kimi no koto ga SUKI dakara

Setelah berkutat dengan WP setiap hari di seksi pelayanan, dua minggu ke depan saya akan berkelana ke SUKI (Seksi Umum dan Kepatuhan Internal). Ini juga merupakan hari pertama di kantor baru. Setelah berpamitan dengan kepala seksi pelayanan (kasi pelayanan), saya siap untuk memulai minggu ini di suki.

Di hari pertama, hal yang saya kerjakan adalah menyusun berkas pegawai. Karena ini merupakan kantor baru maka masih banyak barang yang perlu ditata. Saya diminta untuk menata berkas pegawai ke rak arsip yang baru. Di siang hari, salah satu pegawai pelayanan meminta bantuan saya dan teman yang juga PKL di suki untuk mengadministrasikan berkas. Oh iya, di pagi pertama di SUKI, para pegawai dan anak PKL di SUKI diajak untuk sarapan bersama.

Satu hal yang menarik di hari ini adalah ada pegawai di seksi ekstensifikasi yang ternyata mahir membuat film, setelah sebelumnya yang saya tau beliau pintar bermusik. Ini adalah salah satu contoh karya terbaru beliau
Keren kan? Silahkan like, follow, and subscribe channel Youtube beliau.

Lanjut ke hari kedua. Karena memang suki merupakan seksi di 'belakang panggung' alias back office alias tidak berhadapan langsung dengan WP, pekerjaan seksi ini kebanyakan berkutat dengan berbagai berkas. Di hari kedua ini kami diberikan tugas berkaitan dengan Nota Dinas yang ingin memberitahukan bahwa KPP Pratama Banjarmasin Selatan (KPP Bansel) pindah alamat. Tugas ini mulai dari melipat surat, memasukkan ke dalam laptop, mencetak alamat, sampai menempelnya di amplop.

Berkat tugas ini, ilmu mail merge yang dipelajari di mata kuliah Aplikasi Komputer (Aplikom) terpakai. Ternyata benar, tidak ada pelajaran yang sia-sia, sekalipun mata kuliah tersebut tidak berhubungan langsung dengan jurusan kita.

Hari Jumat tanggal 1 Maret 2019, KPP Bansel menyelenggarakan Spectaxcular, acara yang diselenggarakan di seluruh KPP di Indonesia untuk menyebarkan info mengenai pentingnya pajak dan mengingatkan tentang pelaporan SPT Tahunan. Acara ini dimulai dengan jalan santai sambil membagikan totebag pada warga. Mengundang UMKM sekitar, para pegawai diberikan voucher makan sebesar tiga puluh ribu untuk berbelanja di UMKM tersebut.

Minggu Kedua

Hari Senin saya ditugaskan di satgas, jadi hari ini saya kembali ke kantor lama yang menjadi "markas" KPP Pratama Banjarmasin Utara dan Kantor Wilayah DJP Kalimantan Selatan dan Tengah. Seperti biasa, seharian dihabiskan dengan melayani WP. Sisa malam dihabiskan di Warunk Upnormal bersama anak PKL.

Besoknya, saya dan teman PKL yang sempat mengalami insiden di kos diajak pegawai di seksi ekstensifikasi untuk membantu pengisian SPT Tahunan di salah satu hotel di Banjarmasin. Kalau di satgas biasanya kami mengajari WP dari awal, di hotel ini hanya memandu karena mereka sudah memahami pengisian secara umum. Cerita hari selasa ditutup dengan mie ayam bersama salah satu pegawai yang ikut bersama kami.

Hari-hari berikutnya di SUKI berjalan seperti biasa. Kebanyakan pekerjaan yang saya lakukan di seksi ini berhubungan dengan kepegawaian. Karena tidak berhubungan dengan WP jadi pekerjaan yang dilakukan banyak berupa administrasi.

5 Komentar

Sebentar, ki. Aku masih bingung apa makna WP? Soalnya dari awal nggak ada penjelasannya.

Ini ceritanya dirimu lagi Magang gitu maksudnya? atau gimana, sih?

Sorry, aku masih bingung dari awal ceritanya berganti hari dan ada potongan cerita menarik setiap harinya. Cuman, alurnya aku bingung. Udah baca berulang, tetep aja.

Ow.... AKu ngertinya lu magang di SUKI (ini nama hotel atau tempat apa ki?)

Sorry, kalau komentarnya gak kualitas. -___-

Baca judulnya berasa dengerin lagu JKT48 hahahaha

Sama seperti halnya Heru aku masih bingung sama alur ceritanya, harus baca postingan berikutnya nih biar paham.

Tapi apapun itu, semoga bisa bekerja dg baik ya di sana. Sepertinya kerjaannya keren

Seru ya baca dunia kerja karena sekarang lagi nggak kerja, walau dioper ke sana kemari tapi malah justru dari situ kamu bisa mengembangkan kemampuan dan menggali lebih banyak pengalaman

Untuk membantu. dari postingan sebelumnya, saya bisa tahu kalo WP itu Wajib Pajak. Kan?

Meski begitu, masih terlalu banyak istilah asing yang tidak bisa kupahami. Untuk cerita bersambung seperti ini juga, wajib direkap postingan sebelumnya satu paragraf atau jika tidak kesadaran pembaca aja sih untuk klik link postingan sebelumnya yang dicantumin~

"Ternyata benar, tidak ada pelajaran yang sia-sia, sekalipun mata kuliah tersebut tidak berhubungan langsung dengan jurusan kita" setuju banget dengan kalimat itu. Btw sepertinya seru ya PKLnya ini .

IBX59EADF1D9DDBB

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Ikuti lewat Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *