukan hanya soal cinta, banyak hal yang perlu disiapkan sebelum memutuskan untuk masuk ke kehidupan baru. Salah satunya adalah masalah keuangan. Finansial menjadi salah satu masalah yang riskan terjadi dalam suatu hubungan suami istri, masalah yang kadang luput untuk diperhatikan. Itulah sebabnya kami sudah membahas mengenai keuangan sejak pacaran. 

Kami sama-sama freshgraduate, tapi kami punya prinsip #YangPentingLakuin yang kami bisa maka impian tersebut akan tercapai. Itu prinsip kami dalam menabung untuk persiapkan pernikahan. Tapi, dalam memulai langkah itu, kami juga tidak asal menabung. Sebelum mempersiapkan tabungan pernikahan, ada hal-hal yang dipersiapkan. 

Menyiapkan Dana Darurat dan Proteksi

Manusia cuma punya hari ini, masa lalu tidak bisa diubah dan masa depan tidak ada yang tahu. Ketidaktahuan kita akan masa depan membuat dana darurat menjadi penting. Adanya pandemi yang tidak disangka ini menjadi bukti bahwa tidak ada yang bisa memprediksi bagaimana kondisi keuangan kita ke depannya. Dana darurat adalah hal pertama yang kami siapkan. Nominal yang kami targetkan adalah sebesar 6 kali dari pengeluaran bulanan. 

Selain dana darurat, kami juga menyiapkan proteksi terkait kesehatan dan kematian. Tidak ada yang tahu kapan kita sakit apalagi meninggal, adanya proteksi bisa menjadi benteng agar ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, arus untuk menabung tujuan finansial kami tidak terganggu dan tidak pula memberatkan keluarga serta lingkungan sekitar. 

Belajar Investasi

Setelah menyiapkan dana darurat dan proteksi, kami mempelajari instrumen keuangan untuk menyimpan uang. Tentunya tidak sembarang tempat bisa dijadikan tempat untuk menyiapkan dana menikah. Risiko dan imbal hasil yang didapat perlu diperhatikan agar tujuannya dapat tercapai. Jangan sampai ikut-ikutan instrumen keuangan yang lagi ramai tanpa paham konsep yang ditawarkan. Bukannya untung malah buntung. 

Menabung

Setelah dua langkah tadi sudah dilakukan, sekarang waktunya untuk menabung. Aku awalnya sempat bingung memilih platform perbankan untuk menabung yang cocok. Setelah kemarin nonton bluMusical, aku mengetahui tentang tabungan online blu. Setelah download aplikasi blu, ternyata aplikasinya sangat membantuku dalam menabung. Tampilannya pun menarik, sangat cocok untuk disebut sebagai platform perbankan next-generation. 

nonton bluMusical biar paham pentingnya tabungan

Menolak Lupa dengan blu

Aplikasi blu by BCA Digital merupakan suatu aplikasi keuangan yang cocok banget buat semua orang termasuk generasi sandwich. Tampilannya gampang banget dan banyak hal menarik yang bisa dilakukan di aplikasi ini. 

Kenapa Memilih blu?

Konsisten adalah hal yang sulit kulakukan karena mencoba hal baru sudah mendarah daging di hidup. Aku sangat suka mencoba berbagai hal baru dan terkadang lupa akan hal itu ketika ada hal yang (lebih) baru lagi. Target menikah adalah target yang harus kucapai, ini bukan sekadar target abal-abal. Banyaknya hal baru yang kulalui tiap hari membuatku takut tidak bisa konsisten menabung.


Setelah mencari tempat menabung yang sesuai, aku menemukan blu yang menyediakan fitur bluSaving, tempatku bisa menabung rutin secara otomatis. Selain itu, cara pendaftaran yang mudah membuatku tidak perlu kemana-mana juga jadi alasan kenapa aku memilih blu. Semuanya serba daring sehingga aku tidak perlu keluar rumah di saat pandemi ini.

 Target Rutin dengan bluSaving 

Ayo download aplikasi blu karena Aplikasi blu by BCA Digital merupakan platform perbankan next generation
Waktu nonton bluMusical, ada yang bilang, “budget-budget kecampur, rekening amburadul.” Hal itu gak bakal kejadian di blu. Di blu ada namanya fitur bluSaving, disini kalian bisa bikin 10 tabungan di satu rekening yang bisa disesuaikan budget, tujuan, dan durasi nabungnya. Bahkan ada fitur auto debit yang ngebantumu biar konsisten mencapai target. 

Patungan Anti Ribet dengan bluGether 

Di bluMusical juga ada yang cerita kalau target keuangan keluarga yang seharusnya dikumpulkan bersama-sama malah hanya dia yang rutin menabung. Nah, ini bisa diatasi dengan fitur blu yang namanya bluGether. Fitur ini membuatmu bisa memiliki tabungan single account yang mirip seperti rekening bendahara. Nantinya nasabah blu lain bisa ikut gabung dengan menjadi member di akun bluGether si bendahara. Kelebihannya bluGether, semuanya bisa sama-sama melihat perkembangan tabungan. Menarik kan? 

Masih banyak lagi fitur menarik di blu yang bisa dimanfaatkan, seperti bluDeposit buat yang mau buka deposito anti ribet dengan bunga kompetitif. Ada juga fitur laporan keuangan, riwayat transaksi, dan tracker yang membuatmu bisa melihat kemana aja uang di tabungan online blu keluar. 

Menabung untuk Menikah 

nonton bluMusical biar paham pentingnya tabungan

Di bluMusical, Raymond Chin (CEO Ternak Uang) bilang, “Punya target dan budget yang jelas itu penting banget, kemudina kunci dengan disiplin dan fokus.” Itu yang kulakukan menggunakan blu. Aku menggunakan bluSaving untuk menabung biaya nikah, fitur auto debitnya tentu kuaktifkan agar bisa konsisten. 

Aku juga punya rencana pengeluaran sendiri di awal bulan, adanya fitur Tracker di blu membuatku bisa lebih gampang untuk mengecek apakah di bulan ini aku sudah mengeluarkan uang sesuai dengan rencana. Ini penting agar aku bisa mengevaluasi pola pengeluaranku. Buat yang tertarik untuk download aplikasi blu, kalian bisa download di Play Store atau App Store

Keseruan Nonton bluMusical 

Tadi aku sudah beberapa kali menyebutkan tentang bluMusical, apa sebenarnya bluMusical itu? bluMusical adalah pertunjukan musikal dari blu yang mengajak kita melihat bahwa mimpi finansial untuk bisa dicapai dengan #MulaiLangkahmu dan #YangPentingLakuin. 

Pertunjukan musikal ini menampilkan Yura Yunita, Eva Alicia, Jehian Panangian Sijabat, Raymond Chin dan orang-orang yang ingin meraih mimpi finansialnya. Mereka dipandu oleh Coach Yura sampai akhirnya memiliki inspirasi untuk gapai mimpi finansial. Kalau yang penasaran, yuk ditonton disini:

  

Chill, Chill, Semua Bisa Dicicil 

Kata-kata di atas adalah salah satu ucapan yang ada di bluMusical. Ini dilontarkan ketika Coach Yura menanyakan tentang finansial. Ini membuatku teringat tentang mimpi finansialku membeli rumah. Sebagai fresh graduate yang baru awal-awal menerima uang hasil keringat sendiri, kadang aku terlalu sering foya-foya, padahal ada mimpi finansial yang perlu dicapai. Aku jadi sadar bahwa tidak semuanya harus dibeli, kalau memang ingin mimpi finansial terwujud, fokus dan konsisten adalah kuncinya. 

Mulai dari Mana? Aku butuh Pertanda 

Ini juga kata-kata dari bluMusical. Bagiku, pertanda untuk mulai fokus dalam menggapai mimpi finansial adalah menikah. Aku beruntung pula punya pasangan yang mau memahami tentang finansial sehingga kami bisa berproses bersama untuk mencapai tujuan. “Dulu hidup gue pelan tapi party, sekarang gue mau nyoba hidup gue pelan tapi pasti,” perkataan salah satu pemain di bluMusical itu cocok banget sama aku. Dulu hanya foya-foya tapi sekarang aku sedikit demi sedikit menabung demi mimpi finansial. 

Sandwich bukan Hanya tentang Terhimpit 

Konsep roti lapis adalah roti yang menghimpit bahan makanan lain di tengahnya, namun roti lapis bukan hanya tentang hal itu. Roti lapis dapat menjadi makanan yang menyehatkan dan mengenyangkan. Ia menjadi bekal yang banyak dikonsumsi ketika bekerja ataupun menuntut ilmu. Begitu juga kita, jangan hanya berfokus pada generasi yang terhimpit masalah keuangan dari berbagai sisi, pahamilah bahwa kita diberikan amanah untuk bermanfaat bagi banyak orang. 

Tabungan online blu tabungannya anak masa kini
bluMusical memberikanku inspirasi untuk gapai mimpi finansial, apalagi masalah finansial yang dihadapi orang-orang di dalamnya sangat berkaitan dengan keseharianku. Kalau kata Eva Alicia di bluMusical ini, “Jangan lewatkan kesempatan, buka pintu peluang di hadapan kalian.” Pintu peluang itu bisa dibuka dengan #MulaiLangkahmu bersama tabungan online blu, belajar cara mengatur keuangan lalu download aplikasi blu untuk mempraktikkan ilmu finansial yang dipelajari. Ingat prinsipnya, #YangPentingLakuin!

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

70 komentar untuk "Mulai Langkahmu melalui bluMusical"

  1. Beruntunglah Bang, jd sandwich gen berarti ortunya msh ada, lha saya udah yatim piatu huhuu,, pingin ngasih ke ortu jg udah gak ada beliau berdua, ke adik yg membutuhkanlah sbg gantinya. Nah, udah ada blu nih jd keuangan kita bs lebih tertata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kelebihan dan kekurangan di tiap kejadian yang ada di kehidupan kita kak.

      Yup, blu ini ngebantu banget dalam keuangan

      Hapus
  2. Punya target dan budget yang jelas itu penting banget, kemudian kunci dengan disiplin dan fokus. Wah cocok nih. Disiplin dan fokus jadi kunci agar semua rancana tidak jadi wacana aja. Makanya pake blu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak, jangan sampai rencana yang ada malah jadi wacana bila kita gak serius dan fokus dalam menjalaninya

      Hapus
  3. Semoga jadi makin rajin nabung nih dengan blu karena mudah banget transaksinya. Cocok banget buat orang kayak saya yang malas datang ke Bank hanya untuk setor duit tabungan.hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, latihan buat konsisten bisa banget sih pake blu. Ada fitur autodebit lagi

      Hapus
  4. setujuuu.. blu ini bener2 jadi inspirator dalam literasi finansial melalui musik dan aplikasi yang fresh untuk anak muda. apalagi fitur blugether ituu, menurutku solutif banget dehh buat karakter anak2 muda indonesia yang suka patungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan kak, lewat bluMusical ini bisa jadi inspirasi kita buat gapai mimpi finansial

      Hapus
  5. Sama nih. Jadi sandwich generation. Tapi bener sih apa kata Raymond Chin. Semua orang ga bisa disamakan kondisi keuangannya. Ada yang terlahir kaya, ada yang terlahir miskin.

    Tapi jangan sampe kita mati tetap dalam kondisi miskin. Makanya penting banget buat ngatur keuangan sejak dini ya kak biar hidup ngga amburadul.

    Yuk nonton bluMusical. Acaranya keren banget loh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, kita gak bisa milih dilahirkan seperti apa, tapi kita sendiri yang nentuin mau jadi seperti apa

      Hapus
  6. Bebas finansial itu emang jadi impian banyak orang ya, tapi proses untuk sampai kesana itu yang masih susah dicapai. Tapi dengan aplikasi blu, kayaknya semuanya mungkin aja ya. Fitur-fiturnya yang keren bisa bikin siapa pun jadi makin termotivasi untuk menabung dll.

    Di bluMusical, aku juga suka banget sama kalimat ini "Dulu hidup gue pelan tapi party, sekarang gue mau nyoba hidup gue pelan tapi pasti" relatable banget!

    BalasHapus
  7. cihuuuy, semoga target menikahnya segera terwujud ya, kan udah mulai konsisten dengan blu.
    saya juga nih mulai disiplin tuk nabung dana pendidikan ketiga anakku, biar gak keteteran lagi ntar kalau mereka mau masuk sekolah.
    beruntungnya sekarang ada blu #YangPentingLakuin

    BalasHapus
  8. dapet diksi baru nih "sandwich generation".. bener juga ya terhimpit oleh dua tanggung jawab finansial, orang tua dan anak-anak atau bisa diri sendiri juga. btw saya juga ikut nonton nih bluMusical acara nya menginspirasi sekali

    BalasHapus
  9. Nah, keren banget nih sejak masih pacaran udah ngomongin soal financial. Emang perlu sih, biar kedepannya kalau udah nikah gak ada cekcok masalah uang, meskipun akan tetap ada setidaknya udah bisa diminimallisir lah ya.

    BalasHapus
  10. Aku juga ingat nih kalimat bagian yang ini “Dulu hidup gue pelan tapi party, sekarang gue mau nyoba hidup gue pelan tapi pasti,” hehe.

    Kalau aku pernah keuangan orat-marit tapi bukan karena party sih wkwk.

    BalasHapus
  11. Ya elah. Generasi roti lapis banget, Kak. Hehehe

    Urusan finansial memang penting banget buat dibicarain dengan pasangan. Apalagi kalau yang sudah mantep ke arah jenjang pernikahan. Jadi, persiapannya ya berdua. Nggak ada yang merasa bahwa salah satu pihak yang mempersiapkan lebih.

    Semoga lancar rencananya ya, Kak.

    BalasHapus
  12. Sebagai generasi roti sandwich pun, aku merasakan pula, cita2 utk bisa segera merasakan bebas finansial, mas
    Aku pun dlu sblm nikah jga sering bahas soal Finansial secara terbuka dg mas suami,
    Jdi bgitu nikah ngobrolnya lebih mudah
    Smoga dilancarkan jalannya utk menikah y kak
    Apalagi klo bisa dg biaya sendiri ya kan
    Masyaallah

    BalasHapus
  13. Semangat sandwich generation, nabung dikit dikit lama lama selangit. Dibantu sama blu aplication. Bismillah disiplin sama pos pos pengeluaran lebih gampang, dan gak perlu nanggung beban biaya admin banyak banyak.

    BalasHapus
  14. Inovasi BCA selalu kereen. Semoga dimudahkan selalu untuk menabung.

    BalasHapus
  15. dengan menabung yang terkoordinir, membuat kita lebih mudah memanfaatkan pos yang sudah dibuat. APalagi budget akan lebih mudah disesuaikan

    BalasHapus
  16. hehe, aku merasakan bagaimana menjadi seorang sandwich generration nih, selama 10 tahun
    emang susah jadinya klo mau merdeka finansial

    BalasHapus
  17. bener banget, kalo budget kecampur emang jadi kacau. Kalau pakai blusaving enak, ga mungkin kecampur campur lagi kan...

    BalasHapus
  18. Saya turut mendoakan agar mas rifqi segera bertemu jodoh idaman, insya allah dengan nian yg lurus dan ikhlas , pasti Allah mampukan.

    BalasHapus
  19. Meskipun belum nonton bluMusicalnya aku udah tertarik bnget nih buat buka rekening di blu..Banyak benefitnya sih..apalagi blusaving tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget Mbak, Tabungan Online blu ini banyak benefitnya, buka rekeningnya pun juga gak ribet dan cepat banget prosesnya.
      pokoknya mah recommended banget buat Nonton bluMusical lho :D

      Hapus
  20. Fitur bluSaving yang paling menarik kak, karna bikin 10 tabungan di satu rekening yang bisa disesuaikan budget atau tujuan... Ijin download kak

    BalasHapus
  21. Jadi aplikasi BLU ini bisa memudahkan pengaturan keuangan ya kak..jadi mau gunakan juga nih soalnya kalau manual suka banyk yg ga tercatat

    BalasHapus
  22. Banyak kebutuhan dengan 1 rekening itu merepotkan. idealnya kita bisa menampung dan menyimpan uang bisnis di rekening yang berbeda. Dulu sempat mikir bakal repot. Tapi dengan adanya aplikasi Blu sepertinya bisa diatasi nih.

    BalasHapus
  23. semogaa usaha untuk mempersiapkan pernikahan dan rumah bisa diwujudkan perlahan ya mas, karena aku pun demikian, usahaaa terus dan berdoaaa tiap saat hehe. Iya nih, enang yaa fitur blusaving, jadi bisa nabung sesuai target2 yang mau dikejar

    BalasHapus
  24. Mantap... Semoga dengan fitur-fitur yang ada di aplikasi blu, bisa membuat impian menikah dengan uang sendiri segera tercapai...

    BalasHapus
  25. Aamiiin semoga tercapai ya impian menikah dan memiliki rumahnya. Kalo nikah pas pandemi gini malah enak ga perlu undang banyak orang ga bakal dinyinyirin juga hehe. Wah semua bisa dicicil ya. Asal nyicilnya nabung sih aku setuju kak. Nabung pakai Blu

    BalasHapus
  26. Toss, kak! Aku pun juga salah satu orang yang beruntung bisa menemukan aplikasi ini. Mengelola keuangan jadi mudah, tanpa ribet. Kalau pas ingin belanja ini itu sudah ada pos masing-masing.

    BalasHapus
  27. Saya termasuk sandwich generation dari pihak suami. Tapi karena sudah dibicarakan dari sebelum menikah jadi nggak masalah. Sekarang saya juga pakai aplikasi blu lho untuk mengelola keuangan bulanan ^^

    BalasHapus
  28. Blu ini cocok banget buat orang-orang yang susah banget buat nyimpen duit. Apalagi pakai auto debet pas banget deh

    BalasHapus
  29. Aaaamiinnn ya Rabb
    Semoga segera dikabulkan doanya menikah dan punya rumah ya
    bluMusical semoga membantu juga dalam mewujudkannya

    BalasHapus
  30. Seru banget ya mas acaranya.. pengen banget juga nonton. Sebagai nasabah blu, aku suka sekali dengan aplikasi dan fitur yang diberikan si blu ini. sangat praktis dan menunjang kegiatan finansial!

    BalasHapus
  31. Udah nonton bluMusical juga. Acaranya keren, bisa ngasih literasi keuangan dengan cara yg menghibur. Jadi makin semangat buat mewujudkan impian. Aplikasi blu juga kece, coba ada blu dr dulu ya...

    BalasHapus
  32. Tidak mengatur keuangan dengan baik ini yang jadi penyebab lahirnya generasi sandwich. Orang tua jaman dulu biasanya memang gak jago atur keuangan jadi sekarang banyak lahir generasi sandwich. Semoga dengan aplikasi blu bisa membantu ke depannya

    BalasHapus
  33. Menarik banget. Selama ini aku pakai beberapa rekening bank yang berbeda supaya keuangan lebih aman, nggak tercampur-campur. Agak ribet sih emang. Kayaknya sekarang mesti nyoba pakai blu biar lebih simpel dan praktis.

    BalasHapus
  34. Aku udah nonton. Sangat memotivasi sekali sih buat anak muda guna menggapai mimpinya. Mulai aja dulu. Menggapai mimpi itu mudah asalkan ada niat. Apalagi dengan dukungan BCA Digital.

    BalasHapus
  35. Setelah nonton bluMusical, aku sadar kalo literasi finansialku soal investasi masih perlu diasah lagi. Gaya penyampaian acaranya keren sekali ya kak. Tidak terkesan menggurui. Bahkan aku ga sadar acara selama 20 menit ini kok rasanya singkat banget. Semoga mash ada lanjutan nonton bluMusical edisi selanjutnya ya.

    BalasHapus
  36. Aku juga sukaa banget sama acara bluMusical kemarinn. Mantep bangett pokoknya. Apalagii pas ada raymond chin dan jehian. Pesannya itu lhoo. Bikin semangat dan termotivasi untuk pantang menyerah mengejar mimpi

    BalasHapus
  37. semoga terwujud yaa kak buat impiannya. satu2 aja dulu mau nikah dulu atau punya rumah dulu :D biar gak ribet, sambil istikharah dan terusin nabung di blu

    BalasHapus
  38. Saya baru mendengar tentang generasi sandwich ini. Namun yang terpenting dari kesemuanya itu adalah kita pandai mengatur keuangan, dan juga yang tak kalah penting adalah sumber penghasilan yang terus ada

    BalasHapus
  39. Wiiih asyik banget ya acara bluMusical by BCA Digital nya

    BalasHapus
  40. Generasi sandwich memang beban banget ya. Sebagai orangtua, semoga kelak gak jadi beban untuk anak-anak. Makanya harus siapin dana daruratnya.

    BalasHapus
  41. Perencanaan keuangan ini sangat perlu dipelajari (sejak dini malahan) agar tidak mejadi generasi sandwich. Sayangnya banyak orang yang kurang mau tahu akan hal ini. Nah, Blu by BCA ini keren juga ya fiturnya, pas banget jika punya perencanaan keuangan dan butuh tabungan dengan fitur seperti yang ada di blu.
    bluMusical juga inspiratif sekali

    BalasHapus
  42. Nah ini mas, saya sulit utk menabung saat ini. Ada saja pengeluaran tak terduga. Untung juga ada aplikasi blu ya mas untuk belajar investasi

    BalasHapus
  43. Gara2 nonton blu aku jadi memisahkan pendapatan2 yang ku dapat jadi lebih terorganisir lagi

    BalasHapus
  44. Aku juga termasuk sandwich generation nih, hehe. Bener juga, meski terhimpit finansial, di sisi lain memberi banyak manfaat utk keluarga. Banyak mimpi yg pengen digapai. Jadi terinspirasi dari bluMusical ini ya buat gapai mimpi finansial.

    BalasHapus
  45. Berinvestasi jadi lebih mudah banget dengan Blu ya kak, nggak perlu repot-repot mengantri ke bank prosesnya

    BalasHapus
  46. Wih, lengkap aplikasi blu ini. Dari menabung, belajar investasi, dan menyiapkan dana darurat, mantap deh.

    BalasHapus
  47. Jangan lewatkan kesempatan, buka pintu peluang di hadapan kalian! Cocok banget buat yang mau menggapai mimpi mandiri finansial.

    BalasHapus
  48. Masyaallah. tanggung jawabnya untuk membiayai sendiri pernikahannya sangat patut diacungi jempol. Semoga samawa, ya

    BalasHapus
  49. Punya pasangan yang ngerti ma finansial emang salah satu anugerah ya mas. Jadi bisa saling mengontrol agar pengeluaran bisa sesuai dengan budget yang sudah ditetapkan.

    BalasHapus
  50. Suka kagum sama generasi milenial tuh sudah pada melek literasi finansial sejak dini. Pada pinter nabung apalagi didukung sama bank digital seperti blu gini. Jadi bisa menata keuangan sejak muda.

    BalasHapus
  51. keren yura dan teman-teman lain, memberikan edukasi yang mumpuni soal keuangan ya Kak. Nggak nyesel nih nonton bluMusical pengen lagi malah

    BalasHapus
  52. generasi sandwich ini terjadi karena generasi sebelumnya atau babyboomer mungkin nggak terlalu paham sama investasi dan persiapan hari tua ya. sebagai generasi millenial semoga saja kita bisa menyiapkan masa tua kita dengan baik agar anak kita tak terjebak dalam generasi ini dan pastinya kita juga bisa hidup nyaman di masa tua

    BalasHapus
  53. Iyess, setuju, yang penting lakuin. Apapun mimpi kita, memang harus direncanakan, diberi target dan diwujudkan. Dengan blu kita bisa merencanakan dan mengatur keuangan dengan baik, ya.

    BalasHapus
  54. satu hal jika kita ingin mewujudkan impian, bergerak dan semuanya itu dimulai dengan satu langkah.Blumusical mmenginspirasi banget

    BalasHapus
  55. Aku nih masuk generasi sandwich. Emang kudu pinter atur keuangan. Karena finansial plan yang benar itu bikin hidup tenang

    BalasHapus
  56. Aplikasi blu by BCA ini memudahkan banget buat yang pengen merencanakan keuangan jangka panjang karena fitur2nya lengkap

    BalasHapus
  57. Aku paling such fitur blusaving, karena bisa menabung dengan berbagai tujuan, tanpa takut tercampur atau tumpang tindih antara dana yang sat dengan dana lainnya.

    BalasHapus
  58. Blumusical ini semacam motivasi gitu untuk kita yang mendengarkannya. Harus nabung, mulai langkah sekarang. Duh cakep. Aku suka sama fitur blu saving, lebih tertata skrng pengeluaran, karena ada fitur ini hihi

    BalasHapus
  59. aku tiap baca konten tentang blumusical tuh suka keingetan nyesel ketinggalan acaranya padahal udah inget inget dari lama 😂😂😂

    BalasHapus
  60. Setuju banget sama yang disarankan Raimond Chin ya, punya target dan budget yang jelas bisa memudahkan kita menggapai cita-cita ya

    BalasHapus
  61. Part paling disukai pas ada raymond chin dan jehian. Pesannya itu lhoo. Bikin semangat dan termotivasi untuk pantang menyerah mengejar mimpi

    BalasHapus
  62. Orangtuaku juga sandwich generation kak, Alhamdulillah dari awal kami dididik supaya mandiri dengan bekerja keras. Semoga apa yang kita impikan tercapai ya kak, akupun merasa bangga mendapatkan pencerahan dari nonton bluMusical ini..

    BalasHapus